5 Kebiasaan yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Berada di Transportasi Publik

Kebiasaan pada dasarnya merupakan perilaku yang selalu kita lakukan berulang-ulang hingga akhirnya kita terbiasa melakukan hal tersebut. Tentunya, dalam kehidupan sehari-hari terdapat kebiasaan baik dan tentunya ada juga kebiasaan buruk. Kebiasaan-kebiasaan ini lumrahnya kita lakukan tanpa kita sadari, sehingga kita sering kali tidak tahu jika kebiasaan tersebut nyatanya mengganggu orang.

Terlebih, semenjak lahirnya berbagai transportasi dan fasilitas publik di Jakarta maupun Indonesia. Banyak masyarakat kita yang belum sadar akan kebiasaan yang biasa mereka lakukan nyatanya mengganggu khalayak umum. Memang, tidak ada ‘aturan’ tertulis yang melarang kebiasaan-kebiasaan buruk ini. Namun, tidak bisa dipungkiri jika kebiasaan ini tentunya mengganggu orang sekitar.

Advertisement

BACA JUGA: Bosan di Kereta? Berikut 3 Aktivitas yang dapat Dilakukan 

Lantas, sebenarnya apa saja sih kebiasaan yang perlu kita perhatikan ketika berada di transportasi publik?

1. Ngobrol

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan mengobrol ketika berada di transportasi publik. Karena, pada dasarnya mengobrol merupakan hak seseorang untuk berbicara. Namun, akan menjadi masalah ketika suara yang keluar ketika kita mengobrol mengganggu orang sekitar.

Pada kenyataannya, masih banyak masyarakat Indonesia yang mengobrol dengan suara keras ketika berada di transportasi publik. Hal tersebut tentunya mengganggu kenyamanan dari para penumpang lainnya.

Dengan demikian, apabila JAKartans ingin mengobroll dengan teman, atau penumpang lain. Pastika suara obrolan tersebut cukup dapat didengar oleh JAKartans dan orang yang JAKartans ajak ngobrol ya!

2. Diam di Eskalator

Tidak ada yang salah dengan diam berdiri sembari menunggu eskalator berjalan, asalkan kita berdiri di posisi yang dianjurkan untuk berdiam diri, yaitu di sisi kiri.

Sering kali, banyak masyarakat yang nyatanya justru malah diam ketika berada di sisikanan eskalator. Padahal, sisi kanan pada eskalator diperuntukan untuk orang yang ingin berjalan atau tengah terburu-buru. Apabila JAKartans sedang santai dan ingin berdiam diri di eskalator, JAKartans dapat berdiri di sisi kiri eskalator ya! Karena, sisi kiri memang dipentukan untuk ‘bersantai’ atau berdiam diri.

3. Membawa Barang Overload

Hadirnya transportasi publik memang memudahkan semua kalangan, termasuk pedagang. Namun, tidak bisa dipungkiri para pedagang sering kali membawa barang yang masuk ke tahap overload sehingga mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

BACA JUGA: Mengenal 4 Transportasi Publik Andalan Warga Jakarta dan Sekitarnya 

Jadi, pastikan barang bawaan JAKartans sesuai dengan yang dianjurkan transportasi publik yang JAKartans yang naiki ya! Jangan sampai barang bawaan JAKartans malah mengganggu kenyamanan penumpang lain.

4. Makan dan Minum

Salah satu hal yang tidak jarang dijumpai ketika kita berada di transportasi publik adalah orang-orang yang suka ‘colong-colong’ memakan atau minum di saat berada di transportasi publik. Padahal, dalam aturan tertulis yang ada, para penumpang dilarang untuk memakan atau minum ketika berada di transportasi publik. Karena, bisa saja karena kurang hati-hari, makanan atau minuman tersebut terjatuh dan mengotori layanan transportasi publik tersebut.

Jadi, pastikan sebelum menaiki transportasi publik, perut JAKartans terisi ya! Agar tidak mengganggu penumpang lain dan juga sebagai bentuk merawat dan menjaga kebersihan dari transportasi publik yang JAKartans naiki.

5. Duduk di Bangku Prioritas

Terakhir, jika JAKartans bukan sosok yang harus diprioritaskan seperti disabilitas, lansia, wanita hamil, atau ibu dengan anak. Pastika JAKartans tidak duduk di bangku prioritas. Karena, pada dasarnya bangku tersebut memang diprioritaskan untuk orang yang telah disebutkan sebelumnya.

BACA JUGA: Siapa yang Berhak Menggunakan Bangku dan Lift Prioritas di Transportasi Publik?

Kemudian, jika JAKartans duduk di bangku non prioritas namun saat itu datang penumpang prioritas yang kehabisan bangku prioritas.. JAKartans harus segera berdiri dan menawarkan tempat duduk untuk mereka ya!

Kebiasaan-kebiasaan di atas adalah kebiasaan yang rasanya perlu JAKartans perhatikan ketika berada di transportasi publik. Jangan sampai kebiasaan-kebiasaan di atas JAKartans lakukan dan akhirnya mengganggu kenyamanan penumpang lainnya ya! (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM