5 Manfaat dari Merapikan Kamar Tidur yang Perlu Kamu Tahu!

JAKartans, tidak terasa weekend sudah di depan mata. Setelah fokus bekerja di hari-hari kerja, waktu weekend rasanya paling tepat untuk mengurus diri sendiri. Salah satu kegiatan mengurus diri yang paling tepat untuk dilakukan untuk mengisi waktu weekend adalah merapikan tempat tidur.

Terkesan sederhana, tapi kenyataannya, merapikan tempat tidur seringkali menjadi kegiatan yang terlupakan. Karena, selama weekdays rasanya kita seringkali terlalu fokus terhadap pekerjaan, dan dikejar oleh waktu. Sehingga, seringkali kita lupa untuk merapikan tempat tidur. 

Advertisement

Padahal, keadaan kamar tidur sebenarnya mencerminkan kepribadian kita loh, JAKartans! Dari penelitian yang dilakukan oleh Profesor Sam Gosling dari University of Texas, penelitian tersebut menjelaskan bagaimana keadaan kamar seseorang menggambarkan kepribadian seseorang. 

Misalnya, untuk JAKartans yang memiliki kamar tidur gaya minimalis, biasanya mereka akan memiliki kepribadian yang sederhana dan juga juga jujur. Disisi lain, untuk JAKartans yang memiliki kamar berantakan, JAKartans cenderung melalaikan tugas dan tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA: Rekomendasi 3 Olahraga untuk Mengisi Weekend! 

Dengan demikian, merapikan kamar tidur rasanya menjadi hal esensial untuk bagi kita semua nih JAKartans. Selain mencerminkan kepribadian kita, terdapat manfaat-manfaat lain dari merapikan kamar. Apa sajakah manfaat tersebut?

  1. Membuat Kamar Lebih Rapi dan Bersih 

Oke, mungkin beberapa dari JAKartans akan segera langsung merapikan kamar apabila telah bangun atau sebelum berangkat kerja. Tapi, karena dikejar oleh waktu, tentu seringkali kamar tidur dirapikan dengan seadanya. Sehingga, tentunya terdapat bagian-bagian di kamar tidur yang masih berantakan dan juga kotor.

Dengan merapikan kamar tidur pada waktu weekend, JAKartans tentunya akan memiliki banyak waktu luang untuk membersihkan kamar. Sehingga, kamar tidur dari JAKartans akan terasa lebih rapi dan juga lebih bersih.

  1. Memberi Kenyamanan

Setelah kamar sudah rapi dan bersih, hal yang akan kita dapatkan adalah kenyamanan ketika tidur. Tidak bisa dipungkiri, kamar yang tidak rapi dan bersih seringkali menjadi penyebab tidur kita kurang nyaman. Sehingga, Merapikan kamar tidur menjadi salah satu cara untuk memberikan kenyamanan pada waktu tidur kita. 

Dengan demikian, kita tidak perlu merasa gatal karena kasur kita tidak dibersihkan, atau tidak merasa pegal karena posisi bantal yang salah. Karena, sebelumnya kondisi kamar kita sudah bersih dan juga rapi.

  1. Mencegah Penyakit dan Stress

Ketika kita nyaman saat tidur, tentunya kita akan terbebas dari segala macam penyakit, mulai dari kurang tidur, sampai ke penyakit yang disebabkan oleh tungau atau kutu kasur, dan lain sebagainya. 

Dengan demikian, merapikan tempat tidur pun nyatanya memiliki manfaat terhadap kesehatan fisik maupun mental kita. Ketika kita dapat tidur dengan nyaman, ketika bangun di pagi hari badan kita akan terasa rileks dan perasaan kita pun tenang karena waktu istirahat yang cukup, hal ini berbeda ketika waktu tidur kita terganggu akibat keadaan kamar yang berantakan. Kita cenderung akan lebih mudah terasa kesal, dan tidak bersemangat untuk menjalani hari.

BACA JUGA: Sering Bangun Tidur di Siang Hari? Berikut 5 Manfaat dari Bangun Tidur di Pagi Hari!

  1. Meningkatkan Produktivitas

Saat JAKartans bangun pagi dan merapikan tempat tidur, JAKartans telah memulai hari dengan tindakan yang berkontribusi pada produktivitas. Ini merupakan langkah penting dalam membentuk kebiasaan produktif yang dapat berdampak positif pada kegiatan-kegiatan berikutnya, termasuk memasak, membersihkan rumah, dan bahkan saat bekerja di kantor.

  1. Membuat Hidup Lebih Teratur

Melakukan kegiatan pagi seperti merapikan tempat tidur memiliki potensi untuk menjadi awal yang baik dalam mengawali hari dan membantu mengatur jadwal kegiatan lainnya. Hal ini dapat menyelaraskan rutinitas harian, termasuk bangun pagi, membersihkan tempat tidur, mandi, memasak, sarapan, dan sebagainya. Dengan menjalani hidup yang lebih teratur, waktu dapat dimanfaatkan dengan lebih efisien. 

Pada akhirnya, merapikan kamar tidur merupakan langkah kecil untuk memulai hal besar. Jadi, apakah JAKartans sudah merapikan kamar tidur hari ini?(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM