Jalin Kerja Sama dengan B.League, IBL Berharap Mampu Membawa Basket Indonesia ke Taraf Internasional

Indonesian Basketball League (IBL) kembali mencatat sejarah dengan menjalin kerjasama strategis melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan B. League, liga basket tertinggi di Jepang. Penandatanganan MoU yang dilakukan pada Selasa (5/12) di 100, Atlet Century, Jakarta, membawa dampak positif bagi perkembangan basket Tanah Air.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dan Chariman of BLG, Shinji Shimada, menjadi perwakilan yang resmi menandatangani perjanjian tersebut. Salah satu poin penting dalam MoU adalah pengelolaan pertandingan home and away, yang rencananya akan diterapkan IBL pada musim 2024.

Advertisement

B. League, yang telah sukses menjalankan format ini selama lebih dari 7 tahun, membawa pengalaman berharga dalam mengelola liga basket profesional. Tingkat popularitas olahraga bolabasket di Jepang, yang memiliki kemiripan dengan Indonesia, menjadi alasan kuat bagi IBL untuk menjalin kerjasama ini.

“Dengan pengalaman yang sudah dimiliki, kami percaya betapa profesionalnya B. League dalam mengelola sebuah liga dan pentingnya memajukan industri dengan model bisnis yang tepat,” ujar Junas Miradiarsyah.

BACA JUGA: FIBA World Cup 2023 Lebih dari Sekadar Pertandingan Olahraga

Selain itu, B. League juga telah membuktikan keberhasilannya dalam membantu setiap klub membangun fan base dan meningkatkan potensi perolehan pendapatan. Pertukaran pengetahuan ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas IBL ke depan.

Pecinta basket Indonesia tidak asing dengan B. League, terutama setelah dua pemain tim nasional Indonesia, Abraham Damar Grahita dan Brandon Van Dorn Jawato, merasakan ketatnya persaingan basket di Negeri Sakura. MoU antara IBL dan B. League sendiri didasarkan pada tiga pilar kesepakatan: meningkatkan profesionalitas liga dan manajemen klub, meningkatkan minat usia muda terhadap basket, serta kerjasama promosi antara Jepang dan Indonesia melalui basket.

“Kami sangat percaya dengan potensi yang dimiliki IBL dalam mengelola basket di Indonesia. Sebuah kehormatan bagi kami bisa menjalin kerjasama dengan kompetisi basket yang tengah berkembang pesat ini,” ungkap Chariman of BLG, Shinji Shimada. “Di musim depan, IBL akan menyajikan format baru yang bisa meningkatkan antusiasme penggemar. Kami berharap, industri basket di negeri ini bisa mencapai puncaknya.”

Dengan kerjasama ini, IBL dan B. League membuka pintu menuju perkembangan lebih lanjut bagi basket Indonesia. Semoga kolaborasi ini dapat membawa prestasi gemilang dan memperkuat posisi Indonesia dalam kancah basket internasional. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM