‘Tepok Bulu’ yang diadakan Vindes menjadi salah satu event sportaiment populer di Indonesia (Foto: Vindes)

Dari Duel Catur Hingga ‘Tepok Bulu’: Mengapa Sportaiment di Indonesia Sangat Populer?

Berbagai event sportaiment di Indonesia kini mulai sering kita jumpai. Sejak channel YouTube Vindes yang dimiliki dua selebiriti Indonesia, yaitu Vincent Rompies dan Dedy Desta Mahendra aktif menyelenggarakan event sportaiment di Indonesia. Kini, mulai banyak event-event sportaiment yang diadakan di Indonesia.

Sebenarnya, sebelum Vindes menggelar ajang pingpong antara Desta vs Abdel sebagai bentuk dari ajang event sportaimentevent sportaiment di Indonesia sudah lebih dahulu diadakan oleh Deddy Corbuzier. Kala itu, Indonesia sempat dihebohkan dengan sosok ‘Dewa Kipas’ yang merupakan sosok bapak-bapak biasa yang hobi bermain catur secara online. Meskipun hanya seorang bapak-bapak, ‘Dewa Kipas’ nyatanya seringkali mengalahkan para master di game catur tersebut. Sehingga, sosok ‘Dewa Kipas’ seringkali dianggap ngecheat/curang.

Advertisement

Sebagai ajang pembuktian, sosok ‘Dewa Kipas’ pun dipertemukan dengan sosok Master catur Indonesia, yaitu Irene Kharisma Sukandar. Pertandingan antara ‘Dewa Kipas melawan Master catur Indonesia Irene Kharisma Kusnandar pun diadakan dan disiarkan melalui channel miliki Dedy Corbuzier dan mendapatkan 1,5 juta penonton pada siaran langsung yang dilakukan.

Dari sini kita bisa melihat, nyatanya konsep sportaiment di Indonesia memiliki basis penonton yang besar, bahkan lebih besar dari ajang olahraga nasional. Berbagai event sportaiment yang diselenggarakan Vindes pun selalu viral.

Lantas, mengapa sportaiment sangat diminati masyarakat Indonesia?

Memperlihatkan Sisi Lain Selebriti

Salah satu daya tarik dari sportaiment adalah pesertanya. Biasanya, ajang sportaiment selalu mengundang sosok-sosok dari dunia hiburan. Mulai dari selebriti, penyanyi, komika, dan lain sebagainya.

Dengan hadirnya ajang sportaiment ini, para fans setidaknya dapat melihat sisi lain dari seorang selebriti. Jika biasanya seorang musisi hadir di panggung untuk menyanyi, melalui event sportaiment ini para fans dapat melihat aktivitas lain dari musisi idola mereka yang jarang mereka perlihatkan sebagai seorang musisi.

Dengan demikian, daya tarik inilah yang akhirnya membuat sportaiment menjadi salah satu event yang dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Karena, masyarakat dapat melihat sisi lain para selebriti yang tidak pernah mereka saksika di layar tv.

Olahraga yang Selalu Memiliki Peminat

Pada dasarnya, apapun olahraganya, pastinya ada peminatnya. Berbagai olahraga yang pernah dijadikan ajang sportaiment di Indonesia, seperti ping pong, bulu tangkis, basket, voli, catur, sepak bola, dan tinju pada dasarnya merupakan olahraga yabg biasa dimainkan oleh masyarakat Indonesia. Sehingga, selain melihat sosok selebritinya, salah satu daya tarik dari sportaiment, tentu olahraganya juga.

Dengan demikian, konsep sportaiment yang ditawarkan pun menjadi rasional. Selain ingin melihat hiburan dari para selebriti yang hadir, masyarakat pun tetap ingin menyaksikan pertandingan olahraga yang disajikan pada event sportaiment tersebut.

Pelarian dari Tontonan yang Membosankan

Tontonan di Indonesia pada dasarnya stuck di tontonan yang sama, sinetron, politik, dan lainnya. Sehingga, pada akhirnya masyrakat Indonesia membutuhkan tontonan alternatif sebagai ‘pelarian’ dari tontonan yang ‘membosankan’.

Hadirnya event sportaiment ini tentunya menjadi alternatif tontonan bagi masyarakat Indonesia. Selain menghibur, tentunya masyarakat Indonesia mendapatkan ‘pelarian’ dari tontonan yang begitu-begitu saja. Sehingga, setidaknya ada hiburan baru dan juga edukatif untuk mereka tonton.

Jadi, apa event sportaiment favorit dari JAKartans? (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM