Peringati Hari Kanker Sedunia: Berikut Hal-Hal yang Harus kamu Ketahui dari Kanker

4 Februari kemarin menjadi Hari Kanker Sedunia. Hadirnya peringatan Hari Kanker Sedunia ini menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran, pendidikan, dan tindakan terkait kanker di seluruh dunia. Dari pernyataan yang dirilis Kemkes.go.id  tujuan dari adanya Hari Kanker Sedunia adalah untuk mencegah jutaan kematian akibat kanker setiap tahun dengan meningkatkan kesadaran dan pendidikan tentnag kanker.

Pemahaman mengenai kanker di Indonesia sendiri dirasa memang perlu ditingkatkan. Belum lagi, empati dan simpati masyarakat Indonesia terhadap penderita ataupun penyintas kanker sering kali menimbulkan pernyataan. Banyak dari masyarakat kita yang justru menjadi mereka sebagai bahan candaan dan berlindung dengan ‘jokes’ semata.

Advertisement

Dengan demikian, pemahaman masyarakat Indonesia terkait kanker dirasa masih ditahap yang perlu ditingkatkan. Dan berikut hal-hal yang harus kamu ketahui terkait kanker:

BACA JUGA: Bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia: Berikut 5 Fakta tentang AIDS yang Harus Kamu Tahu!

Apa Itu Kanker? 

Kanker adalah kondisi medis berupa tumbuhnya sel abnormal dan ganas di dalam tubuh. pertumbuhan sel kanker pun dapat merambat ke berbagai bagian tubuh, mulai dari kulit, mata, paru-paru, sampai ke berbagai organ intim. Biasanya, kanker yang dikenal oleh masyarakat umum adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker prostat.

Salah satu anggapan yang terjadi di masyarakat terkait kanker adalah kanker sama dengan tumor. Pada kenyataannya, kanker berbeda dengan tumor. Tumor merupakan pertumbuhan massa sel yang tidak memiliki kemampuan untuk menyebar ke bagian tubuh lain dan tidak bersifat ganas. Di sisi lain, kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dan menyebar ke bagian tubuh lain.

Penyebab Kanker 

Untuk penyebabnya sendiri, kanker disebabkan oleh mutasi genetik pada sel yang ada di dalam tubuh. Namun, hingga sekarang penyebab dari adanya mutasi genetik ini belum diketahui penyebabnya. Tapi, masih terdapat sejumlah faktor yang  dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terserang kanker, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

  1. Faktor Risiko Internal Kanker

    Faktor risiko internal kanker sendiri dapat disebabkan ketika seseorang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kanker sebelumnya. Sehingga, faktor ini bisa disebabkan oleh genetik yang diturunkan dari orang tua ke anaknya.

    Berbagai kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar menjadi jenis kanker yang sering kali dikaitkan dengan faktor keturunan.

  2. Faktor Risiko Eksternal Kanker 

    Selain faktor internal seperti keturunan, kanker pun dapat disebabkan oleh faktor eksternal yang dibagi menjadi tiga unsur; Unsur fisik (paparan sinar ultraviolet dan radiasi), unsur kimia (paparan senyawa arsenik, kandungan tembakau dalam rokok, alkohol, nikotin, dan benzidine, unsur biologis (infeksi bakteri dan virus tertentu)

BACA JUGA: 4 Tanda Kamu Harus Memulai Diet!

Gejala Kanker 

Untuk gejalanya sendiri, gejala kanker cukup bervariasi sesuai dengan jenis kanker serta bagian tubuh yang terdampak. Namun, biasanya gejala dari kanker akan ditandai dengan gejala berikut:

  • Terdapat benjolan di bagian tubuh yang terdampak
  • Berat badan naik atau turun secara drastis tanpa penyebab yang jelas
  • Warna dan tekstur kulit mengalami perubahan
  • Mudah lelah
  • Sulit bernafas
  • Nyeri di bagian otot dan sendi
  • Luka yang tidak sembuh
  • Keluarnya cairan tidak normal dari dalam tubuh

Dengan adanya Hari Kanker Sedunia ini, diharapkan awareness masyarakat mengenai kanker meningkat. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM