6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan agar Lingkungan Kerja Kamu tidak Toxic!

Salah satu permasalahan dalam dunia kerja yang sering kali adalah lingkungan kerja yang tidak nyaman dan bahkan cenderung toxic. Terkesan remeh, namun pada kenyataannya lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja seseorang.

Lingkungan kerja yang nyaman tentunya akan menghasilkan output karyawan yang produktif. Di lain sisi, lingkungan kerja yang toxic tentunya akan menghasilkan output karyawan yang tidak kondusif dan juga tidak produktif.

Advertisement

Dengan demikian, pada akhirnya lingkungan kerja menjadi hal yang sangat krusial bagi suatu perusahaan. Karena kembali lagi, lingkungan kerja pada akhirnya berpengaruh terhadap kinerja seorang pekerja. Sehingga, kalau perusahaan ingin mencapai targetnya, salah satu faktor yang harus mereka lakukan adalah dengan memberikan kenyamanan di lingkungan kerja.

BACA JUGA: Serupa tapi tidak Sama, Berikut Perbedaan dari Intern, Freelance, dan Part-Time yang Wajib Kamu Ketahui! 

Lantas, bagaimana cara menciptakan lingkungan kerja yang nyaman? Melalui artikel ini, penulis akan membagikan 6 hal yang dapat JAKartans lakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Apa saja kah hal tersebut?

1. Menyapa Rekan Kerja

Terkesan simpel, namun nyatanya menyapa rekan kerja merupakan hal yang cukup berperan penting dalam membangun lingkungan kerja yang nyaman. Ketika kita menyapa rekan kerja kita, entah ketika baru sampai kantor, atau ketika ingin pulang kantor. Setidaknya kita memberikan afirmasi dalam bentuk ‘menyapa’ terhadap rekan kerja kita. Sehingga, melalui sapaan yang kita berikan, rekan kerja kita akan merasa lebih dihargai dan dianggap ada.

2. Terlibat 

Berusahalah untuk mengikat hubungan dan terlibat secara aktif di lingkungan kerja. Cobalah untuk bertanya tentang kehidupan pribadi dan keluarga rekan kerjamu, serta bagaimana mereka merayakan akhir pekan mereka. Memberikan perhatian kepada mereka akan membuat mereka merasa dihargai, dan yang lebih penting, dengarkan dengan penuh empati.

Memberikan bantuan kepada rekan kerjamu adalah cara yang pasti untuk meningkatkan kebahagiaan dalam sehari-harimu. Tetapi, penting untuk diingat bahwa harus ada keseimbangan, jangan terlalu baik hingga membuat orang lain merasa bisa memanfaatkannya. Upayakan agar rekan kerjamu tidak menganggapmu sebagai orang yang mudah dimanfaatkan.

3. Apresiasi Mereka 

Apresiasi tidak melulu dalam bentuk pujian. Sekadar kalimat, “terima kasih” sudah menjadi bentuk apresiasi kamu terhadap rekan kerja. Selain berterima kasih, JAKartans pun tidak boleh melupakan ‘3 kata ajaib’ yang pernah diajarkan orang tua JAKartans ya! Ketiga kata ajaib tersebut adalah ‘terima kasih’, ‘tolong’, dan ‘maaf’.

BACA JUGA: Mengenal Karoshi: Budaya Semangat Kerja di Jepang yang Justru Menjadi Masalah

4. Berikan Pujian

Jika sebelumnya bentuk apresiasi tersederhana adalah ungkapan terima kasih, apabila JAKartans ingin benar-benar memberikan apresiasi terhadap kinerja rekan kerja JAKartans, JAKartans dapat memuji mereka juga. Namun, jangan terlalu berlebihan dan lebay ya! Karena, bisa saja JAKartans justru dianggap ‘penjilat’ dan hanya cari muka saja.

JAKartans bisa memberikan pujian dalam bentuk ungkapan, atau bahkan mentraktir rekan kerja JAKartans. Tapi ingat, jangan berlebihan!

5. Komunikasi yang Jelas

Salah satu permasalahan dalam dunia kerja adalah miss konsepsi antar rekan kerja. Hal ini memang menjadi permasalahan yang sering kali terjadi di dunia kerja. Namun, permasalahan ini dapat dihindari dengan membangun komunikasi yang jelas. Apabila terdapat suatu hal yang ingin JAKartans sampaikan, sampaikanlah dengan jelas, langsung, dan tegas. Jangan bertele-tele dalam menyampaikan suatu informasi, terlebih informasi tersebut mengenai pekerjaan.

BACA JUGA: Ngantuk di Jam Kerja? Lakukan 5 Hal ini!

6. Hargai Pendapat

 

Siapa pun memiliki hak untuk berpendapat. Sehingga, apabila ada rekan kerja JAKartans yang berpendapat, entah JAKartans setuju atau tidak setuju dengan pendapat tersebut, JAKartans harus tetap menghargai pendapat tersebut. Karena, pada dasarnya setiap orang memiliki hak untuk berpendapat.

Nah JAKartans, 6 hal tersebut merupakan hal-hal yang dapat JAKartans lakukan untuk menciptakan suasana lingkungan kerja yang nyaman. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM