Kesulitan untuk Menabung? Yuk Kenali 10 Jenis Tabungan Berdasarkan Tujuannya!

JAKartans, mungkin ketika kita kecil dulu menabung menjadi salah satu kegiatan yang diharuskan oleh orang tua kita. Saat itu, salah satu alternatif cara untuk menabung adalah di celengan berbentuk ayam atau bentuk lainnya, atau juga menabung di bank bernama ‘orang tua’. 

Tapi JAKartans, ketika sudah beranjak dewasa, rasanya menabung tidak menjadi sesederhana ketika kita kecil dahulu. Jika dahulu kita menabung hanya untuk menyimpan sisa uang jajan atau THR ketika lebaran. Kini, ketika beranjak dewasa dan sudah memiliki penghasilan, menabung menabung kini memiliki banyak bentuk dan tujuannya.

Advertisement

Nah JAKartans, melalui artikel ini penulis akan membagikan berbagai jenis tabungan yang dapat JAKartans lakukan. Jenis-jenis menabung ini dibedakan dari segi cara, dan juga juga tujuan dari tabungan tersebut. Jadi, apa sajakah jenis-jenis tabungan tersebut?

BACA JUGA: Selain Gaya Hidup, Berikut 3 Alasan Mengapa Anak Muda Indonesia Kesulitan untuk Membeli Rumah 

  1. Tabungan Konvensional

Dari banyaknya jenis tabungan di Indonesia, tabungan konvensional bisa dibilang hampir dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Tabungan konvensional merupakan jenis tabungan yang paling sering digunakan oleh nasabah, karena tujuan dan fungsinya adalah sebagai sarana untuk menyimpan uang. 

  1. Tabungan Investasi

Selain tabungan konvensional, ada juga tabungan yang memang ditujukan untuk membuat tabungan kita ‘berjalan’, tabungan ini disebut tabungan investasi.Tabungan investasi merupakan sebuah aktivitas finansial yang bertujuan untuk menyimpan dana untuk mempermudah proses investasi.

  1. Tabungan Giro

Tabungan bukan hanya dilakukan oleh perorangan. Salah satu tabungan yang digunakan juga oleh nasabah bank di Indonesia adalah tabungan giro. Umumnya, tabungan giro memiliki nasabah berupa perusahaan. Tujuan dibuatnya tabungan giro adalah untuk mempermudah transaksi berupa bilyet dan juga cek. 

  1. Tabungan Berjangka 

Tabungan berjangka pada dasarnya memiliki kesamaan dengan tabungan konvensional. Namun, yang menjadi pembeda antara tabungan berjangka dengan tabungan konvensional adalah jangka waktu pengambilan waktu yang ada pada tabungan berjangka. 

BACA JUGA: 5 Aplikasi Investasi yang Cocok untuk Pemula! 

  1. Tabungan Valuta Asing

Sesuai dengan namanya, tabungan valuta asing merupakan jenis tabungan yang menargetkan nasabah dengan keperluan transaksi yang memiliki hubungan dengan mata uang asing. 

  1. Tabungan Bisnis

Tabungan bisnis adalah jenis tabungan yang selanjutnya bisa dipertimbangkan. Secara umum, tabungan ini ditujukan untuk kebutuhan bisnis, sehingga biasanya memiliki persyaratan setoran minimum yang lebih tinggi daripada biasanya. 

Namun, tidak mengherankan bahwa tabungan bisnis juga menawarkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak jarang tabungan bisnis digunakan untuk transaksi dengan jumlah yang signifikan. 

Dengan nama yang melekat, tabungan ini sangat sesuai bagi para pengusaha dalam mengelola keuangan perusahaan yang memiliki aset dalam jumlah yang cukup besar.

  1. Tabungan Pegawai

Kemudian, ada juga tabungan karyawan. Secara umum, jenis tabungan ini mirip dengan tabungan konvensional. 

Namun, tabungan karyawan ini khususnya ditujukan untuk para pekerja yang bekerja di perusahaan yang menjalin kerjasama dengan bank tertentu.

  1. Tabungan Mahasiswa

Tabungan pelajar juga termasuk dalam kategori jenis tabungan yang menguntungkan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, tabungan ini khusus disediakan bagi pelajar yang berkeinginan untuk menabung.

Secara umum, bank menawarkan sejumlah fasilitas yang mempermudah para pelajar dalam menggunakan tabungan ini, termasuk diantaranya pembebasan biaya administrasi dan persyaratan setoran awal yang rendah.

BACA JUGA: Meme ‘Pinjam Dulu Seratus’: Bukti Nyata Masyarakat Indonesia Suka Ngutang 

  1. Tabungan Anak

Tidak hanya untuk mahasiswa, ada juga beragam jenis tabungan yang dirancang secara khusus untuk anak-anak. Setiap orang tua tentu mengharapkan kebutuhan anak-anak mereka terpenuhi, termasuk dalam hal pendidikan yang berkualitas. Tabungan anak memungkinkan orang tua untuk merencanakan dana yang diperlukan untuk kebutuhan anak sejak dini.

  1. Tabungan Haji

Jenis terakhir dari berbagai macam tabungan di Indonesia adalah tabungan haji. Sejalan dengan namanya, tujuan utama tabungan ini adalah untuk memastikan bahwa perjalanan haji berjalan lancar tanpa masalah keuangan yang mungkin timbul. Pasalnya, persyaratan untuk tabungan haji biasanya ketat, yang mendorong nasabah untuk lebih disiplin dalam membayar dan memprioritaskan tabungan ini.

Nah JAKartans, 10 jenis tabungan di atas adalah jenis-jenis tabungan yang dapat JAKartans pilih sesuai dengan tujuan dan alasan menabung. Jadi, menabung bukan serta merta menyimpan uang saja ya! Namun, terdapat tujuan dan juga alasan agar dapat disesuaikan dengan jenis tabungan yang ingin JAKartans lakukan.(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM