Bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia: Berikut 5 Fakta tentang AIDS yang Harus Kamu Tahu!

Di tanggal 01 Desember ini, selain kita merayakan bulan terakhir di dalam kalender tahun masehi, kita pun merayakan Hari AIDS Sedunia. AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi terakhir. Sederhananya, ketika seseorang sudah mengalami AIDS, tubuh mereka sudah tidak memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan. 

Dengan demikian, AIDS merupakan kondisi yang sampai saat ini belum ditemukan cara untuk menghentikannya. Yang dapat dilakukan kini adalah melakukan pengobatan untuk memperlambat perkembangan penyakit ini.

Advertisement

Sobat Gen pastinya tahu, orang-orang yang mengidap AIDS sering kali mendapatkan judgement karena dianggap semua orang yang mengidap AIDS disebabkan oleh seks bebas, atau narkoba. Pada dasarnya, orang-orang yang mengidap AIDS di Indonesia selalu mendapatkan pandangan negatif dibandingkan semangat untuk terus berjuang melawan penyakitnya.

Terdapat berbagai hal atau persepsi yang keliru mengenai AIDS di Indonesia. Hal ini disebabkan pada stereotip dan juga kurang beredarnya informasi dengan baik terhadap masyarakat awam. Melalui artikel ini, penulis akan membagikan fakta-fakta mengenai AIDS.

1. AIDS Berbeda dengan HIV

HIV dan AIDS pada dasarnya merupakan dua hal yang berbeda. HIV merupakan Human Immunodeficiency Virus yang merupakan nama virus yang membawa penyakit defisiensi imun. Di sisi lain, AIDS merupakan diagnosa lanjutan setelah seseorang terjangkit virus HIV yang akhirnya melemahkan sistem imun mereka. 

BACA JUGA: Sering Dianggap Remeh, Berikut 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Datang ke Psikolog

2. Gejala Mudah Dikenali

Ironisnya, banyak masyarakat Indonesia yang terbilang sotoy mengenai penyakit satu ini. Banyak orang Indonesia yang langsung mengklaim seseorang mengalami AIDS apabila seseorang mengalami gejala yang menyerupai flu dan kemudian sembuh begitu saja. Padahal, satu-satunya cara untuk memeriksa seseorang terjangkit AIDS adalah dengan melakukan tes darah.

3. Hanya Dialami Homoseksual, PSK, dan Pengguna Narkoba

Salah satu persepsi yang paling keliru dari penderita AIDS adalah latar belakang mereka Banyak orang Indonesia yang beranggapan mereka yang memiliki AIDS merupakan seorang homoseksual, PSK, maupun pemakai narkoba. Padahal, pada kenyataannya siapapun bisa terjangkit dengan virus HIV yang berujung AIDS. Misalnya, mereka yang melakukan transfusi dara yang salah. Hal tersebut nyatanya memungkinkan seseorang terjangkit virus HIV. Jadi, latar belakang seseorang, seksualitas, dan lain sebagainya bukan menjadi patokan seseorang mengidap AIDS.

4. Tidak Memiliki Kesempatan Hidup

Pada awal tahun epidemi, tingkat kematian akibat HIV/AIDS mencapai angka yang signifikan. Namun, berkat kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan, penggunaan obat retroviral telah membuka peluang bagi penderita untuk menjalani kehidupan mereka dengan lebih baik. Saat ini, mereka dapat menikmati umur yang lebih panjang, hidup secara normal, dan tetap produktif.

BACA JUGA: Micin Bikin Bodoh? Berikut Fakta Mengenai Micin yang Harus Kamu Tahu!

5. Ibu Hamil yang Mengidap AIDS akan Menular ke Anaknya

Memang, untuk saat ini terjadi beberapa kasus bayi yang tertular HIV dari ibunya. Namun, kasus tersebut terjadi hanya kurang dari dua persen. Pada dasarnya seseorang bisa mencegah anaknya terinfeksi virus HIV jika kondisi sang ibu sudah diketahui. 

Keberadaan para penyintas HIV/AIDS atau disebut dengan ODHA di Indonesia sudah seharusnya mendapatkan bantuan dan semangat dibandingkan dengan hujatan atau sentimen negatif. Selain dari masyarakatnya, fasilitas kesehatan pun tidak boleh melakukan diskriminasi terhadap ODHA meskipun dalam penanganannya tentu terdapat penanganan khusus untuk mencegah penularan. 

Semoga, di Hari AIDS Sedunia ini, para penyintas ODHA terus memiliki semangat untuk melawan penyakitnya dan terus mampu beraktivitas produktif. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM