Bukan Hanya Selebrasi Pratama Arhan, Berikut Ini 5 Selebrasi Unik dari Pesepakbola Indonesia

Dalam kemenangan Indonesia melawan Turkmenistan pada ajang kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada, Selasa (12/09/2023) kemarin malam. Terdapat salah satu momen kehangatan yang diberikan oleh pemain Indonesia pasca mencetak gol di menit-menit akhir. Dalam laga yang usai dengan skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia. 

Pratama Arhan yang menjadi pencetak gol terakhir bagi Indonesia melakukan selebrasi dengan membuka baju jerseynya yang ternyata memperlihatkan tulisan ‘Azizah’ dan ‘20-08-2023’ yang merupakan nama istri dan tanggal pernikahannya. 

Advertisement

Selebrasi Arhan tersebut tentu saja membuat masyarakat Indonesia merasakan kebucinan antar pasangan suami-istri yang baru saja menikah tersebut. Arhan sendiri bukan pertama kali melakukan selebrasi bucinnya tersebut. Sebelumnya, pada laga melawan China Taipei yang berakhir dengan skor 9-0, Arhan yang juga mencetak gol terakhir bagi Indonesia pun melakukan selebrasi bucin dengan membentuk huruf ‘A’ dengan tangannya sebagai bentuk inisial sang istri, yaitu Azizah. 

Dalam dunia sepak bola sendiri, selebrasi menjadi salah satu momen yang sangat ditunggu. Karena, selebrasi sendiri merupakan bentuk euforia atau kesenangan seorang pemain atau tim saat mencetak gol ataupun merayakan kemenangan. 

BACA JUGA: Fanatisme Menjadi Akar Permasalahan Konflik Antar Suporter di Indonesia 

Selain selebrasi bucin Pratama Arhan, nyatanya terdapat pesepakbola Indonesia lain yang memiliki selebrasi ikonik. 

  1. Cristian Gonzales

Kemampuan Cristian Gonzales dalam mencetak gol tidak dapat diragukan lagi. Dalam sepanjang karirnya merumput di sepak bola Indonesia, dirinya sudah mencetak 249 gol yang akhirnya menjadikan dirinya top skorer Liga Indonesia sepanjang masa.

Eks pemain naturalisasi Timnas Indonesia ini pun memiliki selebrasi yang ikonik. Setiap Gonzales sukses mencetak gol, dirinya selalu berselebrasi dengan mencium jari telunjuknya yang kemudian menunjuk ke atas. Selebrasi tersebut diklaim sebagai bentuk puji syukurnya kepada Tuhan atas gol yang dicetaknya. 

  1. Irfan Bachdim

Kehadiran Irfan Bachdim di dunia sepak bola Indonesia nyatanya memberikan dampak yang cukup signifikan. Skill yang mumpuni, dan belum lagi wajah tampannya sukses memikat jutaan pecinta sepak bola Indonesia. 

Pemain yang dinaturalisasi oleh Indonesia untuk persiapan AFF 2010 ini pun memiliki selebrasi yang terbilang cukup ikonik pada masanya. Selebrasi ikonik Irfan Bachdim sendiri sedikit mirip dengan selebrasi Gonzales. Irfan akan membentuk huruf ‘O’ dengan telunjuk dan jempolnya, yang kemudian jari-jari tersebut diciumnya. 

BACA JUGA: Eduardo Camavinga: Pemain Serba Bisa yang Siap Bantu Real Madrid menjadi Juara 

  1. Cristian Carrasco

Untuk pecinta sepak bola Indonesia yang baru mengikuti sepak bola Indonesia,nama Christian Carrasco memanglah terdengar cukup asing. Namun, bagi mereka yang sudah mengikuti Liga Indonesia sejak dulu, tentunya nama Christian Carrasco cukup melekat di ingatan mereka.

Bagaimana tidak, jika dahulu Pierre Emerick Aubameyang melakukan selebrasi dengan menggunakan topeng ‘Batman’ saat masih membela Borussia Dortmund, Carrasco nyatanya melakukan selebrasi menggunakan topeng sudah sejak lama. 

Cristian Carrasco dikenal dengan selebrasi ‘Spidermannya’. Bukan hanya mengenakan topeng Spiderman, Carrasco pun beberapa kali terlihat memanjat pembatas antara lapangan dengan tribun penonton sebagai bentuk selebrasi Spidermannya. 

  1. Nova Arianto

Nova Arianto, salah satu mantan bek terbaik Liga Indonesia, yang kini duduk di jajaran pelatih Timnas Indonesia dibawah asuhan Shin Tae-Young pun nyatanya memiliki selebrasi ikonik di masa-masa aktifnya. 

Bek berkepala plontos ini akan melakukan gerakan ngesot layaknya ‘suster ngesot’ usai mencetak gol ke gawang lawannya. 

BACA JUGA: Grazie Mille Gianluigi ‘Superman’ Buffon 

  1. Timnas Indonesia

Salah satu selebrasi terikonik di Indonesia tentunya lahir dari Timnas Indonesia itu sendiri. Sujud syukur nyatanya menjadi selebrasi ikonik Timnas Indonesia yang sampai sekarang terus dilakukan ketika seorang pemain mencetak gol atau ketika Timnas Indonesia merayakan kemenangan.

Selebrasi ikonik ini mulai muncul ketika Timnas U-19 Indonesia sukses menjuarai Piala AFF 2013. Hingga sekarang, selebrasi sujud syukur ini terus dilakukan Timnas Indonesia sebagai ungkapan rasa syukur mereka saat sukses mencetak gol maupun merayakan kemenangan.

5 selebrasi tersebut adalah selebrasi ikonik yang ada di dunia sepak bola Indonesia. Jadi, apa selebrasi favorit JAKartans? 

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM