4 Alasan Mengapa Menjadi ASN Merupakan Pekerjaan Idaman

Pendaftaran Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) baru saja resmi dibuka nih, JAKartans! Tentunya, seleksi CASN 2023 ini disambut oleh para jobseeker baik para fresh graduate maupun jobseeker lainnya. 

Keberadaan ASN atau PNS di Indonesia memang bisa dibilang menjadi ‘dream job’ bagi beberapa lapisan masyarakat Indonesia. Terlebih, untuk mereka yang merupakan generasi tua (Gen X dan Gen Y), rasanya menjadi seorang ASN merupakan mimpi yang harus mereka penuhi.

Advertisement

Terlebih, dengan menjadi seorang ASN pun nyatanya membuat diri kita seringkali dianggap ‘idaman’ oleh para orang tua. Bahkan, mereka yang sudah memiliki pasangan seringkali dianggap sebagai ‘menantu idaman’ oleh para mertua mereka. Karena, sosok ASN di mata para mertua atau orang tua terbilang sangat prestisius.

Di lain sisi, para anak muda seperti Gen Z dan Millenials di era terakhir, seringkali tidak menganggap ASN sebagai dream job mereka. Sehingga, beberapa kali mereka harus dihadapkan dengan situasi, pekerjaan yang mereka jalani sekarang tidak mendapat ‘restu’  dari orang tuanya.

BACA JUGA: Gen X jadi PNS dan Gen Y jadi Pegawai Swasta, Kenapa Gen Z Fokus Membangun Usaha? 

Lantas, sebenarnya apa sih yang akhirnya menjadikan sosok ASN spesial di mata para orang tua?

  1. Tidak akan Menjadi Korban PHK

Salah satu alasan yang akhirnya menjadikan sosok ASN spesial  di mata para orang tua adalah status mereka yang tidak sulit untuk menjadi korban PHk atau lay off.

Di era industri sekarang, lay off seringkali menjadi ketakutan para pekerja. Beberapa perusahaan swasta seperti startup nyatanya nggak jarang melakukan PHK atau lay off besar-besaran tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

Dengan demikian, rasa kekhawatiran orang tua terhadap anaknya pun tentunya akan meningkat apabila melihat kondisi industri pekerjaan yang sangat mudah melakukan PHk terhadap pekerjanya. Sehingga, pada akhirnya banyak orang tua yang meminta anaknya untuk bekerja sebagai ASN supaya dapat terbebas dari segala ketakutan yang mereka rasakan, seperti PHK. 

  1. Tunjangan yang Besar

Gaji seorang ASN memang tergolong relatif kecil dan bahkan dibawah UMR yang ditetapkan pemerintah. Namun, meskipun gaji pokok yang mereka terima kecil, nyatanya seorang ASN mendapatkan tunjangan kinerja yang nilainya dapat 2x lipat lebih besar dari gaji pokok yang mereka dapatkan.

Dengan demikian, besaran nilai tunjangan kinerja inilah yang seringkali terlihat prestisius di mata para orang tua. Terlebih, selain tunjangan kinerja, terdapat tunjangan-tunjangan lain yang didapatkan oleh seorang ASN.

BACA JUGA: Antara Harapan dan Realita: Mengurai Stereotip dan Tantangan Profesi PNS di Indonesia 

  1. Kehidupan Terjamin Hingga Masa Pensiun

Menjadi seorang ASN, nyatanya mereka tetap akan mendapatkan gaji setelah mereka pensiun. Selain gaji, berbagai tunjangan pun tetap dapat didapat pensiunan ASN. 

Meskipun jumlah gaji dan tunjangan tidak sebesar saat mereka masih aktif menjadi ASN, akan tetapi setidaknya masa pensiun mereka tetap terjamin karena mendapatkan gaji dan juga beberapa tunjangan lainnya.

  1. Mengabdi untuk Negara

ASN pada dasarnya adalah pekerjaan yang dijalankan sebagai bentuk dari pengabdian terhadap negara. Banyak orang tua yang menggap mengabdi terhadap negara sebagai ASN lebih baik dibanding mengabdi ke perusahaan swasta. 

Dengan demikian, adanya anggapan ASN sebagai bentuk pengabdian terhadap negara, akhirnya para orang tua melihat ASN sebagai pekerjaan yang membanggakan dan memiliki nilai prestisius dibandingkan pekerjaan lain.(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM