Bukan Hanya Moovit, Berikut Aplikasi Transportasi Umum yang Wajib JAKartans Unduh!

Salah satu ketakutan seseorang untuk menggunakan transportasi umum adalah kesasar. Tentunya, ketakutan ini cukup mendasar. Karena, sebagaimana yang JAKartans tahu, transportasi umum di Jakarta memiliki berbagai rute yang tentunya kalau tidak kita perhatikan akan memungkinkan membuat kita salah naik rute atau kesasar.

Dengan demikian, rasanya penting untung JAKartans untuk terlebih dahulu melakukan riset terkait rute yang disediakan oleh transportasi umum yang ingin JAKartans pakai. Umumnya, rute-rute perjalanan setiap transportasi umum akan tersedia di halte atau stasiun transportasi umum tersebut. Namun, selain dalam bentuk fisik, JAKartans pun dapat melihat rute dari transportasi umum yang ingin JAKartans naiki dengan mengunjungi website resmi dari transportasi umum yang akan dinaiki.

Advertisement

Akan tetapi, kini berbagai aplikasi pun hadir menyediakan berbagai rute, dan bahkan maps yang akan memudahkan JAKartans untuk bertransportasi dengan menggunakan transportasi umum. Aplikasi-aplikasi ini akan menyediakan rute, alur perjalanan, sampai jam keberangkatan transportasi umum yang akan JAKartans gunakan.

Lantas. apa saja kah aplikasi-aplikasi tersebut?

BACA JUGA: Mengenal 4 Transportasi Publik Andalan Warga Jakarta dan Sekitarnya

1. Google Maps

Google Maps

Google Maps bisa dibilang menjadi aplikasi wajib yang harus JAKartans unduh di smartphone JAKartans. Selain menjadi petunjuk arah ketika JAKartans sedang berkendara, Google Maps pun kini menyediakan berbagai fitur seperti pemilihan rute, jenis kendaraan, perkiraan tarif, sampai ke perkiraan waktu tiba. Namun, Google Maps belum memberikan informasi terkait lokasi transportasi umum secara real time.

2. Moovit

Moovit

Untuk JAKartans yang mencari aplikasi informasi seperti rute, jenis kendaraan, perkiraan, tarif, bahkan sampai posisi real time transportasi umum yang ingin JAKartans naiki, Moovit menjadi aplikasi yang wajib JAKartans unduh.

Moovit menjadi aplikasi yang mampu memberikan informasi terkait lokasi stasiun, halte, tarif, hingga rute setiap tranpsortasi umum yang ada di Jakarta, seperti TransJakarta, KRL, MRT, bahkan mikrolet. Selain itu, Moovit pun memungkinkan JAKartans untuk memantau secara real time posisi dari transportasi umum yang ingin JAKartans naiki.

BACA JUGA: Dari Gojek Sampai Grab: Berikut Transportasi Online Langganan Pekerja Jakarta

3. Trafi 

Trafi

Selain Moovit dan Google Maps, Trafi menjadi salah satu aplikasi yang menawarkan berbagai alternatif jalur transportasi umum bagi JAKartans yang sedang mencari berbagai tempat yang berada di Jakarta. Sama seperti Moovit, Trafi pun menghadirkan fitur real time kedatangan kendaraan di aplikasinya. Selain itu, JAKartans tidak harus memiliki koneski internet untuk melihat berbagai jadwal dan rute transportasi umum seperti TransJakarta.

BACA JUGA: Jauh Sebelum LRT, Berikut 4 Transportasi Umum yang Sempat Populer di Jakarta

Selain ketiga aplikasi di atas, sebenarnya setiap jasa penyedia transportasi umum memiliki aplikasinya masing-masing yang menghadirkan fitur-fitur seperti rute, jadwal keberangakatan, dan lain sebagainya. Misalnya, KRL dengan KRLAcces, TransJakarta dengan Tije, MRT dengan MyMRTJ, dan LRT dengan LRTJ Apps. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM