Kurangi Kopi, Perbanyak Air Putih: Berikut 6 Manfaat dari Meminum Air Putih yang Harus Kamu Ketahui!

JAKartans, kopi bisa dibilang menjadi minuman wajib ketika kita sedang beraktivitas. Banyak orang yang menganggap kopi dapat menjadi minuman yang memberikan kita fokus yang lebih baik. Makanya, tidak jarang banyak orang yang sebelum ke kantor selalu menyempatkan untuk berkunjung ke coffee shop untuk membeli kopi.

Sebenarnya, minum kopi di waktu kerja bukanlah hal yang terlarang. Namun, saking seringnya kita meminum kopi, kita melupakan minuman yang sebenarnya wajib kita konsumsi, yaitu air putih.

Advertisement

Normalnya, kita disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per harinya. Dan di saat cuaca panas seperti yang terjadi sekarang ini, kita bahkan dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih.

Namun, saking seringnya kita meminum kopi, kita seringkali lupa untuk minum air putih. Padahal, pada kenyataannya air putih memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan kopi. Lantas, apa saja manfaat tersebut?

BACA JUGA: Sering Ngantuk di Jam Makan Siang, Kok Bisa?

  1. Mencegah Dehidrasi

Manfaat utama dari minum air putih tentunya adalah untuk menjaga asupan cairan agar terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Terlihat sepele, padahal dehidrasi yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, kejang, dan bahkan syok yang dapat berbahaya bagi nyawa JAKartans. 

  1. Menjaga Kesehatan Sendi dan Otot

Minum air secara teratur juga dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas sendi serta otot dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh tidak akan merasa kaku dan stamina saat bergerak atau melakukan aktivitas akan tetap terjaga.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan kopi yang mengandung gula, sehingga dapat berdampak ke berat badan. Minum air putih justru dapat meningkatkan metabolisme yang mampu memudahkan tubuh untuk membakar lemak dan juga kotoran melalui keringat, urine, dan juga tinja. 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kopi mungkin bisa menjadi salah satu bentuk skin care, yaitu dalam bentuk scrub atau lainnya. Tapi nyatanya, air putih pun dapat menjadi salah satu cara kita untuk memelihara kesehatan kulit kita loh, JAKartans! Kurangnya cairan tubuh pada dasarnya dapat berpengaruh pada kulit kita, yaitu kulit kita akan menjadi kering. Sehingga, dengan minum air putih, kita dapat menjaga kelembaban dan juga mencegah kulit kita dari kekeringan.

BACA JUGA: Ngantuk Di Jam Kerja? Lakukan 5 Hal Ini!

  1. Menjaga Konsentrasi 

Pada kenyataannya, bukan hanya kopi yang mampu menjaga konsentrasi untuk kita. Dengan minum air putih sesuai dengan kebutuhan kita, fungsi otak akan terjaga dan bekerja secara optimal. Sehingga, konsentrasi kita dapat terjaga. Jadi, JAKartans tidak perlu untuk melulu meminum kopi untuk menjaga konsentrasi. Karena, dengan minum air putih yang cukup, otak kita pun dapat bekerja dengan optimal sehingga dapat menjaga konsentrasi kita. 

  1. Meningkatkan Stamina

Kopi memang memiliki kafein yang mampu meningkatkan frekuensi detak jantung. Sehingga, beberapa orang terkesan lebih berstamina dan semangat. Namun, tentunya hal tersebut memberikan dampak yang buruk juga kepada tubuh kita. 

Selain minum kopi, nyatanya dengan minum air putih pun kita dapat meningkatkan stamina kita. Konsumsi air putih yang cukup akan membuat tubuh untuk tidak mudah lemas selama bergerak dan juga beraktivitas.

Pada akhirnya, tidak ada minuman yang lebih baik dari air putih. Meskipun begitu, memang tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi kopi di beberapa kesempatan.(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM