Susah Mencari Kerja? Berikut 5 Website Pencari Kerja yang Bisa Kamu Coba!

Tidak ada yang mudah di Jakarta, termasuk mencari kerja. Berdasarkan data yang dikutip dari kompas.id, jumlah angkatan kerja di Indonesia per Agustus 2023 mencapai 212,59 juta orang atau meningkat sekitar 3,17 juta jika dibandingkan dengan Agustus 2022. Di Jakarta sendiri, jumlah angkatan kerja di Jakarta per Agustus 2023 mencapai 5,43 juta orang, naik 174.000 dibandingkan dengan Agustus 2022.

Dengan jumlah yang masif ini, nyatanya jumlah pengangguran pun masih banyak. Di Indonesia sendiri jumlah pengangguran per Agustus 2023 mencapai 7,86 juta orang. Memang, terdapat penurunan jumlah pengangguran jika dibandingkan pada Agustus 2022 lalu. Namun, kita tidak bisa memungkiri, bahwa nyatanya mencari dan mendapatkan kerja di Jakarta adalah hal yang sulit.

Advertisement

BACA JUGA: Mengenal ‘Full Time Children’ Bentuk Nyata Rusaknya Sistem Kerja di China 

Dengan demikian, kehadiran website untuk job seeker pada akhirnya sangat membantu para pencari kerja untuk mencari pekerjaan.

Nah JAKartans, melalui artikel ini, penulis ingin membagikan informasi mengenai website yang bisa membantu kamu untuk mencari pekerjaan. Apa saja website tersebut?

1. LinkedIn

Logo LinkedIn

LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia. Selain memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan profesional lainnya, LinkedIn adalah sumber terkemuka untuk mencari pekerjaan. Anda dapat mengunggah profil profesional Anda, menyebutkan kualifikasi, pengalaman, dan keahlian Anda. Platform ini juga menawarkan opsi untuk mengikuti perusahaan dan mendapatkan rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan profil Anda.

2. Indeed

Logo indeed

Indeed adalah salah satu mesin pencari pekerjaan terbesar di dunia. Platform ini mengumpulkan ribuan lowongan pekerjaan dari berbagai sumber, termasuk situs web perusahaan dan situs karir lainnya. Anda dapat mencari pekerjaan berdasarkan kata kunci, lokasi, atau industri tertentu. Indeed juga memungkinkan pengguna untuk mengunggah CV dan menerima pemberitahuan pekerjaan sesuai dengan preferensi Anda.

3. TechInAsia

Logo TechInAsia

TechInAsia adalah platform khusus untuk pencari kerja yang tertarik dalam industri teknologi dan startup. Situs web ini menyediakan berita, artikel, dan peluang pekerjaan terkait dengan sektor ini. Dengan TechInAsia, Anda dapat mengejar peluang pekerjaan di perusahaan teknologi terkemuka dan berpartisipasi dalam ekosistem startup yang berkembang.

BACA JUGA: 6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan agar Lingkungan Kerja Kamu tidak Toxic!

Logo glints

Glints adalah platform yang fokus pada pemuda dan para profesional muda. Glints menawarkan lowongan pekerjaan, pelatihan, magang, dan berbagai kesempatan pengembangan karier. Platform ini bertujuan untuk membantu generasi muda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasi mereka.

5. Kalibrr

Logo Kalibrr

Kalibrr adalah platform asal Filipina yang semakin populer di Asia Tenggara. Kalibrr menghubungkan perusahaan dengan kandidat yang sesuai melalui algoritma pencocokan yang cerdas. Platform ini juga menawarkan pelatihan dan sumber daya untuk membantu pelamar meningkatkan keterampilan mereka dan menemukan pekerjaan yang tepat.

BACA JUGA: Serupa tapi tidak Sama, Berikut Perbedaan dari Intern, Freelance, dan Part-Time yang Wajib Kamu Ketahui! 

Nah JAKartans, lima websites di atas adalah website yang memungkinkan JAKartans untuk mencari pekerjaan. Karena, pada akhirnya yang bisa menjamin JAKartans untuk mendapatkan pekerjaan adalah CV, dan kualitas diri dri JAKartans sendiri ya! (*/)

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM