4 Rekomendasi Outfit dengan Menggunakan Kain Tradisional

JAKartans, sudahkah kalian mengenal dengan tren fashion berkain? Berkain pada dasarnya merupakan sebuah gerakan yang dilakukan untuk membiasakan anak muda maupun masyarakat Indonesia untuk menggunakan kain tradisional, seperti batik dan tenun pada kegiatan sehari-hari.

Akan tetapi, tidak jarang anak muda Indonesia merasa enggan mengenakan kain tradisional karena dianggap terlalu ramai, kuno, dan tidak stylish. Padahal, pada kenyataannya, tidak seperti itu loh. 

Advertisement

Melalui tren berkain ini, JAKartans dapat mengkombinasikan kain tradisional dengan berbagai atribut fashion yang modern. Karena, pada dasarnya tren berkain ini memang mengkombinasikan kain tradisional dengan hal-hal modern yang seringkali digunakan  anak muda.

BACA JUGA: Salahkah Menggunakan Barang Branded Sebagai Penunjang Pekerjaan?

Nah JAKartans, berikut ini rekomendasi style untuk JAKartans apabila ingin ikut serta di tren berkain ini:

  1. Kenakan Kain Tradisional sebagai Bawahan

    Keluarga Dwi Sasongko menggunakan kain tradisional sebagai bawahan (Foto:
    Remaja Nusantara (@remajanusantara_)

Seperti yang mungkin JAKartans ketahui, kain tradisional Indonesia memiliki fleksibilitas yang cukup besar.

JAKartans dapat menggunakannya dalam berbagai gaya pakaian. Misalnya, JAKartans bisa menggunakan kain tradisional tersebut sebagai bagian bawah pakaian, termasuk rok, rok lilit, sarung, dan celana

Dengan menggunakan kain tradisional ini sebagai bagian bawah pakaian, JAKartans dapat menciptakan gaya pakaian yang sesuai dengan tren saat ini dengan mengkombinasikannya dengan blazer, blus, atau kemeja polos untuk tampilan yang lebih formal.

Namun, jika JAKartans ingin tampil lebih santai, JAKartans juga dapat mencocokkan kain tradisional tersebut dengan kaos, kaos berkerah tinggi (turtleneck), kemeja, crop top, atau cardigan untuk menciptakan gaya yang lebih santai.

Bagi pria, kain batik juga bisa digunakan seperti sarung, dan JAKartans bisa menggabungkannya dengan kaos, jaket, serta sepatu sneakers atau loafers untuk tampilan yang kasual.

  1. Kenakan kain Tradisional sebagai Atasan

    Penggunaan batik sebagai atasan (Foto: Remaja Nusantara (@remajanusantara_)

Sebagai pilihan untuk bagian atas, kain tradisional dapat diubah menjadi berbagai jenis pakaian atasan atau outerwear yang modis.

JAKartans dapat menciptakan berbagai macam pakaian atasan seperti tanktop, kemben, outerwear seperti vest atau rompi, jaket, kimono, blazer, waistcoat, dan banyak lagi lainnya. Juga, JAKartans dapat memilih bustier, halter top, dan sejenisnya.

Untuk melengkapi penampilan, JAKartans dapat menggabungkan pakaian tersebut dengan rok, celana kulot, celana jeans, tas mini, dan aksesori lainnya.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Outfit untuk Pergi Ngantor 

  1. Jadikan Kain Tradisional sebagai Dress

    Penggunaan kain tradisional sebagai dress (Foto: Remaja Nusantara (@remajanusantara_) 

Jika JAKartans ingin tampil dengan gaya yang lebih feminin, baik dalam suasana formal atau santai, JAKartans dapat mencoba tren menggunakan kain tradisional dengan mengubahnya menjadi gaun cantik yang sesuai dengan mode saat ini.

Misalnya, JAKartans dapat mengubah kain tersebut menjadi gaun one-shoulder, strapless dress, dan berbagai gaya lainnya.

Untuk melengkapi penampilan, JAKartans dapat memadupadankannya dengan lapisan tambahan seperti kardigan atau blazer.

  1. Jadikan Kain Tradisional sebagai Jumpsuit

    Batik sebagai Jumpsuit (Foto: Kamayan Batik (@kamayanbatik) 

Untuk tampil dengan gaya yang lebih modis, JAKartans juga dapat mengenakan jumpsuit yang terbuat dari kain tradisional. Jumpsuit ini merupakan jenis pakaian yang menggabungkan atasan dan bawahan menjadi satu bagian.

Jumpsuit tersebut bisa JAKartans kenakan dalam berbagai suasana, baik yang santai maupun formal, tergantung pada model dan motifnya.

Saat mengikuti tren berkain, JAKartans memiliki dua pilihan. Yang pertama adalah menggunakan kain tradisional yang telah dimodifikasi menjadi pakaian modern dengan cara yang sederhana. Namun, jika JAKartans ingin berkreasi dengan lebih detail, JAKartans dapat menggunakan kain tradisional dalam bentuk aslinya.

Kemudian, JAKartans dapat membentuk kain tersebut sesuai keinginan, seperti menggunakannya sebagai outer panjang, halter top, dress, atau bahkan jumpsuit. Kreasi seperti ini biasanya memerlukan peniti atau pengikatan khusus untuk menjaga bentuknya.(*/)

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM