Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Ajak PUTRI Kembangkan Desa Wisata di Indonesia

Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) di Bali pada Kamis (16/11/2023), menjadi momentum bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk mengajak PUTRI terlibat aktif dalam pengembangan potensi pariwisata di desa-desa wisata Indonesia.*

Desa-desa wisata di Indonesia, yang sepenuhnya dikelola oleh masyarakat lokal dengan menjunjung tinggi adat istiadat, memiliki potensi besar yang layak untuk dikembangkan. Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa pengakuan internasional terhadap keindahan berbagai desa wisata di Indonesia merupakan aset berharga yang dapat menjadi daya tarik utama pariwisata.

Advertisement

“Desa-desa wisata memiliki kekuatan tersendiri yang berbasis masyarakat dan adat istiadat, karena kita sudah mendapat pengakuan dunia. Jadi desa-desa wisata ini akan menjadi daya tarik unggulan dari pariwisata, bukan hanya di Bali tapi juga di seluruh Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Kemenparekraf: Wisman ke Indonesia Sepanjang Januari-September 2023 Capai 8,5 Juta

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menekankan peran sentral Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) dalam mengembangkan potensi pariwisata di Tanah Air. PUTRI, sebagai wadah bagi para pelaku usaha di sektor taman rekreasi, diharapkan dapat turut berpartisipasi aktif dalam pengembangan desa wisata.

“Desa wisata ini yang sekarang menjadi bagian dari PUTRI ini harus dirangkul,” tambah Sandiaga Uno, menggarisbawahi pentingnya keterlibatan PUTRI dalam mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia.

Selain pelantikan Dewan Pimpinan Daerah PUTRI Bali, acara tersebut juga menjadi momen peluncuran PUTRI Magazine dan rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PUTRI yang diselenggarakan di Kabupaten Badung pada 16-18 November. Sandiaga Uno turut didampingi oleh sejumlah pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, antara lain Deputi Bidang Industri dan Investasi, Rizki Handayani; Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Martini M. Paham; serta Direktur Manajemen Industri, Syaifullah.

Acara ini dihadiri juga oleh tokoh-tokoh penting, seperti Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, dan Ketua DPD PUTRI Bali periode 2023-2027 I.G.A. Agung Inda Trimafo Yudha. Keseluruhan acara menegaskan komitmen pemerintah dan para pelaku industri pariwisata untuk bersinergi dalam mengembangkan desa-desa wisata sebagai destinasi unggulan Indonesia. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM