Fanny Soegi Rilis Single Baru Berjudul ‘Dharma’!

Setelah resmi diperkenalkan sebagai bagian dari VtmnD, record label dari Vinder. Kini Fanny Soegi telah resmi merilis single solo perdananya. Setelah sebelumnya sempat membagikan bocoran lagu terbarunya melalui akun X pribadinya. Kini, Fanny Soegi telah merilis lagu terbarunya yang berjudul ‘Dharma’.

Kata ‘Dharma’ sendiri sebenarnya sudah sempat diperlihatkan oleh Fanny melalui akun X pribadinya, bersamaan dengan cuitan mengenai dirinya yang bergabung dengan VtmnD. Dalam teaser yang dibagikan oleh Fanny, terlihat tulisan ‘Dharma’ di awal video yang benar saja menjadi judul dari single terbaru dari Fanny Soegi.

Advertisement

BACA JUGA: Berpisah dengan Soegi Bornean: Fanny Soegiarto akan Tetap Bawakan Asmalibrasi

‘Dharma’

Fanny Soegi memang dikenal sebagai musisi yang suka menggunakan bahasa yang baku atau bahasa-bahasa yang berasal dari bahasa Sansekerta. ‘Dharma’ sendiri dalam bahasa Sansekerta berarti menahan atau menopang. Di sisi lain, ‘Dharma’ dalam KBBI diartikan sebagai kewajiban, aturan dan kebenaran. Selain itu, konsep dharma pun erat hubungannya dengan ajaran agama Hindu.

Fanny, melalui kolom deskripsi music videos yang diunggahnya di YouTube menjelaskan, bahwa lagu ‘Dharma’ ini merupakan lagu yang berusaha untuk mengikat kembali hubungan tentang cinta, ruang, dan fiksi hidup sebagai monumen akan kesedihan pada 2023 silam. Lagu ‘Dharma’ ini pada dasarnya menjadi salah satu cara dirinya untuk melangitkan doa dan membumikan dharma.

Dengan menggunakan rapalan ‘Dharma’ yang berbunyi, “Membaik keburukan yang lalu biar layu, penaka janji terpuji dharma membumi”, Fanny berusaha untuk mencoba menerima apa yang terjadi di masa lalunya dengan berusaha untuk tertawa, sesuai pada bagian liriknya yang beberapa kali menyebut kata ‘tertawa’.

Dalam lagu ini, setidaknya Fanny berusaha untuk ikhlas dengan apa yang terjadi dengan apa yang terjadi dengan masa lalunya. Lirik, ‘paksakan untuk tertawa’ dan ‘rayakan untuk tertawa’ setidaknya menjadi bagian yang menjelaskan keikhlasan Fanny untuk menghadapi masa-masa di tahun 2023-nya.

BACA JUGA: Fanny Soegi Rilis Lagu Baru Bersama Record Label Milik Vindes

Kembali dengan Musik Folk

Sejak di Soegi Bornean sebenarnya Fanny sudah sering menyanyi lagu-lagu folk. Kini, ‘Dharma’ pun kembali dibawakan dengan nuansa folk. Sehingga, ciri lagu yang adem dan menenangkan lagi-lagi terasa di single ‘Dharma’ ini, meskipun makna dalam lagu ini cukup mendalam.

Fanny sendiri pun ikut terlibat untuk membuat komposisi lagu ‘Dharma’ bersama dengan Dhimas Tirta Franata. Selain itu, lagu ‘Dharma’ ini pun diproduseri oleh Erwin Hadinata.

MV Dharma

(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM