5 Bahan Makanan dengan Harga Mencapai Ratusan Juta

Sebagai kaum mendang-mending, rasanya kita cenderung untuk membeli bahan makanan dengan harga yang murah. Terlebih, para ibu-ibu, dan anak kos tentunya selalu mencari bahan makan yang berkualitas dengan harga yang murah.

Akan tetapi JAKartans, kita tidak dapat menampik fakta bahwa, terdapat orang-orang yang mampu membeli bahan makanan dengan harga yang relatif mahal. Bahkan, beberapa bahan makanan ini dapat mencapai harga hingga ratusan juta.

Advertisement

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Bekal Sehat dan Simpel yang Wajib Kamu Bawa!

Tentunya, terdapat banyak faktor yang akhirnya membuat bahan makanan yang akan penulis sebutkan memiliki harga yang relatif mahal. Mulai dari rarity, proses yang sulit, sampai rasa yang dianggap sangat enak. Nyatanya menjadi alasan beberapa bahan makanan ini memiliki harga yang mahal.

Lantas, sebenarnya apa saja sih bahan makanan yang memiliki harga mahal?

1. Daging Wagyu

Daging wagyu sempat menjadi tren di Indonesia. Berbagai steak house berlomba-lomba untuk menjual daging wagyu ke masyarakat Indonesia. Bahkan, saking menjadi tren di Indonesia, daging wagyu pun dibuat tiruannya, agar masyarakat umum dapat mencobanya.

Harga daging wagyu sendiri sebenarnya didasarkan berdasarkan gradenya. Untuk grade tertinggi dari daging wagyu adalah grade a5 yang dapat mencapai harga ratusan ribu hinggan jutaan rupiah untuk per-gramnya. Tapi, sebenarnya apa sih yang membuat harga daging wagyu mahal.

Pertama, daging wagyu sendiri merupakan daging asli yang diproduksi di Jepang. Selain itu, sapi penghasil daging wagyu pun diternak dengan cara yang berbeda. Mulai dari pakan, kandang, hinggan treatment khusus seperti pemijatan dan lain sebagainya, nyatanya dilakukan untuk menjaga kualitas dari daging wagyu itu sendiri.

Dengan demikian, jangan kaget apabila harga daging wagyu mahal. Karena, dari cara produksinya pun ternyata membutuhkan waktu dan proses yang terjaga dan berkualitas.

2. Foie Gras

Segala makanan yang berasal dari Prancis rasanya memiliki harga dan citra yang ‘mahal’ di Indonesia. Salah satu bahan makanan asal Prancis yang memiliki harga tinggi adalag foie gras atau hati angsa.

“Loh di Indonesia, harga hati ayam kayaknya muah?”

Tentunya hati angsa berupa foie gras tidak bisa disandingkan dengan hati ayam yang ada di Indonesia. Salah satu alasan yang akhirnya membuat foie grass memiliki harga mencapai Rp10 juta perkilonya adalah proses dari pembuatannya.

BACA JUGA: Pameran Produk Makanan dan Minuman Inggris di Jakarta Sajikan Gaya Hidup Sehat

Untuk mendapatkan hati angsa yang berkualitas, nyatanya terdapat berbagai proses. Dan proses ini sendiri sebenarnya beberapa kali menyebabkan pro-kontra. Karena, salah satu proses untuk mendapatkan kualitas hati angsa yang bagus adalah dengan memaksa anga untuk makan secara berlebih, hingga hatinya membesar dan juga berlemak.

Dengan demikian, melalui proses tersebut akhirnya foie gras dengan kualitas jutaan pun tercipta.

3. Caviar

Telur ikan tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu hidangan favorit masyarakat di segala daerah. Rasanya yang gurih, tentunya membuat banyak orang menyukai telur ikan. Namun, apa jadinya jika harga dari telur ikan dapat mencapai harga ratusan juta?

Caviar merupakan bahan makanan yang dibuat melalui telur ikan sturgeon. Untuk mendapatkan caviar, biasanya para peternak akan menunggu masa panen dari ikan sturgeon sebelum masa pembuahan. Dan alasan mengapa harga dari caviar dapat mencapai ratusan juta perkilonya adalah kelangkaan dari ikan sturgeon itu sendiri.

Dengan demikian, tentunya untuk memproduksi caviar, para peternak ikan sturgeon harus tetap menjaga populasi dari ikan sturgeon. Sehingga, hal ini tentunya membutuhkan biaya pemerawatan, dan proses yang terbilang mahal. Sehingga, membuat harga dari caviar dapat mencapai angka ratusan juta perkilonya.

4. Truffle

Pindah ke aneka jamur. Jika umumnya jamur memiliki harga yang cukup murah, nyatanya terdapat satu jenis jamur yang memiliki harga hingga puluhan juta perkilonya.

BACA JUGA: Mengenal Sejarah dan Asal Usul Mie Ayam: Sarapan Pilihan Masyarakat Jakarta

Truffle, baik truffle putih maupun hitam nyatanya memiliki harga yang mahal. Hal ini disebabkan karena truffle merupakan jamur yang jarang ditemukan dan sangat tergantung pada musim, truffle sulit ditemukan dan hanya akan tumbuh di bawah jenis pohon tertentu dalam kondisi yang sesuai. Penelitian menunjukkan bahwa ketidakstabilan iklim bisa berdampak pada produksi truffle di masa mendatang.

5. Ayam Cemani

Meskipun dianggap sebagai negara dengan harga makanan yang murah. Nyatanya, Indonesia memiliki satu bahan makanan dengan harga yang cukup mahal, yaitu ayam cemani atau ayam hitam.

Beberapa alasan mulai dari bentuk fisik yang unik, yaitu berwarna hitam, proses pengembangbiakan yang sulit, nilai-nilai mistik dan budaya, dan juga tingkat kesulitan untuk merawat yang sulit akhirnya membuat harga dari ayam cemani relatif mahal.

Nah JAKartans, lima bahan makanan di atas adalah bahan makanan yang memiliki harga relatif mahal. Dari kelima bahan makanan tersebut, kira-kira JAKartans pernah atau ingin mencoba yang mana? (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM