Sering Ngantuk di Jam Makan Siang, Kok Bisa?

Salah satu hal yang seringkali terjadi ketika menjalani aktivitas sehari-hari adalah mengantuk. Biasanya, kita seringkali merasa mengantuk ketika sudah di jam tidur seperti di malam hari. Namun, nyatanya rasa kantuk seringkali datang di jam-jam yang mengharuskan kita untuk fokus.

BACA JUGA: Bukan Pembagian Jam Masuk Kerja, Dua Hal Ini Dapat Menjadi Solusi untuk Mengurai Kemacetan Jakarta

Advertisement

Jam makan siang umumnya menjadi jam yang paling ditunggu oleh kita, namun terdapat efek lain yang diberikan di jam makan siang, yaitu mengantuk. Padahal, secara logika harusnya kita dapat lebih fokus untuk bekerja atau beraktivitas ketika perut sudah terisi. Namun, bukannya fokus, kita cenderung merasa ngantuk setelah makan di jam makan siang. 

Kenapa?

Nyatanya, terdapat faktor-faktor yang dapat dijelaskan oleh logika terkait rasa kantuk yang seringkali datang setelah jam makan siang. Apa saja faktor-faktor tersebut?

  • Perubahan Hormon

Salah satu makanan yang kita makan ketika jam makan siang adalah makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, dan juga makanan yang mengandung protein seperti daging-dagingan ataupun aneka buah-buahan. Nyatanya makanan yang kita makan menjadi salah satu faktor mengapa kita seringkali mengantuk setelah jam makan siang. 

Nyatanya, produksi hormon serotonin dan melatonin setelah jam makan siang akan meningkat. Peningkatan kedua hormon tersebut disebabkan oleh makanan yang kita makan di jam makan siang. Sehingga, dengan meningkatnya produksi dua hormon tersebut, rasa kantuk pun akan semakin meningkat. 

  • Kurang Tidur

Salah satu permasalahan yang terjadi ketika di hari kerja atau weekdays adalah jam tidur. Seringkali karena adanya lembur, atau mencicil pekerjaan di malam hari, jam tidur kita menjadi berkurang dan akhirnya mengantuk ketika di kantor. 

Ditambah, setelah makan, produksi hormon serotonin dan melatonin pun mengalami peningkatan. Sehingga, rasa kantuk akibat kurang tidur akan semakin menjadi-jadi. 

  • Penyakit

Faktor lain yang akhirnya menyebabkan rasa kantuk setelah jam makan siang adalah adanya penyakit yang sedang kita alami. Nyatanya, penyakit-penyakit seperti diabetes, anemia, penyakit celiac, dan juga intoleransi terhadap suatu makanan menjadi salah satu alasan datangnya rasa kantuk setelah makan siang. 

Tapi, nyatanya ada beberapa aktivitas yang dapat menghilangkan rasa kantuk setelah makan di jam makan siang. Apa saja aktivitas tersebut?

BACA JUGA: 9 Makanan yang Perlu Dihindari Jika Ingin Tidur Nyenyak

  • Bergerak 

Salah satu aktivitas yang membuat kita menjadi fresh dan fokus kembali akibat rasa kantuk adalah bergerak. Bergerak disini dapat dilakukan dengan cara berjalan-jalan kecil setelah jam makan siang. Kalian bisa berjalan-jalan kecil seperti mengitari ruangan kantor, atau berjalan dari tempat makan menuju ke kantor kalian. Sehingga, tubuh kita pun bisa kembali fresh kembali melalui aktivitas-aktivitas kecil yang mentrigger tubuh untuk kembali fresh.

  • Minum Air Putih

Tentunya, kamu telah mengetahui manfaat dari banyak minum air putih bagi kesehatan. Namun, yang mungkin belum kamu ketahui adalah bahwa minum air putih juga dapat membantu mengurangi rasa kantuk setelah makan. Ketika tubuh mengantuk, biasanya menandakan bahwa kita sedang kekurangan oksigen. Dengan meminum banyak air putih, ini dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh kita kembali.

  • Cuci Muka 

Salah satu cara untuk mengembalikan kesegaran dari rasa kantuk adalah dengan mencuci muka dengan air dingin. Cara ini terbukti ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk akibat makan siang.

  • Power Nap

Salah satu cara terbaik apabila kalian masih memiliki waktu jam makan siang adalah dengan melakukan power nap. Power nap sendiri adalah salah cara tidur siang singkat yang paling efektif untuk mengembalikan kesegaran. Durasi tidur pada power nap pun relatif singkat, yaitu 20-30 menit. Namun, waktu yang singkat tersebut terbukti ampuh untuk mengembalikan kesegaran tubuh. 

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM