Diresmikan Hari Ini, Berikut 6 Fakta Menarik dari KCJB ‘Whoosh’ yang Wajib JAKartans ketahui!

JAKartans! Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan operasional kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang kini memiliki nama ‘Whoosh’ di Stasiun Halim Jakarta, Senin (02/10/2023).

Hal ini disampaikan oleh Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa yang memastikan, jadwal peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung ‘Whoosh’ tidak mengalami perubahan.

Advertisement

“Kereta cepat ‘Whoosh’ diresmikan pada 2 Oktober 2023” kata Eva, Minggu (01/10/2023).

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan bahwa peresmian akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga sudah menerbitkan izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada Selasa (26/09/2023).

BACA JUGA: Arti Nama ‘Whoosh’ Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bikinn Kaget, Ini Artinya! 

Presiden Jokowi sendiri sudah menjajal beberapa kali kereta cepat Jakarta-Bandung dan terakhir Kepala negara juga membawa serta para pegiat seni dan influencers juga menjajal Whoosh.

Selain Presiden Jokowi, mungkin beberapa dari JAKartans sudah sempat menaiki KCJB ‘Whoosh’ saat tahap uji coba kemarin. Tapi, JAKartans sendiri sudah mengetahui fakta-fakta menarik dari KCJB ‘Whoosh’ ini?

Fakta Menarik Mengenai KCJB ‘Whoosh’:

1.Panjang Trase 142,3 Km

Kereta Cepat Jakarta-Bandung menggunakan generasi terbaru CR400AF yang memiliki panjang trase 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung. Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki empat stasiun pemberhentian Halim, Karawang, Padalarang, Tegalluar. Setiap stasiun akan terintegrasi dengan moda transportasi massal di setiap wilayah.

  1. Jakarta-Bandung Hanya 45 Menit

Penamaan ‘Whoosh’ sepertinya bukan jadi sekadar nama saja. Karena, dengan adanya KCB ‘Whoosh’ ini, Jakarta-Bandung yang umumnya membutuhkan waktu 1 hingga  2 jam, kini ditempuh dalam waktu 45 menit saja. Lebih rinciannya, Halim – Padalarang yang mencapai 125 kilometer dapat ditempuh dalam waktu hanya 25 menit saja. Dilanjutkan dengan kereta feeder menuju pusat kota Bandung yang memakan waktu 20 menit.

BACA JUGA: Kenapa Kita Harus Mencoba KCIC Jakarta-Bandung?

  1. Melaju dengan kecepatan 350 Km

Salah satu alasan mengapa Jakarta – Bandung dapat ditempuh dalam kurun waktu hanya 45 menit saja adalah kecepatan KCJB ‘Whoosh’ yang mencapai 350 km/jam. Meskipun bergerak dengan sangat cepat, kecepatan ini nyatanya tidak membuat guncangan yang mengganggu para penumpang selama  perjalanan.

  1. Kerjasama dengan China

Proyek KCJB ini merupakan kerjasama antara Indonesia dengan China. Hal ini disampaikan oleh Presiden Jokowi yang menyebutkan bahwa KCJB bukanlah bantuan dari China, melainkan kerjasama antara Indonesia dengan China. 

Selain menjadi bentuk kerja sama antara Indonesia dengan China, KCJB ‘Whoosh’ menjadi kereta cepat pertama yang ada di Asia Tenggara.

  1. Harga Tiket kereta Cepat Jakarta- Bandung

Menteri Koordinator Bidang Kementerian dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung masih gratis pada saat peresmian. Namun, Luhut belum bisa memastikan sampai kapan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung itu akan digratiskan.

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI (Persero) John Robertho mengungkapkan saat ini belum diputuskan berapa besaran harga tiket KCJB. Hanya saja, dia sudah memberikan usulan untuk harga tiket kereta cepat Jakarta- Bandung itu dengan harga tiket yang akan berlaku pada Oktober 2023 diusulkan sebesar Rp 300 ribu untuk kelas ekonomi premium tanpa termasuk biaya LRT dan KA Feeder. Kemudian, diusulkan juga Rp 350 ribu untuk tiket bundling dengan LRT dan KA Feeder.

“Di sekitar Rp 300-350 ribu. Itu kelas ekonomi. Kalau mau bundling di Rp 350 ribu,” Kata John Robertho. 

  1. Cara pesan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung

Direktur Keselamatan PT KAI Sandry Pasambuna mengatakan, masyarakat nantinya dapat memesan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung secara Online dengan Cara berikut ini ; 

  • Unduh aplikasi Access by KAI di Play Store bagi pengguna Android dan Apps Store bagi pengguna IOS.
  • Selanjutnya lakukan login dengan memasukkan email dan password. Jika belum memiliki akun maka dapat melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.
  • Kemudian masuk dengan akun yang sudah dimiliki dan pilih menu KCIC lalu lakukan pemesanan. 

Dengan adanya fakta-fakta tersebut, sudahkah JAKartans tertarik untuk menaiki KCJB ‘Whoosh’ ini?

(*/)

(LZ/RRY) 

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM