5 Hidangan Wajib Berbuka Puasa Orang Indonesia!

Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang ditunggu masyarakat muslim di Indonesia. Selain karena bulan Ramadan sendiri adalah bulan di mana semua amalan dilipatgandakan, suasana di saat bulan Ramadan pun sering kali memberikan suasana yang khas. Karena, setiap kali berada di bulan Ramadan, kita akan mengerjakan berbagai hal yang memang biasa dilakukan di bulan Ramadan. Mulai dari ngabuburit, buka bersama, sampai sahur on the road. 

Lebih dari itu, terdapat kebiasaan lain yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat berada di bulan Ramadan terutama ketika berbuka puasa. Kebiasaan ini terdapat dalam hidangan untuk berbuka puasa. Karena, nyatanya di Indonesia sendiri terdapat beberapa hidangan yang wajib hadir sebagai santapan untuk berbuka puasa. Apa saja kah hidangan tersebut?

Advertisement

BACA JUGA: Gampang Ngantuk Ketika Bekerja di Bulan Puasa? Berikut Tips Bekerja di Bulan Puasa!

1. Gorengan 

Gorengan

Gorengan rasanya menjadi hidangan wajib yang harus ada untuk berbuka puasa. Selain karena murah, gorengan pun nyatanya memiliki ragam variasi. Mulai dari bakwan, tempe, tahu, pisang, dan lain sebagainya. Selain itu, rasa gurih dan tekstur kriuk dari gorengan rasanya menjadi kombinasi maut untuk berbuka puasa. Belum lagi, kalau menikmat gorengan dengan cabai ataupun sambal kacang es teh manis sebagai minumannya.

2. Kolak

Kolak

Selain gorengan, hidangan berbuka puasa lainnya yang khas dan wajib ada adalah kolak. Kolak sendiri adalah makanan manis yang biasanya dibuat dari pisang, ubi, ataupun waluh dengan kuah santan dan gula merah yang kental. Kolak cocok menjadi hidangan buka puasa karena dengan rasa manis alami yang berasal dari gula merah tentunya mampu membangkitkan energi JAKrtans setelah berpuasa.

BACA JUGA: 5 Bahan Makanan dengan Harga Mencapai Ratusan Juta

3. Lontong Isi

Lontong isi

Tidak ada yang lebih nikmat selain makan gorengan bersamaan dengan lontong isi. Untuk JAKartans yang tidak terlalu suka berbuka puasa langsung dengan makanan berat, kombinasi lontong isi dengan gorengan rasanya menjadi kombinasi yang dapat mengenyangkan untuk berbuka puasa. Selain itu, lontong isi pun memiliki banyak isi. Mulai dari sayur-sayuran, daging, oncom, dan lain sebagainya.

4. Es Buah dan Es Kelapa

Es buah dan es kelapa

Masuk ke hidangan minuman, es buah ataupun es kelapa rasanya menjadi minuman yang wajib hadir di saat berbuka puasa. Rasa yang manis, buah-buahan ataupun air kelapa yang segar, dan tentunya diminum saat dingin tentunya memberikan kesegaran yang melegakan saat masuk ke dalam kerongkongan. Selain itu, ragam variasi buah-buahan ataupun serutan kelapa pun bisa mengganjal perut apabila belum ingin memakan makanan yang berat.

BACA JUGA: Cromboloni: Makanan ‘Original’ Indonesia Hasil Gabungan Croissant dan Bomboloni

5. Kurma 

Kurma

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Tentunya kurma menjadi salah satu buah yang wajib ada di saat berbuka puasa. Selain untuk menjalankan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, rasa manis dari buah kurma nyatanya memberikan rasa kenyang yang cukup untuk berbuka puasa.

Lima hidangan di atas rasanya menjadi hidangan wajib masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa. Meskipun wajib, JAKartans tetap harus memperhatikan jumlah hidangan-hidangan di atas yang sudah JAKartans makan. Agar, JAKartans tidak kekenyangan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM