Kemacetan di Jakarta saat hujan (Foto: Republika/Prayogi)

Kenapa Hujan Sering Kali Menyebabkan Kemacetan?

Macet dan hujan menjadi salah dua kombinasi mau yang selalu ditakutkan oleh masyarakat Jakarta. Terlebih, dari pantauan yang disampaikan oleh BMKG beberapa waktu yang lalu, Jakarta akan diguyur hujan lebat hingga awal Februari 2024 nanti.

Tentunya, hujan memang menjadi berkah untuk semua orang. Tapi, JAKartans tidak bisa pungkiri kalau hujan pun sering kali menghambat aktivitas JAKartans. Apalagi, hujan sering kali menimbulkan masalah lain berupa kemacetan. Sehingga, dua hal yang paling dihindari oleh masyarakat Jakarta justru tidak jarang terjadi secara bersamaan.

Advertisement

Tentunya menjadi sebuah pertanyaan besar, mengapa ketika hujan jalanan lebih sering macet dibandingkan saat tidak hujan? Lantas, apa sebenarnya penyebab jalanan lebih sering macet ketika hujan?

BACA JUGA: Cegah Kehujanan, Berikut 5 Barang yang Wajib Kamu Bawa di Musim Hujan!

1. Kendaraan yang Meneduh Sembarangan

Kendaraan bermotor yang meneduh sembarangan

Tidak bisa dipungkiri, mayoritas kendaraan yang berlalu lalang di Jakarta adalah motor. Dari data yang diambil dari Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, di tahun 2022 terdapat 17 juta lebih kendaraan bermotor yang melintas di Provinsi DKI Jakarta.

Dengan jumlah kendaraan bermotor yang masif ini, tentunya kemacetan di saat hujan sering kali disebabkan oleh kendaraan bermotor yang meneduh secara sembarangan sehingga menutup jalan.

2. Meningkatnya Jumlah Mobil 

Jumlah mobil yang meningkat saat hujan

Selain motor, salah satu penyebab kemacetan di saat hujan tentunya adalah meningkatnya jumlah mobil yang berlalu lalang ketika hujan. Tentunya, salah satu keunggulan dari mobil ketika berkendara adalah bebas dari hujan. Sehingga, kehujanan bukanlah masalah yang dialami oleh pengguna mobil ketika Jakarta diguyur hujan.

Akan tetapi, karena banyaknya pengguna mobil yang melintas ketika hujan tentunya akan membuat jalanan semakin sempit, sehingga kemacetan pun terjadi.

BACA JUGA: Waspada! Hujan Lebat Akan Guyur Jakarta Hingga Awal Februari Nanti

3. Jalan yang Rusak 

Jalan rusak sebagai dampak dari hujan yang lebat

Salah satu dampak dari hujan yang lebat adalah jalanan rusak. Untuk daerah di Jakarta sendiri, JAKartans tidak bisa memungkiri kalau masih terdapat jalan-jalan yang rusak di Jakarta. Sehingga, ketika hujan terjadi, banyak pengendara yang cenderung lebih berhati-hati untuk menghindari jalanan yang rusak tersebut untuk mencegah kecelakaan atau rusaknya kendaraan.

4. Banjir

Banjir sebagai dampak dari hujan yang sering kali menyebabkan kemacetan

Banjir dan Jakarta adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Salah satu ketakutan terbesar masyarakat Jakarta ketika memasuki musim hujan adalah banjir. Karena, banjir sendiri menyebabkan sejumlah permasalahan lain yang salah satunya adalah kemacetan.

Dengan adanya banjir di sejumlah ruas jalan, akses masyarakat Jakarta untuk menuju satu tempat pun terpaksa ditutup. Sehingga, pada akhirnya kemacetan menjadi suatu hal yang tidak bisa dihindari.

BACA JUGA: Mengenal 4 Transportasi Publik Andalan Warga Jakarta dan Sekitarnya

Empat faktor tersebut setidaknya menjadi alasan mengapa hujan sering kali menyebabkan kemacetan. Salah satu alternatif untuk mencegah kemacetan di saat hujan tentunya adalah dengan berkendara dengan menggunakan transportasi publik. Terlebih, kini berbagai akses menuju transportasi publik pun sudah menyediakan trotoar yang mencegah JAKartans dari kehujanan. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM