Bukan Cuma Minimalis, Berikut 5 Tipe Rumah yang Wajib Kamu Ketahui!

Memiliki rumah adalah impian hampir semua orang. Terlebih, untuk mereka yang sudah berkeluarga, rumah rasanya menjadi hal penting yang harus dimiliki. Namun, sering kali ketika seseorang ingin membangun atau membeli rumah, mereka terkendala denga tipe rumah yang cocok atau ideal untuk mereka.

Nah JAKartans, setiap rumah tentunya memiliki tipenya masing-masing. JAKartans mungkin awam dengan tipe rumah minimalis yang memang sering kali menjadi pilihan bagi keluarga-keluarga muda. Namun, selain tipe rumah minimalis, nyatanya masih terdapat tipe-tipe rumah yang cocok untuk keluarga kecil. Tipe rumah apa saja kah itu?

Advertisement

1. Rumah Satu Lantai (Single-Story House)

Rumah tipe satu lantai cocok buat kamu yang males beberes rumah

Rumah satu lantai dirasa menjadi tipe rumah yang cocok untuk keluarga kecil yang memang tidak membutuhkan banyak ruang. Terlebih, untuk JAKartans yang memiliki orang tua yang kesulitan untuk menaiki tangga, rumah satu lantai mungkin dapat menjadi opsi tipe rumah untuk JAKartans.

Kelebihan dari rumah satu lantai adalah mudahnya perawatan dan juga pemeliharaan rumah. Sebagai pekerja, tentunya JAKartans kesulitan untuk mencari waktu untuk beberes rumah karena kesibukan kerja. Dengan memiliki rumah satu lantai, setidaknya JAKartans tidak perlu beberes lebih ekstra, sehingga JAKartans dapat fokus mengurus pekerjaan.

BACA JUGA: Bingung Beli Rumah atau Tanah? Berikut 3 Perbandingannya! 

Selain itu, dengan lahan yang makin terbatas, memiliki rumah satu lantai dirasa menjadi opsi untuk keluarga kecil yang memang ingin membeli atau membangun rumah.

2. Rumah Dua Lantai (Two-Story House)

Rumah dua lantai cocok untuk kamu yang ingin menjaga privasi

Rumah dua lantai rasanya menjadi tipe rumah yang cocok untuk JAKartans yang ingin memiliki rumah dengan kamar yang banyak. Mulai dari kamar tidur pribadi, kamar tidur anak, kamar tidur tamu, sampai ke kamar mandi pribadi, maupun tamu.

Dengan demikian, memiliki rumah dua lantai tentunya memberikan keuntungan bagi JAKartans yang memang ingin memiliki rumah dengan kamar yang banyak, dan cenderung ingin memisahkan mana ruangan yang hanya boleh diakses keluarga dan ruangan yang dapat diakses oleh tamu.

Dengan memiliki rumah dua lantai, JAKartans dapat menjaga privasi dengan lebih menggunakan lantai dua sebagai ruangan khusus keluarga, dan lantai satu yang diperuntukkan untuk tamu.

3. Rumah dengan Taman (House with a Garden)

Rumah dengan taman cocok untuk kamu yang suka alam

Suasana Jakarta yang penat tentunya membuat JAKartans ingin mencari tempat untuk keluar dari suasana tersebut, dan rumah menjadi salah satu opsi terdekat untuk keluar dari suasana penat yang ada diberikan Jakarta.

Rumah dengan taman adalah opsi sempurna bagi keluarga yang menghargai kehidupan dengan lebih banyak ruang terbuka. Taman ini tidak hanya menambahkan elemen estetika ke rumah, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat yang berharga. Terutama bagi anak-anak kecil, taman adalah surga bagi mereka. Mereka memiliki tempat yang aman untuk bermain dan menjelajahi alam.

BACA JUGA: Selain Gaya Hidup, Berikut 3 Alasan Mengapa Anak Muda Indonesia Kesulitan untuk Membeli Rumah 

Taman juga merupakan tempat yang ideal untuk keluarga berkumpul dan bersantai. Saat matahari bersinar cerah, JAKartans dapat mengadakan piknik, bermain permainan, atau hanya duduk di taman dan menikmati suasana yang tenang. Oleh karena itu, rumah dengan taman adalah investasi yang sempurna untuk kualitas hidup yang lebih baik.

4. Rumah Modular atau Rumah Kontainer (Modular or Container House)

Rumah kontainer cocok buat kamu yang ramah lingkungan

Pilihan yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan saat merancang rumah menjadi semakin penting dalam era modern ini. Dengan perkembangan teknologi dan inovasi konstruksi, sekarang JAKartans dapat merancang rumah sesuai keinginan Anda dengan menggunakan module-modul yang sudah ada.

Kelebihan lain dari rumah modular adalah fleksibilitasnya. JAKartans dapat menyesuaikan desain rumah sesuai kebutuhan dan selera pribadi. Fleksibilitas ini juga mengurangi kerumitan dalam proses konstruksi, memungkinkan rumah dibangun dalam waktu singkat. Dengan komponen-komponen yang sudah terstruktur, waktu pembangunan bisa jauh lebih efisien daripada metode konstruksi tradisional.

Dengan demikian, memilih untuk merancang rumah dengan pendekatan modular adalah pilihan yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan, sambil memberikan fleksibilitas dan kecepatan dalam proses konstruksi. Ini adalah solusi modern yang memenuhi kebutuhan masa kini sambil menjaga keberlanjutan lingkungan.

5. Rumah Berdesain Terbuka (Open Concept-House)

Rumah terbuka cocok untuk kamu yang suka ngumpul dengan tman atau keluarga

Untuk JAKartans yang menyukai rumah dengan ruangan yang terbuka sehingga aliran udara dapat mengalir dengan baik, tipe rumah berdesain terbuka dapat menjadi opsi tipe rumah yang mungkin JAKartans butuhkan.

Umumnya, rumah tipe ini akan menggabungkan ruang dapur, ruang makan, dan ruang tamu sebagai satu ruangan besar. Dan biasanya, ruangan tersebut akan bersifat outdoor sehingga sesuai dengan konsep rumah terbuka.

Selain itu, untuk JAKartans yang suka berkumpul dengan keluarga atau teman, tipe rumah terbuka tentunya dapat menjadi opsi tipe rumah yang JAKartans butuh kan.

BACA JUGA: Pentingnya Membeli Rumah untuk Anak Muda: Investasi Masa Depan 

Lima jenis tipe rumah di atas adalah tipe rumah yang ada selain tipe minimalis. Tentunya, untuk membeli atau membangun sebuah rumah, JAKartans harus memikirkan segala hal terkait keluarga, dan kebutuhan yang JAKartans miliki. Sehingga, rumah yang JAKartans miliki akan memberikan kenyamanan untuk JAKartans. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM