Ingin Tingkatkan Angka Pariwisata di Tahun 2024, Kemenparekraf akan Tekan Harga Tiket Pesawat Domestik

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk menekan harga tiket pesawat domestik. Langkah ini diambil dalam upaya mendorong peningkatan pergerakan wisnus (wisatawan nusantara) pada tahun 2024, dengan target 1,2 miliar hingga 1,5 miliar pergerakan wisatawan.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan hal ini dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (22/1/2024). Sandiaga mengungkapkan bahwa masyarakat masih mengeluhkan tingginya harga tiket pesawat domestik. “Beberapa rekan media juga menanyakan ke kami apakah ada kemungkinan harga tiket pesawat domestik turun,” kata Sandiaga.

Advertisement

Ia menambahkan bahwa aspirasi masyarakat terkait harga tiket pesawat tersebut sudah didengar selama lebih dari 9 bulan terakhir. Sandiaga menjelaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan maskapai penerbangan untuk mencari solusi yang tepat.

Menparekraf menyoroti keseriusan dari berbagai pihak terkait untuk menurunkan harga tiket pesawat domestik. Proses ini terus diintensifkan melalui koordinasi yang erat antara pemangku kepentingan, guna merumuskan langkah-langkah konkret yang dapat diambil.

BACA JUGA: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Ajak PUTRI Kembangkan Desa Wisata di Indonesia

“Karena ini memberatkan para pelaku di sektor parekraf dan kami berupaya untuk menekan biaya tiket pesawat domestik agar lebih terjangkau,” ujar Sandiaga.

Pihaknya juga menegaskan bahwa saat ini sedang dilakukan kajian menyeluruh terkait kemungkinan dan dampak dari penurunan harga tiket pesawat domestik. “Kemenparekraf terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait secara intensif, termasuk dengan maskapai, kami merasa perlu untuk melakukan langkah-langkah konkret dalam upaya menekan biaya tiket pesawat domestik agar lebih terjangkau,” tandasnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh jajaran eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf, menunjukkan komitmen penuh pemerintah untuk mewujudkan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau bagi masyarakat. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM