Cromboloni, camilan yang menjadi tren di Indonesia (Foto: Monseiur Spoon)

Cromboloni: Makanan ‘Original’ Indonesia Hasil Gabungan Croissant dan Bomboloni

Makanan manis tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu tipe makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Terkini, muncul salah satu camilan baru yang viral di Indonesia, yaitu cromboloni. Namun, nyatanya masih banyak orang Indonesia yang masih kesulitan membedakan cromboloni, bomboloni, dengan donat.

Cromboloni sendiri sebenarnya merupakan bentuk camilan ‘original’ yang ada di Indonesia. Sebagaimana yang JAKartans tahu, masyarakat Indonesia lumayan sering menggabungkan satu makanan dengan makanan lain, dan cromboloni menjadi salah satu contohnya.

Advertisement

BACA JUGA: 5 Bahan Makanan dengan Harga Mencapai Ratusan Juta

Cromboloni Camilan Gabungan Croissant dan Bomboloni

Jadi, JAKartans cromboloni sendiri merupakan camilan yang merupakan hasil gabungan dari bomboloni dengan croissant. Bomboloni sendiri sebenarnya memiliki bahan seperti donat, tapi jika donat pada umumnya memiliki lubang di tengahnya dan menggunakan topping. Bomboloni justru tidak memiliki lubang dan menggunakan filling di dalamnya.

Bomboloni sendiri merupakan camilan yang berakar dari Italia, biasanya filling dari bombaloni merupakan varian rasa seperti krim, cokelat, selai, atau marmalade. Sesuai dengan filling di dalamnya, nama ‘bomboloni’ sendiri terinspirasi dari kata ‘bomba’ yang artinya bom.

Di sisi lain, croissant merupakan pastry khas Prancis yang memiliki rasa cenderung gurih karena menggunakan butter dalam pembuatannya. Untuk teksturnya sendiri, croissant sendiri memiliki tekstur flaky dan juga lembut.

Dan sebagaimana kita tahu, masyarakat Indonesia sangat sering menggabungkan dua makanan berbeda menjadi satu makanan. Cromboloni pun akhirnya menjadi salah satu hasil penggabungan dari bomboloni yang khas dari Italia dengan croissant yang merupakan pastry khas dari Prancis.

BACA JUGA: Bukan Hanya MasterChef Indonesia, Berikut 5 Kompetisi Memasak yang Pernah Hadir di Indonesia

Cromboloni Hasil ‘Eksperimen’ Warga Indonesia

Cromboloni pada akhirnya menjadi salah satu hidangan bakery hasil original buatan Indonesia. Cromboloni sendiri memberikan rasa dari perpaduan croissant dan bomboloni, croissant yang khas dengan tekstur luarnya yang renyah dikombinasikan dengan tekstur lembut di dalam khas bomboloni.

Salah satu toko roti di Indonesia yang menjadi pioneer dari cromboloni adalah Monsieur Spoon dan Bakerzin yang nyatanya menjadi pioneer dari tren cromboloni ini. Melalui dua bakery shop tersebut, akhirnya banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk membeli maupun merecook cromboloni di rumah mereka masing-masing. (*/)

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM