Bukan Hanya Salto Garnacho, Berikut 5 Tendangan Salto Ikonik dalam Dunia Sepak Bola

Malam tadi, pemain muda Manchester United dan juga Argentina baru saja mencetak gol spektakuler berupa tendangan salto dalam lanjutan Liga Inggris ketika MU bertandang ke Gaddison Park kandang dari Everton. Alejandro Garnacho sukses mencetak gol tendangan salto setelah menerima umpan silang dari bek sayap Manchester United Diogo Dalot. Gol tersebut pun menjadi gol pertama MU dari kemenangan 3-0 MU atas Everton.

Gol Salto dari pemain muda Argentina tersebut pun tentunya menjadi pembahasan bagi para pecinta sepak bola. Dengan usia yang terbilang masih muda, pemain berusia 19 tahun tersebut sukses mencetak gol yang membutuhkan skill, teknik, dan juga ketepatan yang luar biasa sulit. Namun, Garnacho sukses mencetak gol salto yang tajam dan keras yang melaju ke arah pojok kanan atas dari kiper timnas Inggris, Jordan Pickford.

Advertisement

Kesuksesan Garnacho dalam mencetak gol salto pun seolah membuat para pecinta sepak bola mengingat gol-gol salto lainnya. Karena, meskipun terbilang jarang, beberapa pesepakbola besar Eropa pun nyatanya pernah mencetak gol tendangan salto juga. Siapakah pesepakbola tersebut?

BACA JUGA: 5 Pesepakbola yang Sempat menjadi Kiper Dadakan

1. Wayne Rooney

Sebelum Garnacho, ada satu legenda sekaligus pencetak gol terbanyak Manchester United yang sukses mencetak gol salto fenomenal dan juga ikonik, yaitu Wayne Rooney. Pemain yang bermain bagi MU dari musim 2004-2017 dengan total 337 gol ini sukses mencetak gol tendangan salto. Lebih kerennya, gol salto yang dicetak Rooney adalah gol yang memastikan kemenangan MU atas rival sekota mereka, yaitu Manchester City dengan skor 2-1.

Gol salto Rooney tersebut pun terus diingat oleh fans MU dan juga fans City. Menerima umpan silang dari Luis Nani, Rooney langsung melakukan tendangan salto yang melaju dengan deras ke gawang dari kiper Manchester City, yaitu Joe Hart yang kala itu pun menjadi salah satu kiper terbaik di Inggris.

2. Zlatan Ibrahimovic

Rasanya, tidak lengkap jika bicara tentang gol spektakuler tanpa sosok fenomenal dan kontroversial, Zlatan Ibrahimovic. Pemain yang baru saja mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola tersebut sukses mencetak gol tendangan salto dari luar kotak penalti. Ibra, sukses mencetak gol tendangan salto dari jarak 25 meter, jarak yang notabenenya sangat sulit untuk mencetak gol dengan tendangan salto. Tapi, apa yang tidak mungkin bagi sosok ‘Ibracadabra’?

Ibra yang memanfaatkan kesalahan Joe Hart yang keluar dari kotak penalti untuk menghalau bola, langsung mensalto bola liar yang berada di udara. Gawang yang sudah kosong pun harus terjebol dengan cantik oleh eks kapten timnas Swedia tersebut.

BACA JUGA: Bukan Hanya Selebrasi Pratama Arhan, Berikut Ini 5 Selebrasi Unik dari Pesepakbola Indonesia

3. Cristiano Ronaldo

Selanjutnya adalah saat Cristiano Ronaldo melakukan tendangan salto yang mengarah ke gawang Juventus pada pertandingan perempat final Liga Champions musim 2017/18. Pada pertandingan itu, Ronaldo, yang bermain untuk Real Madrid, mencetak dua gol, dengan yang kedua tercipta melalui sepakan salto yang sangat indah. Bahkan, para penggemar Juventus memberikan applause untuk menghormati pencapaian Ronaldo dalam mencetak gol tersebut.

Real Madrid akhirnya meraih kemenangan 3-0 dalam pertandingan tersebut yang berlangsung di markas Juventus. Meskipun Madrid kalah 1-3 di leg kedua, mereka tetap berhasil lolos ke semifinal dengan unggul agregat 4-3. Tim Madrid kemudian melangkah hingga ke final, di mana salah satu pemain Los Blancos juga berhasil mencetak gol dengan teknik salto yang memukau.

4. Gareth Bale

Selain Ronaldo, pemain Real Madrid lain yang sukses mencetak gol tendangan salto adalah Gareth Bale. Ia mencetak gol salto ke gawang Liverpool di final Liga Champions 2017/18 yang sekaligus mengantarkan Madrid juara. Bale bahkan sukses mencetak dua gol di laga tersebut, padahal ia hanya turun sebagai pemain pengganti di menit 61.

Hanya dua menit setelah masuk lapangan, Bale langsung mencetak gol salto yang sensasional. Selain indah, gol itu juga krusial karena membuat Madrid mengembalikan keunggulan menjadi 2-1 setelah sebelumnya Liverpool sempat menyamakan skor. Bale lalu mencetak gol keduanya di menit 83 yang memastikan The Reds tak bisa lagi mengejar.

BACA JUGA: 3 Alasan Mengapa Manchester United Mengalami Penurunan Kualitas

5. Widodo C. Putro

Salto ikonik dan juga yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia tentunya adalah salto dari Widodo C. Putro. Dalam laga debut timnas Indonesia di kancah Asia, Widodo C. Putro sukses memberikan statement terhadap sepak bola Asia melalui gol saltonya ketika Indonesia melawan Kuwait yang berakhir dengan skor 2-2.

Gol dari Widodo C. Putro pun sukses menjadi gol terbaik Piala Asia sepanjang masa, meskipun Indonesia harus gagal melangkah ke fase berikutnya setelah mengalami 2 kekalahan beruntun ketika berhadapan dengan Korea Selatan dan Arab Saudi. Meskipun kalah, gol salto dari Widodo C. Putro tetap dikenang sebagai salah sau gol terbaik yang pernah dicetak timnas Indonesia.

Lima gol salto tersebut merupakan gol salto yang dikenang dan juga ikonik dalam dunia sepak bola. Meskipun sulit, gol salto selalu sukses memberikan momen spektakuler yang akan terus diingat pecinta sepak bola. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM