Sering Dianggap Membosankan, Berikut 3 Manfaat dari Memancing yang Perlu Kamu Ketahui!

Dari banyaknya kegiatan yang sering dilakukan oleh bapak-bapak, memancing menjadi salah satu hal yang paling sering dilakukan bapak-bapak untuk menghabiskan waktu liburnya. Padahal, kalau dipikir-dipikir memancing bisa dibilang menjadi salah satu kegiatan yang paling membosankan dari berbagai kegiatan lainnya. Namun, pada akhirnya tren memancing ini benar-benar menjadi kegiatan wajib beberapa bapak-bapak untuk menghabiskan waktunya.

Dari adanya kebiasaan bapak-bapak memancing untuk menghabiskan waktu bebasnya, pada akhirnya banyak anak muda yang akhirnya ikut mencoba untuk memancing selayaknya bapak-bapak. Kalau JAKartans datang ke beberapa kolam pemancingan, JAKartans tidak hanya melihat bapak-bapak saja yang memancing, melainkan terdapat anak muda yang sedang memancing juga.

Advertisement

Dengan demikian, fenomena bapak-bapak maupun anak muda yang akhirnya memilih memancing sebagai cara untuk menghabsikan waktu bebasnya pun akhirnya membuat masyarakat kita bertanya-tanya, apa serunya menunggu ikan sambil panas-panasan hingga berjam-jam? Padahal, masih ada kegiatan lain yang sebenarnya bisa mereka lakukan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis setidaknya menemukan beberapa jawaban yang dapat menjelaskan esensi dari memancing.

BACA JUGA: Seberapa Penting Work-Life Balance bagi Hidup Kita?

1. Melatih Kesabaran

JAKartans mungkin sepakat kalau orang Indonesia merupakan masyarakat yang tidak sabaran. Contoh sederhananya adalah ketika di lampu lalu lintas, banyak orang yang sudah mengklakson padahal lampu baru saja berganti warna menjadi hijau. Hal tersebut tentunya membuktikan bahwa orang Indonesia itu tidak sabaran.

Memancing, di lain sisi menjadi kegiatan yang paling melatih kesabaran. Memang, biasanya para bapak-bapak memancing ke tempat pemancingan yang di dalam empangnya sudah terdapat ikannya. Namun, pada akhirnya para bapak-bapak ini tetap harus bersabar sampai ikan-ikan tersebut memakan umpan yang sudah ditaruh di kail pancingan. Belum lagi, tidak jarang ikan tersebut berhasil lolos ketika sedang berusaha untuk ditangkap.

Dengan demikian, memancing tentunya menjadi hobi atau kegiatan yang membutuhkan kesabaran. Meskipun gagal mendapatkan ikan, namun setidaknya para bapak-bapak ini dapat melatih kesabaran mereka melalui kegiatan memancing.

BACA JUGA: Kenapa Masyarakat Indonesia tidak Sabaran? – JAK 101 FM

2. Menjelaskan Arti Kerja Keras

Usaha tidak akan mengkhianati hasil rasanya menjadi salah satu esensi dari memancing. Ketika para bapak-bapak ini sudah bersabar menunggu umpannya dimakan ikan, bersabar ketika ikannya berhasil lolos dari pancingan, dan segala macam kesabaran lainnya. Pada akhirnya, hasil dari memancing tentunya adalah ikan. Buah dari kerja keras dan kesabaran yang bapak-bapak ini lakukan selama berjam-jam pada akhirnya akan membuahkan hasil. Sehingga, memancing pada dasarnya mengajarkan kita arti dari kerja keras.

Di era sekarang, cukup banyak orang yang ingin berhasil, tapi mereka malas untuk bekerja keras. Padahal, segala sesuatu yang kita dapatkan pada dasarnya membutuhkan kerja keras. Kita mau makan, kita harus membeli atau memasakan bahan makanan terlebih dahulu. Ketika kita ingin tidur, kita harus berkegiatan terlebih dahulu untuk merasa kantuk dan lelah hingga akhirnya tertidur.

Dengan demikian, memancing pada dasarnya menjadi hobi yang memberikan kita makna dari kerja keras. Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.

BACA JUGA: Tetap Kerja Walaupun Sudah Tua: Berikut 5 Alasan Mengapa Lansia di Jepang Tetap Bekerja di Usia Tua

3. Waktu untuk Merenung

Dengan bertambahnya usia, secara tidak langsung tanggung jawab dan masalah yang dihadapi akan terus bertambah. Meskipun menganggap masalah dan tanggung jawab sebagai beban merupakan hal yang keliru, namun rasanya hal tersebut cukup melelahkan. Terlebih, seorang bapak-bapak yang notabenenya merupakan kepala keluarga tentunya memikul tanggung jawab yang besar.

Dengan memancing, setidaknya para bapak-bapak ini dapat merenung sembari menunggu mendapatkan ikan. Suasana pemancingan yang tenang, gemercik air yang menenangkan, dan ambience lainnya tentunya membuat kita dapat merenung akan kehidupan dengan lebih tenang. Setidaknya, waktu menunggu ikan dapat dialihkan menjadi waktu merenung akan kehidupan.

Memancing memang sekilas terlihat sangat membosankan, namun pada akhirnya memancing cukup banyak memberikan pelajaran akan kehidupan. Jadi, untuk JAKartans yang bingung untuk mencari kegiatan di waktu senggang, memancing rasanya dapat menjadi kegiatan pilihan untuk menghabiskan waktu senggang yang dimiliki oleh JAKartans. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM