Kemenkes: Indonesia Alami Lonjakan Kasus Flu Singapura

Kasus flu Singapura di Indonesia telah mencatat peningkatan yang signifikan, memunculkan keprihatinan di kalangan masyarakat dan pihak berwenang terkait kesehatan. Data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan RI pada minggu 11 tahun 2024 menunjukkan adanya lebih dari 5 ribu pasien yang terinfeksi flu Singapura di Indonesia. Provinsi Banten menjadi salah satu yang paling terdampak dengan angka kasus mencapai 738.

Menurut laporan dari Dinas Kesehatan, kasus ini telah merambah berbagai daerah, bahkan kota-kota besar seperti Depok tidak luput dari peningkatan kasus. Dinas Kesehatan Depok mencatat 14 kasus suspek flu Singapura, di mana 10 orang di antaranya harus dirawat di rumah sakit. Hal ini menimbulkan keprihatinan serius terhadap penyebaran penyakit ini di masyarakat.

Advertisement

Apa Itu Flu Singapura?

Flu Singapura, atau dalam istilah medis dikenal sebagai hand, foot, and mouth disease (HFMD), disebabkan oleh Coxsackievirus jenis A16. Virus ini umumnya menyerang anak-anak, meskipun juga bisa mempengaruhi orang dewasa. Penularannya terjadi melalui cairan atau lendir pada hidung, tenggorokan, dan lesi kulit yang pecah dari orang yang terinfeksi. Kontak yang erat dengan pasien yang terinfeksi juga dapat menyebabkan penularan.

BACA JUGA: Muncul Ketika Musim Pancaroba: Berikut Perbedaan dan Gejala dari Flu Singapura

Gejala yang Perlu Diwaspadai

Penting untuk mengenali gejala flu Singapura agar dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Beberapa gejala yang perlu diwaspadai antara lain:

  • Demam
  • Penurunan nafsu makan
  • Batuk
  • Sakit perut
  • Sariawan atau bintik di mulut, tangan, dan kaki
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Ruam pada kulit di telapak tangan dan kaki

Melihat gejala yang cukup beragam, penting bagi individu yang mengalami gejala tersebut untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat guna mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Langkah Pencegahan yang Perlu Dilakukan

Untuk mencegah penyebaran flu Singapura, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir
  • Menghindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi
  • Menjaga kebersihan lingkungan, terutama di tempat-tempat umum
  • Menggunakan masker jika memiliki gejala flu atau berada di area dengan penyebaran penyakit yang tinggi

Lonjakan kasus flu Singapura di Indonesia merupakan peringatan penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kesehatan. Dengan mengenali gejala dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, diharapkan dapat mengendalikan penyebaran penyakit ini dan melindungi kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Dalam situasi seperti ini, kerja sama antara individu, pemerintah, dan lembaga kesehatan menjadi kunci dalam menghadapi tantangan kesehatan masyarakat. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM