5 Kebiasaan Buruk yang Berpengaruh ke Kualitas Tidur yang Perlu Kamu Hindari!

Tidur tidak bisa dipungkiri menjadi sallah satu kebutuhan yang harus terpenuhi. Terlebih, ketika beranjak dewasa, rasanya tidur menjadi salah satu hal ‘ternikmat’ yang kita butuhkan. Namun, JAKartans tentunya sering kali merasa sulit untuk tidur bukan?

Berdasarkan anjuran dari National Sleep Foundation, waktu tidur yang ideal bagi orang berusia 18-64 tahun adalah 7-9 jam. Sementara itu, untuk mereka yang berusia 14-17 tahun, waktu tidur yang ideal adalah 8-10 jam. Kemudian, untuk yang berusia di atas 65 tahun, waktu tidur ideal bagi mereka adalah 7-8 jam.

Advertisement

Akan tetapi, tentunya permasalahan sulit tidur ini sering kali membuat waktu tidur kita tidak ideal. Sehingga, karena kurangnya waktu tidur, badan kita cenderung lebih mudah lelah.

Nah JAKartans, ternyatanya salah satu alasan kita sulit tidur adalah adanya kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita lakukan sebelum tidur. Kebiasaan-kebiasaan ini nyatanya memiliki pengaruhb terhadap kualitas tidur dan sering kali menjadi penyebab kita untuk sulit tidur.

BACA JUGA: 5 Manfaat dari Merapikan Kamar Tidur yang Perlu Kamu Tahu!

Lantas, apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk sebelum tidur yang sering kali membuat kita sulit tidur?

1. Main Handphone

Memang, bermain handphone apalagi scrolling media sosial sering kali menjadi kebiasaan yang kita lakukan ketika bersiap untuk tidur. Namun, nyatanya kebiasaan tersebut justru dapat menyebabkan insomnia loh, JAKartans!

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bermain handphone sebelum tidur ternyata dapat menyita waktu tidur. Karena, otak kita akan dirangsang untuk selalu aktif, dan juga cahaya dari handphone pun membuat produksi hormon semakin tertekan.

Dengan demikian, apabila JAKartans ingin tidur nyenyak, jangan sering-serin bermain handphone sebelum tidur ya!

2. Makan

“Abis makan ya tidur.” Kalimat ini rasanya menjadi salah satu kebiasaan buruk orang Indonesia. Karena, nyatanya makan sebelum tidur justru membuat sistem pencernaan kita tetap aktif untuk sesaat.

Tentunya, hal ini berbahaya bagi tubuh kita. Perut kita akan mulas di saat kita berbaring di atas tempat tidur. Selain itu, makan sebelum tidur pun nyatanya membuat intensitas buang air kecil makin meningkat. Sehingga, hal tersebut dapat mengganggu waktu tidur kita.

Apabila JAKartans baru saja selesai makan, para ahli gizi merekomendasikan kita untuk tidak tidur setidaknya selama 3 jam. Karena, hal tersebut setidaknya dapat mencegah kita dari risiko gangguan pencernaan yang mengganggu kenyamanan.

3. Kondisi Tegang

Salah satu cara tercepat untuk tidur adalah ketika tubuh kita merasa rileks dan nyaman. Sehingga, pada dasarnya ketika kita ingin tidur, kita harus mencegah tubuh kita untuk merasa tegang.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Kegiatan di Rumah untuk Mengisi Weekend Kamu!

Sebenarnya, tegang pada tubuh dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari, merasa cemas, takut, dan khawatir yang berlebih nyatanya dapat membuat tubuh kita tegang.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk tetap merasa rileks ketika ingin tidur. Karena, ketika tubuh kita tegang, maka otak kita pun tetap dalam keadaan terjaga, sehingga sulit bagi kita untuk beristirahat.

4. Olahraga di Malam Hari

Salah satu hal yang sering terlupakan karena kesibukan adalah olahraga. Sehingga, sering kali kita berolahraga di waktu senggang, yaitu ketika setelah pulang kantor atau aktivitas lain yang notabenenya berada di malam hari.

Namun, nyatanya berolahraga di malam hari memiliki potensi untuk mengganggu waktu tidur kita loh, JAKartans. Terlebih, apabila olahraga yang kita lakukan adalah olahraga yang dapat meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, dan juga sistem saraf.

Alangkah lebih baik jika JAKartans berolahraga di pagi hari. Jadi, sebelum pergi ke kantor atau beraktivitas, JAKartans dapat menyempatkan waktu untuk berolahraga ya!

5. Bekerja di Kamar

Ketika kita menaruh laptop, komputer, atau bahan pekerjaan di kamar. Ternyata, hal tersebut justru dapat berpengaruh terhadap kualitas tidur kita dan bahkan dapat menyebabkan insomnia. Karena, tubuh kita dipaksa untuk melakukan berbagai aktivitas ‘produktif’ di tempat yang seharusnya digunakan untuk beristirahat.

BACA JUGA: Bukan Cuma Minimalis, Berikut 5 Tipe Rumah yang Wajib Kamu Ketahui!

Dengan demikian, tubuh dan otak kita akan mudah terdistraksi dengan segala ‘pernak-pernik’ kerja, yang akhirnya malah membuat kita bekerja di kamar, dibandingkan istirahat di kamar.

Nah JAKartans, 5 kebiasaan tersebut nyatanya dapat mengganggu kualitas tidur kita loh. Alangkah lebih baik apabila JAKartans dapat menghindari kebiasaan-kebaisaan tersebut ya! Agar, kualitas tidur JAKartans dapat terjaga, dan tidur JAKartans dapat lebih nyaman. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM