Indonesian Basketball League (IBL) Merajut Kemitraan Baru dengan B. League Jepang

Sebagai langkah maju dalam perkembangan dunia basket Indonesia, Indonesian Basketball League (IBL) kembali mencatat prestasi dengan menjalin kemitraan strategis melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan B. League, liga basket tertinggi di Jepang.

Penandatanganan MoU yang dilakukan pada Selasa (5/12) di 100, Atlet Century, Jakarta, melibatkan Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dan Chariman of BLG, Shinji Shimada. Kesepakatan ini membawa angin segar bagi dunia basket Tanah Air dan menandai langkah penting dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitas liga.

Advertisement

MoU tersebut mencakup beberapa aspek kunci, salah satunya adalah pengelolaan pertandingan home and away yang akan diterapkan oleh IBL pada musim 2024. Format ini telah berhasil diterapkan oleh B. League selama lebih dari 7 tahun, menjadikannya salah satu liga paling sukses di Asia.

BACA JUGA: Jalin Kerja Sama dengan B.League, IBL Berharap Mampu Membawa Basket Indonesia ke Taraf Internasional

Junas Miradiarsyah, Direktur Utama IBL, menyatakan kepercayaannya terhadap profesionalisme B. League dalam mengelola liga basket dan pentingnya untuk memajukan industri dengan model bisnis yang tepat. “B. League terbukti berhasil membantu setiap klub membangun basis penggemar mereka sendiri dan potensi pendapatan. Pertukaran pengetahuan ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas IBL di masa depan,” ujarnya.

B. League bukanlah nama asing bagi pecinta basket Indonesia, terutama setelah dua pemain tim nasional, Abraham Damar Grahita dan Brandon Van Dorn Jawato, merasakan persaingan ketat di Negeri Sakura. MoU antara IBL dan B. League memiliki tiga pilar kesepakatan, yaitu peningkatan profesionalitas liga dan manajemen klub, peningkatan minat usia muda, dan kerjasama promosi antara Jepang dan Indonesia melalui olahraga basket.

Shinji Shimada, Chariman of BLG, menyatakan keyakinannya terhadap potensi IBL dalam mengelola basket di Indonesia. “Sebuah kehormatan bagi kami bisa menjalin kerjasama dengan kompetisi basket yang tengah berkembang pesat ini,” ujarnya. “Kami berharap, dengan format baru yang akan diperkenalkan oleh IBL pada musim depan, antusiasme penggemar basket dapat meningkat, dan industri basket di Indonesia mencapai puncaknya.” (*)

Dengan adanya kemitraan ini, IBL diharapkan dapat menarik perhatian lebih banyak pencinta basket, meningkatkan kualitas permainan, dan memberikan peluang bagi para pemain muda untuk berkembang dalam dunia basket internasional. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM