Bukan Hanya Kesehatan Fisik, Berikut 5 Manfaat Berlari untuk Kesehatan Mental Kita!

Lari bisa dibilang menjadi olahraga yang sederhana namun memiliki berbagai manfaat. Mulai dari manfaat untuk kesehatan fisik seperti meningkatkan kapasitas paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga berat badan, meningkatkan kekuatan tulang dan otot, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, lebih dari itu nyatanya berlari memiliki manfaat lain untuk kesehatan mental kita juga loh, JAKartans! Dengan berlari rutin setiap harinya, nyatanya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental JAKartans. Lantas, apa sih manfaat kesehatan mental dari berlari?

Advertisement

BACA JUGA: Sederhana, tapi Banyak Manfaatnya: Berikut 6 Manfaat dari Jogging yang Harus Kamu Ketahui! 

1. Menurunkan Tingkat Stres

Dengan banyaknya aktivitas, tanggung jawab, dan beban pikiran dari pekerjaan yang kita lakukan. Rasanya berlari terutama di pagi hari dapat menjadi solusi untuk menurunkan jumlah hormon yang memiliki pengaruh terhadap peningkatan stres, yaitu hormon adrenalin dan kortisol.

Dengan berlari, setidaknya JAKartans bisa dapat mengelola rasa stres dengan lebih baik. Sehingga, JAKartans dapat mengurangi risiko depresi yang tentunya memiliki pengaruh terhadap kualitas hidup JAKartans.

2. Meningkatkan Mood

Mood swing bisa dibilang menjadi persoalan bagi beberapa orang. Terlebih, dengan banyaknya aktivitas tentunya dapat berpengaruh terhadap suasana hati yang mimiliki kaitan dengan perubahaan mood.

Dengan berlari, JAKartans dapat meningkatkan suasana hati sekaligus meningkatkan mood JAKartans. Karena, ketika JAKartans berlari sirkulasi darah akan berjalan lebih optimal menuju otak. Sehingga, ketika kebutuhan darah dan oksigen sudah terpenuhi dengan baik, maka akan berpengaruh terhadap suasana hati JAKartans.

3. Membuat Kamu Lebih Produktif

Biasanya ketika sedang tidak ada kegiatan, kita cenderung akan memilih untuk bermalas-malasan, bersantai, dan lain sebagainya. Dengan berlari, setidaknya JAKartans bisa memaksimalkan waktu senggang untuk melakukan kegiatan yang produktif seperti berolaharaga.

BACA JUGA: Rekomendasi 3 Olahraga untuk Mengisi Weekend!

Terlebih, udara pagi yang segar bisa membantu JAKartans untuk menjadi lebih semangat sekaligus produktif sebelum JAKartans memulai kegiatan lainnya. Belum lagi, dampak lainnya seperti membuat energi kamu lebih baik sebelum memulai aktivitas lainnya.

4. Membuat Kamu Makin Percaya Diri 

Dengan keadaan tubuh yang lebih fit tentunya JAKartans akan lebih percaya diri. Karena, kita akan lebih percaya diri dari sisi fisik maupun mental. Sebab, dengan rutin berolahraga seperti berlari, rasa percaya diri JAKartans pun akan meningkat.

5. Menghindarikan Kamu dari Anxiety

Berlari tentunya memiliki dampak untuk kualitas tidur JAKartans. Ketika JAKartans rutin berlari, kualitas tidur dari JAKartans tentunya akan jauh lebih baik. Sehingga, ketika kualitas tidur JAKartans sudah terpenuhi dengan baik, maka suasana hati pun akan menjadi lebih baik. Tentunya, hal ini pun berpengaruh terhadap penurunan gangguan kecemasan atau anxiety.

BACA JUGA: 4 Tanda Kamu Harus Memulai Diet!

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, nyatanya berlari pun memiliki manfaat untuk kesehatan mental kita. Sehingga, sesibuk apapun JAKartans, selalu sempatkan untuk berlari guna menjaga kesehatan fisik dan mental JAKartans ya! (*/)

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM