Dari Rivalitas dengan Messi Sampai Selebrasi SIU: Berikut Pengaruh Ronaldo Bagi Sepak Bola

Salah satu mega bintang sepak bola dalam sedekade terakhir, Cristiano Ronaldo baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-39. Di umur yang sebentar lagi berkepala empat ini, Ronaldo sukses menorehkan tinta emas dalam karir sepak bolanya, baik di level klub maupun tim nasional.

Sosok yang lahir pada 5 Februari 1985 di Hospital Dr. Nelio Mendonca, Fuchal, Portugal ini, kini sukses menjadi salah sayu pesepakbola yang dapat dikategorikan sebagai pesebakbola terbaik sepanjang masa. Torehan 867 gol dan 47 trofi di level klub dan tim nasional menjadi bukti ketajaman CR7.

Advertisement

Kini, pemain yang bermain di Liga Arab Saudi untuk tim Al-Nassr, bisa dibilang tengah menikmati hari-hari menjelang masa pensiunnya. Namun, setidaknya Ronaldo meskipun sudah tidak bermain di level tertinggi sepak bola dunia. Pengaruhnya bagi sepak bola dunia masih tetap terasa. Lantas, apa saja pengaruh dari top skor sepanjang masa Real Madrid tersebut?

BACA JUGA: Sindir Lionel Messi, Ronaldo: Liga Arab Lebih Baik Daripada MLS

Rivalitas Messi vs Ronaldo

Bicara sepak bola di era sekarang, rasanya belum ada yang bisa mengalahkan rivalitas Messi vs Ronaldo hingga sekarang. Meskipun kini muncul rivalitas baru seperti Haaland vs Mbappe, namun rasanya untuk menyaingi rivalitas Messi dan Ronaldo adalah hal yang nyari tidak mungkin dalam dunia sepak bola.

Dalam kurun waktu 10 tahun, baik Messi maupun Ronaldo saling berkompetisi untuk mendapatkan titel ‘Greatest of All Time’ atau GOAT. Terlebih, rivalitas Messi dan Ronaldo pun diabntu dengan ekosistem tempat di mana mereka bermain. Messi yang kala itu bermain bersama FC Barcelona melawan Ronaldo yang kala itu bermain untuk Real Madrid.

Sebagaimana yang kita tahu, rivalitas Barca-Madrid sudah terjalin puluhan hingga ratusan tahun. Duel kedua tim ini hampir selalu menjadi tontonan wajib para pecinta sepak bola. Hadirnya dua pemain terbaik di dunia yang bermain untuk dua tim yang berbeda inilah yang akhrinya membuat rivalitas Messi vs Ronaldo terasa sangat seru untuk disaksukan.

Terlebih, selain di level klub, keduanya pun berasal dari dua benua yang dianggap sebagai kiblat dari sepak bola dunia. Messi yang berasal dari Argentina yang berada di benua Amerika Latin dan Ronaldo yang berasal dari Portugal yang berada di benua Eropa. Sehingga, perdebatan Messi vs Ronaldo lebih dari perdebatan di level klub saja, melain hingga level negara dan filosofi sepak bola.

BACA JUGA: Bukan Hanya Salto Garnacho, Berikut 5 Tendangan Salto Ikonik dalam Dunia Sepak Bola

Selebrasi ‘SIUUU!’

Salah satu pengaruh besar Ronaldo dalam dunia sepak bola adalah selebrasi ikonisnya yaitu teriakan ‘SIUUU’. Bisa dibilang hampir seluruh pecinta sepak bola dan bahkan masyarakat awam mengenal selebrasi ini. Bahkan, saking ikonisnya, berbagai atlet dari olahraga lain pun turut menggunakan selebrasi ‘SIUUU!’ ketika mereka memenangkan atau merayakan sesuatu.

Awal selebrasi ini sendiri pertama kali Ronaldo lakukan ketika dirinya menerima penghargaan Ballon d’Or 2014. Ketika itu, Ronaldo yang menerima Ballon d’Or diminta untuk memberikan speech kemenangannya. Dengan lantang, Ronaldo memulai speech-nya dengan berteriak ‘SIUUU!’ yang sontak membuat para penonton bertepuk tangan.

Dalam wawancaranya bersama Soccer.com Ronaldo menjelaskan kata ‘Siu’ merupakan kata serapan dari ‘Si’ dari bahasa Spanyol yang berarti ‘Ya’. ‘Si’ sendiri sering kali digunakan dalam berbagai perayaan, sehingga akhirnya ‘SIU’ digunakan Ronaldo untuk merayakan gol, pencapaian, dan segala momen berharganya.

Kini, kata ‘Siu’ bukan hanya populer dalam dunia sepak bola. Kata ‘Siu’ dan selebrasinya pun sudah digunakan oleh hampir masayrakat dunia sebagai bentuk merayakan sesuatu. Sehingga, bisa dibilang pengaruh dari sosok Ronaldo bukan hanya dalam dunia olahraga saja, melainkan untuk fenomena sosial juga.

BACA JUGA: 4 Momen Menarik Eden Hazard selama Menjadi Pesepakbola

Sosok Ronaldo bisa dibilang menjadi sosok pesepakbola yang ‘sempurna’. Sukses dari segi karir sepak bola, memiliki fisik yang diidamkan banyak orang, dan juga menjadi sosok yang berpengaruh dalam perkembangan sepak bola dan juga fenomena yang ada di dunia. Kini, bisa dibilang Ronal hanya tinggal menikmati waktu bersama olahraga yang dicintainya, yaitu sepak bola. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM