Sebelum Putri Ariani dan Cakra Khan, Berikut 6 Musisi Asal Indonesia yang Sukses Harumkan Nama Indonesia di Ajang Kompetisi Internasional

Cakra Khan, musisi asal Indonesia yang dikenal dengan lagunya yang berjudul “Butiran Debu” sukses memukau panggung America’s Got Talent (AGT). Setelah sebelumnya Putri Ariani sukses tunjukan suara emasnya yang berujung dengan Golden Buzzer dari sosok Simon Cowell, kini giliran Cakra Khan yang sukses mendapatkan 4 ‘yes’ dari juri-juri AGT.

Meskipun sempat diberhentikan oleh Simon Cowell lantaran lagu yang dibawakan oleh Cakra Khan tidak disukai oleh Simon, Cakra Khan yang membawakan lagu ciptaan Bob Marley yang berjudul ‘No Woman No Cry’ sukses membuat para penonton dan juri AGT takjub dengan suara khasnya.

Advertisement

Dengan suksesnya Cakra Khan di AGT, nama Indonesia makin dikenal oleh publik internasional. Sebelumnya, sosok penyanyi lain seperti Putri Ariani yang sebelumnya telah disebutkan pun sukses membuat publik internasional mengakui talenta muda Indonesia.

Namun, nyatanya sebelum kesuksesan Putri Ariani dan Cakra Khan di AGT, nyatanya terdapat sosok talenta muda Indonesia yang lebih dulu memukau publik internasional. Siapa sajakah sosok-sosok tersebut?

  • Ana dan Fia


(Sumber: Britain’s Got Talent)

Ajang pencarian bakat ‘Got Talent’ nyatanya merupakan ajang pencarian bakat internasional yang menyebar ke seluruh penjuru dunia. Di Inggris, ‘Got Talent” diberi nama dengan ‘Britain Got Talent’ (BGT) dan melalui BGT inilah lahir sosok warga Indonesia yang sukses mengharumkan nama bangsa.

Pasangan ibu dan anak Ana dan Fia sukses memukau para juri dan juga penonton BGT. melalui duet yang sarat akan emosi, keduanya mampu menjadi salah satu peserta kesayangan para penonton BGT. Meskipun tidak keluar sebagai juara, keduanya tetap melanjutkan karir bermusiknya dengan turut hadir mengisi berbagai acara festival di Inggris dan berbagai konser-konser amal.

  • Claudia Emmanuela Santoso


(Sumber: The Voice Of Germany)

Berpindah ke dataran Eropa, sosok Claudia Emmanuela Santoso sukses mengharumkan nama Indonesia karena sukses memenangkan kompetisi The Voice of Germany 2019. Sosok perempuan asal Cirebon tersebut sukses memenangkan ajang kompetisi menyanyi tersebut dengan membawakan lagu buatannya yang berjudul “Good Bye” yang dia nyanyikan bersama musisi Alice Merton. Kini Claudia pun masih aktif meneruskan karir bermusiknya dengan merilis single berjudul “IF I TRY”.. 

  • Lyodra Ginting


(Sumber: Sanremo Junior)

Kini, siapa yang tidak mengenal sosok Lyodra Ginting.. Lyodra Ginting kini menjadi salah satu musisi sukses di Indonesia. Namun, nyatanya sebelum dikenal di Indonesia, Lyodra terlebih dahulu dikenal di Italia dengan mengikuti kompetisi Sanremo Junior, kompetisi bernyanyi untuk anak berusia 6-15 tahun di Italia ketika umurnya masih berusia remaja. 

Kini, sosok Lyodra makin dikenal di Indonesia pasca keikutsertaannya di “Indonesian Idol X” dan hingga sekarang, Lyodra masuk kategori solois perempuan yang sukses berkarir di Indonesia.

  • Fatimah Zahratunnisa


Menyanyi merupakan hal yang sulit, apalagi bernyanyi menggunakan bahasa asing yang jarang kita pelajari atau kita lafalkan. Namun, nyatanya hal tersebut bukan menjadi kesulitan untuk sosok bernama Fatimah Zahratunnisa yang sukses memenangkan kompetisi Nodojiman The World di Jepang.

Fatimah sukses memenangkan kompetisi tersebut dengan membawakan lagu-lagu yang memiliki lirik menggunakan bahasa Jepang. Seperti lagu OST anime “Naruto” yang berjudul “Blue Bird” dan juga ‘Goodbye Day’ dari musisi Jepang YUI. 

  • Sandhy Sondoro


(Sumber: Sondoromusic.com) 

Siapa yang tidak mengenal sosok Sandhy Sandoro? Namanya menjadi sangat terkenal di Indonesia pasca keikutsertaannya di German Idol di tahun 2007. Meskipun tidak menjadi juara pada kompetisi tersebut, bakatnya nyatanya mampu membuatnya melanglang buana menjadi musisi di Indonesia dengan mengeluarkan berbagai hits seperti ‘Tak Pernah Padam’, ‘Malam Biru’, dan lainnya.

  • Maharasyi Hansa


(Sumber: VOA Indonesia)

Kembali ke Amerika Serikat, kini dari ajang lain yaitu The Voice America 2016, sosok wanita asal Indonesia yaitu Maharasyi Hasna sukses menjadi wanita asal Indonesia pertama yang lolos babak blind audition kompetisi bernyanyi tersebut.

Sosok Marasy Hansa pun nyatannya merupakan keponakan dari musisi legenda Indonesia yaitu Emilia Contessa. Kini Maharasyi masih sering membagikan konten-konten menyanyinya di media sosial seperti Instagram, dan lainnya.  

Sebenarnya masih banyak lagi sosok-sosok musisi asal Indonesia yang sukses mengharumkan nama bangsa di panggung internasional. Siapakah musisi favorit kalian yang sebelumnya pernah mengisi panggung kompetisi internasional?

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM