Gampang Ngantuk Ketika Bekerja di Bulan Puasa? Berikut Tips Bekerja di Bulan Puasa!

Bekerja di saat berpuasa tentunya menjadi tantangan untuk sebagian orang. Karena, ketika JAKartans berpuasa, rasanya tubuh menjadi lebih lemas dibandingkan dengan saat tidak berpuasa. Tentunya rasa lemas tersebut bukan tanpa sebab. Jika biasanya JAKartans bisa bekerja atau beraktivitas sembari memakan makanan ringan, atau minum kopi, namun karena tengah berpuasa JAKartans tidak dapat melakukan hal tersebut, sehingga membuat badan lebih lemas.

Akan tetapi, rasanya puasanya tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Sehingga, meskipun berpuasa, JAKartans tetap harus bekerja atau beraktivitas seperti biasanya. Karena, apalah arti dari ibadah berpuasa apabila hanya digunakan untuk bermalas-malasan saja.

Advertisement

Maka dari itu, melalui artikel ini penulis akan membagikan tips untuk JAKartans agar tetap bekerja secara optimal di bulan puasa. Apa saja kah tips tersebut?

BACA JUGA: Ngantuk di Jam Kerja? Lakukan 5 Hal ini!

1. Berbuka dan Sahur dengan Cukup

Salah satu cara untuk menyimpan energi saat berpuasa adalah dengan berbuka dan sahur dengan cukup. Sebagai sumber energi untuk menjalani hari, sahur tentunya memegang peran vital ketika JAKartans akan berpuasa. Sehingga, dibandingkan dengan makan yang banyak, makan yang cukup jauh lebih penting ketika sahur. Karena, apabila JAKartans makan terlalu banyak ketika sahur, dampaknya akan terasa ketika JAKartans sedang bekerja, seperti munculnya rasa kantuk dan badan cenderung lebih lemas.

2. Atur Jam Tidur

Mengantuk tentunya menjadi salah satu persoalan ketika sedang berpuasa. Selain karena harus bangun pagi untuk sahur, beberapa orang pun tidur lebih malam untuk menjalankan berbagai ibadah sunnah di bulan puasa. Sehingga, tidak jarang rasa kantuk pun datang ketika JAKartans sedang beraktivitas.

Maka dari itu, penting rasanya untuk JAKartans mengatur jam tidur baru di bulan puasa. Mulai dari tidur lebih awal, tanpa harus melupakan ibadah sunnah di bulan Ramadan, dan alangkah lebih baik untuk tidak kembali tidur ketika sudah selesai sahur. JAKartans bisa mengisi kegiatan setelah sahur dengan berolahraga ringan ataupun refreshing. 

BACA JUGA: 6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan agar Lingkungan Kerja Kamu tidak Toxic!

3. Jangan Terlalu Fokus Bekerja

Fokus di saat bekerja adalah hal yang harus dilakukan, namun terlalu fokus pun tidak baik juga. Sehingga, penting rasanya untuk menyelingi berbagai kegiatan lain ketika JAKartans sedang bekerja agar tidak cepat bosan dan mengantuk. Terlebih, JAKartans juga bisa menggunakan jam istirahat untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat mengembalikan kebugaran dan membuat JAKartans lebih segar. Mulai dari, berolahraga kecil, sampai dengan bermain video games di handphone ataupun melalui fasilitas yang diberikan kantor.

4. Jangan Mengonsumsi Kafein

Salah satu kebiasaan pekerja kantoran adalah meminum kopi di saat bekerja. Tentunya selain karena sedang berpuasa, meminum kopi atau minuman berkafein di bulan puasa pun nyatanya dapat berpengaruh terhadap kesehatan JAKartans. Karena, apabila JAKartans meminum kopi di saat buka puasa atau sahur, hal tersebut dapat membuat lambung JAKartans terluka dan membuat JAKartans sakit. Sehingga, bukannya membuat fokus bekerja, kopi justru menjadi penyebab masalah kesehatan yang mengganggu pekerjaan.

BACA JUGA: Kurangi Kopi, Perbanyak Air Putih: Berikut 6 Manfaat dari Meminum Air Putih yang Harus Kamu Ketahui!

Dengan mengerjakan tips di atas, rasanya bekerja di bulan puasa bukan lagi menjadi tantangan yang sulit untuk dihadapi. Terlebih, niat baik yang diiringi dengan ibadah tentunya akan membuat kerja JAKartans lebih berkah dan juga bermakna. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM