Foto: Zuffa LLC via Getty Images/Chris Unger

Jeka Saragih, Eks Petarung PON yang Kini Sukses Tampil di UFC

Jeka Aspirado Saragih bisa dibilang kini menjadi sosok atlet petarung favorit masyarakat Indonesia. Jika dahulu sosok Chris Jhon dikagumi sebagai sosok atlet tinju yang mengharumkan Indonesia, kini Jeka Saragih sukses mengharumkan nama Indonesia sebagai seorang atlet MMA di ajang Ultimate Fighting Championships.

Sosol yang lahir pada 3 Julis 1995 ini baru saja memenangka laga debutnUFCnya melawan Lucas Alexander di UFC Vegas 82 di Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (19/11/2023) kemarin. Tidak tanggung-tanggung, Jeka sukses mengalahkan Lucas pada ronde pertama melalui kemenangan KO.

Advertisement

BACA JUGA: 5 Fakta Unik dari Megawati yang Wajib Kamu ketahui! 

Kemenangan Jeka tentunya mendapat pujian dari berbagai pihah termasuk dari masyarakat Indonesia dan pihak UFC sendiri.

“Setelah sedikit kemelut, Saragih memanfaatkan kelengahan Alexander dan benar-benar menghajarnya. Serangan itu membuat Alexander roboh dan mengakhiri pertarungan dengan cepat. Terbukti bahwa Saragih mempunyai kekuatan nyata dan dia akan membuat gebrakan di Octagon,” tulis UFC.

Lantas, siapakah sosok Jeka Saragih sendiri? Yuk kita berkenalan dengan sosok pertarung kelas ringan satu ini!

Dari PON, One Pride, Hingga UFC

Sosok Jeka Saragih nyatanya merupakan sosok yang akrab dunia pertarungan sejak usia remaja. Di tahun 2013, dirinya merupakan atlet Wushu yang memenangkan kejuaran nasional di Yogyakarta dan mewakili Sumatera Utara dalam perayaan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Melalui bekal wushu tersebut, Jeka pun melanjutkan karir bertarungnya ke ajang One Pride MMA. Memulai debutnya di tahun 2016, Jeka harus mengalami kekalahan  ketika melawan Kevin Sulistio melalui submission Kimura yang dilakukan oleh lawannya. Namun, Jeka tidak menyerah dan hasilnya, dari 13 laga One Pride MMA yang dijalaninya, Jeka sukses meraih 11 kemenangan, yang diantaranya 6 kemenangan KO dan 5 kemenangan melalui submission.

BACA JUGA: Marselino Ferdinan: Wonderkid asal Indonesia Harapan Bangsa 

Sukses di One Pride, akhirnya Jeka harus memperebutkan tiket untuk menuju ke ajang tertinggi kompetisi MMA, yaitu UFC. Meskipun kalah di laga terakhirnya, Jeka tetap mendapatkan kontrak dengan UFC dan akhirnya sukses memenangkan laga debutnya Minggu (19/11/2023) kemarin.

Fighter Kebanggaan Indonesia

Dunia fighting Indonesia memang sering kali melahirkan bintang-bintang berbakat. Sosok Jeka pun kini menjadi salah satu pertarung Indonesia yang mampu bersaing di tingkat dunia. Tentunya, sebagai seorang petarung MMA Jeka memiliki targetnya sendiri. Satu kemenangan di laga debutnya harusnya tidak membuat Jeka besar kepala, namun harusnya semakin membuat dirinya termotivasi untuk bisa tampil di main event UFC.

Dengan hadirnya Jeka Saragih di ajang UFC, setidaknya satu atlet Indonesia lagi-lagi membanggakan Indonesia. Setelah di dunia voli terdapat sosok Megawati, kini sosok jeka Saragih diharapkan mampu membawa nama Indonesia terbang tinggi di panggung internasional. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM