Dari Pemain, Jurnalis, sampai FIBA Puji Kesuksesan Indonesia dalam Menyelenggarakan FIBA World Cup 2023

Pertandingan fase grup dan second round FIBA World Cup 2023 resmi usai. Indonesia Arena yang menjadi tuan rumah bagi Grup G dan H pada babak penyisihan grup dan Grup L pada second round pun sukses mengirimkan Canada dan Latvia menuju ke babak quarter final. 

Salah satu hal spesial dari FIBA World Cup 2023 yang diadakan di Indonesia Arena adalah keberhasilan Latvia menembus babak quarter final di FIBA World Cup perdana mereka. Suka cita atas keberhasilan Latvia pun nyatanya tidak hanya dirasakan oleh para fans Latvia yang datang ke Indonesia, namun masyarakat Indonesia yang hadir menonton pun ikut merayakan kesuksesan Latvia. 

Advertisement

BACA JUGA: FIBA World Cup 2023 Indonesia Cetak Jumlah Penonton Terbanyak dalam Pertandingan Olahraga Indoor 

Antusiasme Masyarakat Indonesia Dipuji Pemain FIBA

Meskipun tidak ada nama Indonesia sebagai peserta dari FIBA World Cup 2023, nyatanya masyarakat Indonesia tetap memberikan antusiasme yang luar biasa terhadap para atlet basket dari negara-negara yang bertanding di Indonesia Arena, Jakarta. 

Salah satu bintang basket asal Kanada, Dillon Brook pun mengungkapkan rasa terima kasih dan keinginannya untuk kembali ke Indonesia. Menurutnya, baik dari segi pelayanan dan antusiasme fans, masyarakat Indonesia sukses memberikan kesan yang mendalam baginya. “Jelas saya akan senang kembali lagi pada masa mendatang,” ucapnya.

Selain Dillon Brook, pemain asal Prancis Rudy Gobert pun mengungkapkan hal yang senada dengan pemain asal Kanada tersebut. Menurutnya, sambutan yang diberikan baik oleh pihak penyelenggara maupun fans sangatlah berkesan. Bahkan, meskipun gagal melaju ke fase berikutnya, Rudy tetap stay di Indonesia untuk menikmati waktu berliburnya di Bali. 

“Penontonnya juga berkesan. Saya tidak berpikir bisa seramai ini. Saya bangga bisa membawa basket ke Indonesia dan mudah-mudahan bisa menemukan fan Prancis lebih banyak lagi,” ujar Rudy. 

Pujian dari Pihak FIBA

Selain mendapatkan pujian dari para pemain yang berkompetisi, perwakilan dari FIBA pun nyatanya memberikan pujian terhadap Indonesia atas pencapaiannya menggelar ajang tertinggi pada olahraga basket tersebut. 

Director General FIBA Media and Marketing Frank Leenders dalam pesannya kepada Wakil Ketua LOC FIBA World Cup 2023 Agus Mauro mengakui keberhasilan Indonesia sebagai penyelenggara.

“Saya sangat menikmati keramahan yang luar biasa dan organisasi yang hebat dari Piala Dunia ini di Jakarta. Kalian menetapkan sejumlah standar baru,” puji Leenders dalam keterangan tertulis LOC FIBA World Cup 2023 Jakarta, Senin (04/09/2023).

BACA JUGA: FIBA World Cup 2023 Lebih dari Sekadar Pertandingan Olahraga

Sementara itu, jurnalis Prancis Arnaud menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para relawan dan staf LOC atas keramahan dan sambutan yang hangat selama satu pekan. Ia juga mengungkapkan apresiasinya terhadap semua orang yang sangat membantu. “Kami sangat berterima kasih dan semoga akhir pekan kalian menyenangkan di akhir turnamen ini,” ujarnya.

Jurnalis dari Iran, Alireza Roozbahani, juga mengungkapkan kesan positifnya terhadap pelayanan dan keramahan para sukarelawan, khususnya di ruang kerja media. Ia menyebutkan bahwa semuanya berjalan dengan baik dan tanpa keluhan, meskipun Iran telah tersingkir dari FIBA World Cup 2023 di Jakarta.

Kesempatan Indonesia

Tanggapan positif baik dari pihak pemain, jurnalis, maupun FIBA seharusnya menjadi modal untuk memperbaiki basket di Indonesia. Meskipun sekarang masih hanya menjadi pihak penyelenggara, melalui perkembangan olahraga basket di Indonesia yang menuju ke arah yang lebih baik, semoga kedepannya Indonesia dapat hadir di FIBA World Cup dengan status sebagai peserta.

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM