Fakta-Fakta Terkait Perusahaan Pialang: Diakui di Dunia Keuangan, Namun Dianggap sebagai Permasalahan

Istilah perusahaan pialang rasanya sudah menjadi istilah yang sering didengar oleh jobseeker. Istilah perusahaan pialang sendiri di telinga para jobseeker terbilang negatif. Karena, banyak dari perusahaan pialang terjerat kasus penipuan. Mulai dari skema ponzi, investasi bodong, dan lain sebagainya.

Padahal, istilah perusahaan pialang sendiri awalnya tidak berkonotasi negatif loh, JAKartans! 

Advertisement

BACA JUGA: Sempat Viral, Mengapa Kini NFT  Ditinggalkan?

Apa Sih Perusahaan Pialang Itu? 

Sebenarnya, dalam dunia keuangan yang kompleks, istilah pialang merupakan elemen penting yang memainkan peran krusial dalam memfasilitasi perdagangan dan investasi. Biasanya, pialang akan bertindak menjadi perantara bagi investor dan pasar finansial. Mereka akan memberikan berbagai bantuan yang memang diperlukan dalam proses transaksi dengan efisien dan juga aman. 

Pialang adalah entitas individu atau perusahaan yang berperan sebagai penghubung antara pembeli dan penjual dalam proses transaksi pembelian dan penjualan instrumen keuangan seperti saham, obligasi, komoditas, atau mata uang. Mereka memiliki peran vital dalam ekosistem pasar keuangan dengan memberikan investor akses ke beragam pasar, memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi.

Pialang dapat beroperasi secara independen atau sebagai bagian dari entitas pialang yang lebih besar. Biasanya, mereka diberi kompensasi dalam bentuk komisi atau biaya transaksi. Pialang juga tunduk pada regulasi ketat dan harus memiliki lisensi untuk melindungi investor dan menjaga integritas pasar keuangan.

Mereka dapat berkecimpung di berbagai jenis pasar keuangan, termasuk pasar saham, pasar valuta asing (forex), pasar komoditas, dan pasar obligasi. Beberapa pialang juga menyediakan layanan online, memungkinkan investor untuk bertransaksi melalui platform elektronik.

Kegiatan pialang diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), yang bertanggung jawab kepada Menteri Perdagangan. Sebagai nilai tambah, pialang investasi harus memiliki bukti tanda kelulusan ujian Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) dan sertifikasi Certified Financial Analyst (CFA).

Secara umum, pialang memiliki peran yang sangat penting dalam membantu investor mengelola dan mengoptimalkan portofolio investasi mereka, serta memberikan kemudahan akses ke pasar keuangan.

BACA JUGA: Serupa tapi tidak Sama, Berikut Perbedaan dari Intern, Freelance, dan Part-Time yang Wajib Kamu Ketahui! 

Kenapa Banyak Jobseeker yang Menghindari Perusahaan Pialang?

Dari definisi dan tugas, sebenarnya pialang sendiri memegang peran cukup sentral dalam dunia keuangan. Namun, lagi-lagi keberadaan oknum seringkali merubah citra suatu hal yang awalnya baik menjadi buruk. 

Biasanya, perusahaan pialang akan membuka perekrutan untuk para jobseeker dengan persyaratan seminimal mungkin. Namun, syarat yang minimal ini akan didukung dengan gaji yang besar dan juga fasilitas mewah. Makanya, tidak jarang banyak dari jobseeker yang terjerumus dengan jebakan perusahaan pialang.

Berbagai modus dilakukan oleh perusahaan pialang. Jobseeker yang sudah datang ke lokasi interview bukannya diinterview justru langsung diberikan pelatihan mengenai kesuksesan para pendahulu mereka. 

Setelah para jobseeker ini ‘terhipnotis’, mereka akan langsung mendapatkan tugas berupa mencari klien’ yang mau trading, invest, atau bergabung dengan mereka sambil memberikan uang yang nominalnya dapat mencapai ratusan hingga milyaran.

Dengan menargetkan masyarakat awam, tentunya korban perusahaan pialang ini cukup banyak. Banyak dari korban yang menggunakan uang pensiun, tabungan, dan lain sebagainya untuk ‘bergabung’ menjadi ‘klien’ dari perusahaan pialang. Padahal, kalau kita pikir-pikir, rasanya tidak masuk akal untuk menginvestasikan uang kita ke orang yang tidak kenal ataupun perusahaan yang bahkan tidak terdaftar. Namun, lagi-lagi, karena targetnya masyarakat awam, hasilnya tentunya banyak korban yang tertipu oleh perusahaan pialang. 

BACA JUGA: 3 Dampak Apabila Kita Berbohong di CV Ketika Melamar Pekerjaan 

Apakah Perusahaan Pialang Berbahaya

Keberadaan pialang sebagai jembatan investasi antara individu dengan perusahaan sebenarnya hal yang lumrah dalam dunia keuangan. Namun, keberadaan oknum inilah yang akhirnya membuat citra pialang menjadi buruk. 

Dengan demikian, kita perlu hati-hati saat meninjau lowongan pekerjaan yang sering muncul di berbagai situs pencari kerja, terutama yang terkait dengan perusahaan pialang. Adakah perusahaan pialang yang sah dan beroperasi dengan profesional? Ya, ada. Tetapi untuk menemukannya, JAKartans harus sangat cermat dan melakukan riset online, termasuk memeriksa ulasan dari individu yang pernah berhubungan dengan perusahaan tersebut. Cara terbaik untuk menyaringnya adalah dengan mengevaluasi kualifikasi dan proses rekrutmen yang ditawarkan. Oleh karena itu, bijaklah dalam mengambil keputusan sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM