Sederhana, tapi Banyak Manfaatnya: Berikut 6 Manfaat dari Jogging yang Harus Kamu Ketahui!

Dari banyaknya pilihan olahraga, jogging menjadi salah satu olahraga yang sering kali dipilih untuk memulai rutinitas hidup sehat. Dari riset yang dilakukan oleh Decathlon bersama YouGov di tahun 2021, dari 1000 responden yang dipilih di area Jakarta, 64% responden memilih jogging sebagai olahraga pilihan mereka.

Jogging memang bisa dibilang menjadi olahraga yang paling simpel, JAKartans hanya membutuhkan kaki untuk berlari, dan sepatu running jika memang JAKartans punya. Lebih dari itu, jogging nyatanya memiliki berbagai dampak positif bagi kesehatan.

Advertisement

BACA JUGA: Rekomendasi 3 Olahraga untuk Mengisi Weekend!

Melalui artikel ini, penulis akan membagikan informasi seputar manfaat dari jogging bagi kesehatan fisik  Apa saja manfaat tersebut?

1. Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru dan Kardiovaskular

Salah satu manfaat dari jogging bagi kesehatan adalah untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan kardiovaskular. Ketika JAKartans berlari, paru-paru tentunya akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang dibutuhkan otot. Dengan jogging, kapasitas paru-paru kita akan lebih meningkat dan hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap pernapasan kita yang akan jauh lebih efesien.

2. Menurunkan Risiko Jantung

Selain bermanfaat untuk paru-paru, jogging pun memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Karena, ketika berlari jantung kita akan bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh sehingga membuat jantung dan pembuluh darah lebih kuat. Sehingga, dengan mengalirnya oksigen ke seluruh tubuh, risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.

3. Menjaga Berat Badan

Pada dasarnya, manfaat olahraga memang sering kali berkaitan dengan berat badan. Jogging sendiri nyatanya menjadi salah satu cara yang efektif berat berlebihan. Jogging setidaknya dapat membantu pembakaran lemak yang memang merupakan salah satu faktor utama untuk menjaga berat badan yang ideal.

BACA JUGA: 4 Tanda Kamu Harus Memulai Diet! 

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Massa Otot 

Selain memberikan manfaat unutk menjaga berat badan kita tetap ideal, jogging pun nyatanya bermanfaat untuk menjaga kekuaatan tulang dan massa otot. Pada dasarnya, ketika berlari tubuh kita tentunya akan mempersiapkan tulang unutk menahan tekanan tambahan. Sehingga, tulang kita pun akan bertambah kuat dan akan membuat kita tidak rentan cedera.

Selain itu, otot-otot besar pun turut terlibat ketika kita jogging. Sehingga tubuh kita akan terasa lebih kencang dan membuat tubuh kita jauh lebih kuat.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Keuntungan tambahan dari jogging adalah peningkatan sistem kekebalan tubuh. Berlari secara teratur akan meningkatkan respons tubuh terhadap penyakit dan masalah kesehatan. Aktivitas ini juga merangsang pembentukan sel darah putih yang mendukung dalam melawan infeksi bakteri dan virus. Singkatnya, rutin berlari dapat menjaga tubuh JAKartans tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih tahan terhadap penyakit.

BACA JUGA: Dari Duel Catur Hingga ‘Tepok Bulu’: Mengapa Sportaiment di Indonesia Sangat Populer? 

Jogging yang notabenenya merupakan olahraga yang sederhana nyatanya memberikan manfaat untuk berbagai tubuh. Jadi, sempatkan untuk berjogging sebelum memulai aktivitas ya, JAKartans! (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM