PSSI Pastikan VAR Dipakai sejak Fase Grup Piala Dunia U-17

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga memastikan VAR Piala Dunia U-17 2023 digunakan sejak fase grup sampai partai final.

Meskipun begitu, Arya belum bisa menjelaskan detail soal pemasangan alat tersebut pada saat ini. Namun yang pasti, dia mengungkapkan VAR akan dipakai mulai dari fase grup hingga partai final dengan melibatkan wasit dari luar negeri.

Advertisement

“Iya. Nanti ada wasit dari Indonesia tiga orang sebagai pendukung. Intinya kita belajar lah,” kata Arya di Jakarta, Senin (06/11/2023).

FIFA telah mengumumkan 36 wasit yang akan memimpin pertandingan di Piala Dunia U-17 dengan 18 wasit, 36 asisten wasit, dan juga 18 wasit VAR. Terdapat tiga wasit Indonesia yang masuk jajaran wasit pembantu dalam ajang tersebut, yakni Aprisman Aranda, Thoriq Alkatiri, dan Yuda Nurcahya.

BACA JUGA: Pesepakbola Indonesia Hanya Menjadi Agenda Marketing Klub Luar Saja, Emang Iya? 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo sebelumnya juga memastikan penggunaan VAR di Piala Dunia U-17.

Dito mengungkapkan bahwa teknologi tersebut kemungkinan baru akan dipasang menjelang pertandingan dan seluruh alatnya dibawa FIFA.

“Kalo VAR itu teknologinya FIFA yang bawa. Nampaknya itu akan dihadirkan menjelang pertandingan, tapi nanti saya akan cross check kembali,” ujar Dito saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marvel), Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).  

Alhasil teknologi VAR bakal dipakai di empat stadion lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

“Tidak hanya sebagai alat bantu wasit, VAR merupakan langkah maju kita dalam teknologi sepak bola,” ujar Arya.

Piala Dunia U-17 akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. Timnas Indonesia akan berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo pada Jumat (10/11/2023) mendatang dengan melawan Ekuador. (*/)

(LZ) 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM