Ingin Mencari Side Hustle? Live di TikTok Jawabannya

Sebagai pencari cuan, tentunya kita selalu mencari cara untuk mendapatkan pendapatan sebesar-besarnya. Seringkali  pendapatan pokok yang kita dapatkan dari pekerjaan tetap seringkali dirasa kurang maksimal. Sehingga, beberapa kali kita mencoba mencari pendapatan tambahan dengan mencari pekerjaan sampingan atau istilah zaman sekarangnya adalah side hustle.

Sesuai yang sudah dijelaskan sebelumnya, side hustle adalah pekerjaan tambahan yang dimiliki seseorang di samping pekerjaan utamanya. Tujuan banyak para pekerja memilih untuk mencari side hustle adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jenis-jenis side hustle dapat berupa pekerjaan freelance seperti fotografer, desainer, penulis, dan lain sebagainya. Selain menjadi freelancer, salah satu alternatif lain untuk mencari side hustle adalah dengan self-employment atau memulai bisnis sendiri. 

Advertisement

BACA JUGA: Ketika Akun Centang Biru Kehilangan Value

Tentunya, pilihan untuk menjadi freelancer seringkali terkendala oleh waktu. Seringkali kita merasa lelah untuk mengerjakan pekerjaan lain di luar pekerjaan utama kita. Sehingga, meskipun freelancer menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mencari side hustle, namun nyatanya seringkali menjadi freelancer membuat kita kesulitan membagi pekerjaan utama dengan side hustle kita.

Tapi, dengan kemajuan teknologi, kini ada cara lain untuk mencari side hustle, yaitu dengan live TikTok. 

Live TikTok Solusi Mencari Pendapatan Tambahan


Berbeda dengan fitur
live yang ditawarkan kompetitornya yaitu Instagram. Live TikTok nyatanya memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk menghasilkan uang melalui fitur gift yang mereka sediakan.

Jika interaksi di live Instagram hanya dapat dilakukan lewat komen, nyatanya live di TikTok memberikan kesempatan bagi para pengguna dengan live streamer untuk saling berinteraksi melalui gift yang mereka berikan.

Melalui gift ini, nantinya para live streamer TikTok dapat mencairkan gift tersebut dalam bentuk uang. Dan setiap gift, mempunya nilainya masing-masing. 

Variasi Konten Live yang Beragam

(Pak Dadang yang mengajar melalui TikTok Live)

Selain memberikan keleluasaan interaksi, nyatanya variasi ide atau konten live stream di TikTok pun sangat beragam. Mulai dari gaming, ngobrol, dan yang kini menjadi tren adalah berjualan. 

Layaknya transaksi jual-beli langsung, melalui TikTok live para owner UMKM ataupun bisnis lainnya diberi kesempatan untuk menjual produknya di TikTok Live. Dengan begitu, TikTok yang memiliki basis pengguna yang besar pun memberikan kesempatan bagi para seller untuk berjualan di platform mereka.

BACA JUGA: Mengapa Sekolah Sering menjadi Tempat Terjadinya Bullying 

Selain dengan berjualan, kini TikTok live pun dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan lain seperti online tutor atau class, yang nyatanya tidak hanya dilakukan oleh anak muda saja, melainkan para orang tua pun kini mengisi kegiatan mereka dengan cara mengajar melalui TikTok live.

Pendapatan yang dapat kita dapatkan dari live tersebut dapat berupa hasil seperti adsense ketika kita sudah menjadi affiliate, donasi melalui gift atau third app party, ataupun melalui penjualan dari produk yang kita jual di TikTok live.

Jangan Digunakan untuk ‘Mengemis’


Namun, dengan kesempatan yang diberikan untuk mencari penghasilan tambahan, beberapa orang seringkali menggunakan TikTok
live sebagai ajang untuk mengemis tanpa memberikan konten yang menghibur bagi para pengguna TikTok.

Jika kalian ingin menjadikan TikTok live sebagai side hustle, kalian harus memikirkan konten apa yang akan kalian berikan kepada calon penonton kalian. Jangan sampai kalian melakukan tindakan konyol seperti, mandi lumpur, atau melakukan hal aneh lainnya hanya untuk mendapatkan uang. 

Setidaknya, jadikan side hustle kalian di TikTok live menjadi pendapatan sampingan yang sustain dan dapat dijadikan karir lain ke depannya. 

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM