Dari Social Media Specialist Sampai Data Analyst: Berikut 6 Pekerjaan Impian Gen Z

Jika dulu para orang tua JAKartans memiliki cita-cita untuk menjadi abdi negara, seperti PNS, tentara, dan polisi atau menjadi pekerja korporat. Kini nyatanya generasi-generasi muda, seperti Gen Z pun memiliki cita-citanya tersendiri.

Tidak bisa dipungkiri, seiring berjalannya waktu, berbagai jenis bidang pekerjaan pun semakin beragam. Jika dulu persepsi pekerjaan yang diimpikan adalah mereka yang bekerja di kantor, menggunakan kemeja atau jas, dan lain sebagainya. Kini, para Gen Z cenderung memilih berbagai lini pekerjaan sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Advertisement

Lantas, sebenarnya apa saja kah jenis pekerjaan yang diidamkan oleh Gen Z?

BACA JUGA: Jangan Asal Terima Kerja: Berikut 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Menerima Offer Pekerjaan!

1. Digital Marketer

Semakin berkembangnya dunia digital, makan keinginan Gen Z untuk bekerja di bidang tersebut pun semakin besar. Terlebih, dengan semakin berkembangnya internet, teknik pemasaran pun kini mengalami transisi ke digital marketing. Sehingga, tidak jarang banyak Gen Z yang tertarik untuk bekerja di bidang ini.

2. Social Media Specialist/Manager

Gen Z tidak bisa dipungkiri menjadi generasi yang erat dan dekat dengan media sosial. Sehingga, tidak menganggetkan jika salah satu pekerjaan impian dari Gen Z adalah menjadi social media specialist/manager. Sebagai socmed specialist/manager, kewajiban yang akan diemban adalah memperhatikan konten, traffic, engagment, dan media sosial suatu brand atau klien. Karena, tidak bisa dipungkiri media sosial merupakan sarana marketing sekaligus menjadi wajah dari suatu brand di internet.

BACA JUGA: Gen Z Menghadapi Tantangan Pengangguran dengan Batasan Usia Melamar Pekerjaan 25 Tahun

3. Video Editor

Dengan banyak content creator di Indonesia, maka pekerjaan sebagai video editor pun semakin dibutuhkan. Terlebih, untuk menjadi video editor pun biasanya tidak dituntut untuk memiliki ‘sertifikasi’ atau ijazah kuliah dan lain sebagainya. Selain itu, menjadi seorang video editor pun setidaknya membuat Gen Z dapat menuangkan kreativitas mereka melalui editan-editan yang keren, lucu, dan juga menghibur.

4.Graphic Designer

Sama seperti video editor, kehadiran seorang graphic designer atau GD pun semakin dibutuhkan di dunia yang serba konten dan digital ini. Hadirnya GD tentunya akan sangat berpengaruh terhadap brand atau klien yang fokus di media sosial, dan berbagai lini digital lainnya.

BACA JUGA: 4 Alasan Mengapa Menjadi ASN Merupakan Pekerjaan Idaman

5. Data Analyst

Menjadi seorang analis data memang bukan hal yang mudah. Selain harus berhadapan dengan berbagai data yang ada, pekerjaan seorang data analyst pun terbilang benar-benar melelahkan. Namun, jaminan gaji yang tinggi dan jenjang karir yang stabil sering kali menjadi alasan Gen Z untuk bercita-cita menjadi seorang data analyst. Selain itu, hampir setiap perusahaan pun kini membutuhkan data analyst, sehingga semakin membuat Gen Z tertarik dengan pekerjaan ini.

6. UI/UX Designer

Di dunia yang serba digital ini, kehadiran berbagai aplikasi dan website tentunya menjadi salah satu penunjang kehidupan. Sehingga, rasanya diperlukan layout atau design dari aplikasi ataupun website yang nyaman dan eye pleasing di mata. Hadirnya, UI dan UX designer tentunya sangat dibutuhkan untuk memberikan dua hal tersebut. Gen Z yang akrab dengan berbagai website dan aplikasi pun akhirnye tertarik untuk bekerja sebagai UI/UX designer.

BACA JUGA: Sering Dianggap Sama, Berikut Perbedaan dari Copywriter, Scriptwriter, Creative Writer, dan Content Writer yang Perlu Kamu Ketahui!

Hadirnya berbagai lini pekerjaan tentunya disebabkan oleh perkembangan zaman. Siapa yang pernah mengira jika nanti akhirnya membuat video random di internet dapat menjadi sebuah pekerjaan yang menghasilkan uang. Jadi, jangan pernah takut untuk meng-eksplor berbagai jenis pekerjaan ya, JAKartans! (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM