Perlukah Bekerja Sesuai Passion?

Passion bisa dibilang menjadi hal yang seringkali menimbulkan perdebatan dalam diri kita. Terutama, bagi kita yang sudah memiliki pekerjaan biasanya akan mempertanyakan diri kita sendiri mengenai apakah pekerjaan yang kita jalani sudah sesuai dengan kemauan dan bakat kita. Apakah pekerjaan yang kita jalani ini sudah sesuai dengan passion yang kita miliki?

Passion atau dalam bahasa Indonesianya adalah gairah. Lebih lanjut, passion dapat diartikan sebagai gairah besar untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting. 

Advertisement

Dalam hal pekerjaan, tentunya bekerja sesuai dengan passion yang kita miliki memberikan dampak positif bagi kita. 

BACA JUGA: Mengenal Lebih Jauh Bahaya Burnout Akibat Bekerja: Tanda, Dampak, dan Cara Mengatasinya 

Ketika kita bekerja sesuai dengan passion yang kita sukai, tentunya pekerjaan akan jauh terasa lebih fun dan ringan. Kenapa? Karena kembali lagi, pada dasarnya kita mengerjakan apa yang kita sukai dan kita gemari, dan tentunya ketika kita mengerjakan hal yang kita sukai, kita akan lebih enjoy untuk mengerjakan hal pekerjaan tersebut.

Namun, bagaimana jika kita bekerja tidak sesuai dengan passion yang kita miliki?

Tentunya, hal ini menjadi kondisi yang cukup dilematis. Di satu sisi, seringkali passion baru muncul ketika kita sudah bekerja di satu profesi, di sisi lain passion yang kita miliki seringkali tidak menjanjikan jenjang karir dan stabilitas karir yang menjanjikan.

Sehingga, pada akhirnya banyak orang yang akhirnya bekerja tidak sesuai dengan passion mereka. Dengan bekerja tidak sesuai dengan passion, seringkali orang akan merasa lebih cepat burnout atas pekerjaan mereka. Karena, pada dasarnya pekerjaan yang mereka kerjakan dikerjakan atas dasar tuntutan, bukan keinginan. Dan tentunya, ketika akhirnya kita bekerja atas dasar tuntutan tentunya kita akan lebih mudah lelah jika dibandingkan dengan bekerja atas dasar keinginan.

BACA JUGA: Ingin Mencari Side Hustle? Live di TikTok Jawabannya

Lantas, apa yang harus kita lakukan ketika bekerja tidak sesuai dengan passion kita?

Kembali lagi, passion seringkali datang secara tiba-tiba. Bisa jadi, karena sudah terbiasa dengan tuntutan pekerjaan kita menjadi menyukai pekerjaan tersebut dan akhirnya menjadikan pekerjaan tersebut sebagai passion kita.

Di sisi lain, bisa jadi ketika kita sudah bekerja sesuai dengan passion kita namun karena berbagai alasan akhirnya pekerjaan tersebut sudah tidak sesuai dengan passion yang kita miliki.

Pada akhirnya, semua sebenarnya kembali ke titik jenuh masing-masing tiap orang. Permasalahan bekerja sesuai passion pun akan menjadi permasalahan waktu dan kondisi. Namun, apabila kita sudah benar-benar yakin jika pekerjaan tersebut di luar dari passion yang kita miliki, langkah terbaiknya adalah keluar dari pekerjaan tersebut. 

BACA JUGA: Mengenal ‘Full Time Children’ Bentuk Nyata Rusaknya Sistem Kerja di China

Namun perlu diperhatikan, sebelum keluar dari pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion kita, sebelumnya kita sudah harus tau akan passion yang kita miliki. Jangan sampai, kita keluar dari pekerjaan yang kita jalani tanpa memilliki plan apapun ya!

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM