Tren Sepeda Listrik Makin ‘Menjamur’, Berikut Fakta yang Perlu Kamu Ketahui dari Sepeda Listrik!

Makin berkembangnya zaman, pilihan kendaraan pun makin beragam. Terlebih, semenjak memburuknya kualitas udara di Jakarta, beberapa masyarakat Jakarta mulai mempertimbangkan untuk beralih ke kendaraan bertenaga listrik. Berbagai pilihan, mulai dari motor listrik dan mobil listrik kini mulai dipilih banyak orang.

Akan tetapi, kita tidak bisa memungkiri bahwa harga dari motor maupun mobil listrik nyatanya memiliki harga yang relatif mahal. Sehingga, pada akhirnya banyak orang yang enggan untuk membelinya. Namun, kini muncul alternatif kendaraan listrik lain yang mulai digunakan oleh masyarakat, yaitu sepeda listrik.

Advertisement

Kini, sepeda listrik menjadi salah satu pilihan kendaraan pribadi masyarakat di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bahkan, mungkin beberapa dari JAKartans pun kini mulai memiliki sepeda listrik untuk beraktivitas di sekitar rumah.

BACA JUGA: Perlukah Kita Menggunakan Kendaraan Listrik?

Sebagai kendaraan pribadi, sepeda listrik nyatanya memiliki manfaat untuk untuk penggunanya. Mulai dari ramah lingkungan, memberikan dampak kesehatan bagi tubuh, sampai ke harga yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi lainnya.

Kendaraan Pribadi yang Ramah Lingkungan

Sebelumnya, penulis sempat menjelaskan salah satu keunggulan dari sepeda listrik adalah ramah lingkungan. Sebagai bukti, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Michael McQueen dalam penelitian yang berjudul “The E-Bike Potential: Estimating Regional E-Bike Impacts on Greenhouse Gas Emissions,” sepeda listrik nyatanya mampu memberikan dampak yang signifikan dalam mengurangi polutan udara. Setidaknya, sepeda listrik mampu mengurangi rata-rata 225kg CO2 per tahun.

Dengan demikian, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, sepeda listrik nyatanya mampu menjadi kendaraan pribadi yang ramah lingkungan dan menjadi moda transportasi alternatif yang dapat JAKartans pilih untuk mengurangi polusi udara.

Cara Memilih Sepeda Listrik

Setelah sadar akan dampak positif yang diberikan oleh sepeda listrik, mungkin JAKartans kepikiran untuk membeli sepeda listrik kan? Nah, sebagai informasi lanjutan, terdapat beberapa hal yang perlu JAKartans perhatikan apabila ingin membeli sepeda listrik.

Sama seperti kendaraan pada umumnya, sepeda listrik pun memiliki tipe dan spesifikasi tertentu nih JAKartans!

Misalnya, JAKartans ingin membeli sepeda listrik untuk berolahraga, JAKartans bisa membeli sepeda listrik yang memiliki pedal listik. Karena, dengan adanya pedal listrik di sepeda listrik yang JAKartans beli, JAKartans dapat berolahraga dengan mengayuh pedal tersebut.

BACA JUGA: Siapa yang Berhak Menggunakan Bangku dan Lift Prioritas di Transportasi Publik?

Pedal kayuh sepeda listrik pun relatif sama dengan pedal kayuh pada sepeda konvensional. Namun, pedal kayuh pada sepeda listrik mampu menyimpan tenaga untuk untuk memberikan tarikan yang lebih ringan dan disesuaikan dengan level-level tertentu.

Selain itu, JAKartans pun harus mempertimbangkan kapasitas baterai dengan jarak tempuh dan bobot dari sepeda listrik yang ingin JAKartans beli. Biasanya, sepeda listrik memiliki berat yang relatif lebih berat dibandingkan dengan sepeda pada umumnya. Karena, di dalam sepeda listrik terdapat banyak komponen, seperti baterai, mesin, dan lain sebagainya.

Nah, dengan segala manfaat dan kelebihannya, apakah JAKartans sudah tertarik untuk membeli sepeda listrik? (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM