Bukan Hanya MasterChef Indonesia, Berikut 5 Kompetisi Memasak yang Pernah Hadir di Indonesia

Beberapa waktu lalu, salah satu acara kompetisi masak di Indonesia, yaitu MasterChef Indonesia mengumumkan juara dari musim kesebelasnya. Dalam grand final tersebut, Kiki harus mengakui kemenangan dari Belinda dengan perolehan poin yang terpaut 10 poin. Sehingga, Belinda pun sukses menjadi juara pertama MasterChef Season 11 dengan meraih titel juara, dan uang tunai sebesar Rp100 juta rupiah.

MasterChef Indonesia sendiri memang menjadi salah satu tontonan favorit masyarakat Indonesia. Mungkin, beberapa dari JAKartans menjadi penonton setia dari kompetisi masak yang memiliki ‘cabang’ hampir di seluruh penjuru dunia tersebut. Namun, tahukah JAKartans kalau MasterChef Indonesia bukan satu-satunya acara kompetisi masak di Indonesia?

Advertisement

Ternyata, selain MasterChef Indonesia, terdapat berbagai acara kompetisi masak yang disiarkan oleh TV Nasional. Jadi, acara kompetisi masak di Indonesia bukan hanya MasterChef Indonesia saja ya, Sobat Gen! Melalui artikel ini, penulis akan membagikan informasi seputar acara-acara kompetisi masak yang sempat hadir di TV nasional, acara apa saja kah?

BACA JUGA: Sebelum Putri Ariani dan Cakra Khan, Berikut 6 Musisi Asal Indonesia yang Sukses Harumkan Nama Indonesia di Ajang Kompetisi Internasional

1. Iron Chef Indonesia

Jika MasterChef Indonesia diperuntukkan untuk koki amatir di Indonesia, Iron Chef justru menjadi ajang kompetisi memasak yang diperuntukkan untuk para koki profesional. Para koki profesional ini akan diberikan kesempatan untuk berduel dengan salah satu dari ketiga Iron Chef, yaitu Chris Salans, Adhika Maxi, dan Sezai Zorlu.

Setelah memilih berduel dengan siapa, peserta akan berduel masak dengan bahan yang sebelumnya telah dirahasiakan. Dalam kurun waktu 60 menit, peserta akan berduel dengan Iron Chef dengan dua asistennya masing-masing.

Hadirnya kompetisi memasakan untuk para profesional ini tentunya menjadi tontonan yang menghibur sekaligus informatif untuk masyarakat awam.

2. Hell’s Kitchen Indonesia

Chef Juna memang kini lebih eksis di MasterChef Indonesia, namun sosok chef Juna di acara kompetisi masak Hell’s Kitchen benar-benar menunjukkan sosok garang dari dirinya sekaligus keprofesionalannya di dalam kitchen.

Berbeda dengan MasterChef Indonesia ataupun Iron Chef Indonesia, Hell’s Kitchen menerapkan kompetisi dalam bentuk kelompok atau grup dibandingkan dengan perorangan. Sehingga, para peserta dapat merasakan atmosfer dan suasana dapur profesional sesungguhnya.

Bukan hanya itu, para peserta pun bukan menyajikan makanan untuk para juri, melainkan untuk tamu atau pengunjung dari restoran Hell’s Kitchen. Sehingga, presure yang akan dirasakan para peserta tentunya akan sangat besar.

BACA JUGA: 5 Tingkat Kematangan Steak yang Wajib Kamu Ketahui!

3. Allez Cuisine

Allez Cuisine pada dasarnya merupakan adaptasi pertama dari Iron Chef Indonesia. Sama dengan Iron Chef, Allez Cuisine menghadirkan para koki yang sudah berpengalaman dengan bekerja di restoran maupun hotel-hotel ternama.

Nantinya, para penantang akan melawan salah satu dari ketiga jura bertahan untuk merebutkan titel Super Chef. Mereka akan bertarung dan juga mengadu skill bermasak mereka untuk menciptakan hidangan dari bahan makanan yang sebelumnya telah ditentukan.

4. Top Chef Indonesia

Top Chef Indonesia menjadi salah satu kompetisi memasak yang menghadirkan koki-koki berpengalaman di dunia masak-memasak. Dengan format yang sama selayaknya kompetisi memasak lainnya, para koki ini akan beradu masak dengan bahan makanan yang diberikan.

Kemudian, hasil masakan tersebut akan dicicipi dan dinilai oleh empat orang juri yang juga merupakan sosok besar di dalam dunia kuliner, seperti Vindex Tengker, Will Meyrick, Chris Salans, dan Henry Alexie Bloem, dan Farah Quinn sebagai host.

BACA JUGA: Mengenal Sejarah dan Asal Usul Mie Ayam: Sarapan Pilihan Masyarakat Jakarta 

5. Cooking Master

Cooking Master bisa dibilang memiliki peserta yang sama dengan MasterChef Indonesia. Para peserta atau yang biasa disebut dengan cooking fighter merupakan sosok koki amatir yang akan saling saling beradu kemampuan memasak satu sama lain. Nantinya, hasil masakan masakan yang telah dibuat akan langsung dinilai oleh Chef Vindex Tengker.

Dari kelima acara kompetisi memasak tersebut, manakah yang jadi favorit dari JAKartans? (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM