Kenapa Kita Harus Mencoba KCIC Jakarta-Bandung?

Hadirnya KCIC Jakarta-Bandung sedikit menimbulkan polemik pada masyarakat Indonesia. Meskipun pada tahap uji coba KCIC Jakarta-Bandung masih gratis. Di tahap peresmian nanti, KCIC Jakarta-Bandung akan memiliki tarif normal termurah seharga Rp250.000.- belum termasuk harga tiket feeder dari Padalarang ke Kota Bandung yang mana akan mencapai harga Rp300.000.-

Dengan adanya harga tersebut, banyak masyarakat yang menilai harga tersebut terlalu mahal. Tetapi, jika berfokus pada efisiensi waktu, rasanya KCIC Jakarta-Bandung menawarkan harga yang sesuai jika dibandingkan dengan bepergian Jakarta-Bandung dengan menggunakan kendaraan pribadi. 

Advertisement

BACA JUGA: Utamakan Keselamatan dan kenyamanan Penumpang, KCIC Latih Petugas dalam Berbagai Kondisi  

Ongkos Transport Jakarta-Bandung dengan Kendaraan Pribadi

Umumnya, waktu untuk jarak tempuh Jakarta-Bandung dapat mencapai 1 sampai 2 jam apabila lancar tanpa ada macet atau kendala. Jika dibandingkan dengan dengan waktu jarak tempuh KCIC Jakarta-Bandung, KCIC Jakarta-Bandung hanya membutuhkan waktu selama 45 menit.

“Tapi, naik mobil lebih hemat dibanding kereta cepat!”

Yakin? Asumsikan kita menggunakan harga bundle KCIC Jakarta-Bandung yang mencapai harga Rp300.000. Pada dasarnya, jika kita menggunakan kendaraan pribadi, harga yang akan kita keluarkan nyatanya hampir sama dengan menggunakan KCIC Jakarta-Bandung.

Asumsikan bensin kendaraan untuk sekali perjalanan ke Bandung seharga Rp200.000. Kemudian, untuk tol setidaknya kita mengeluarkan Rp100.000 untuk sekali perjalanan. Dengan harga yang sama, nyatanya dengan KCIC Jakarta-Bandung, kita dapat sampai di Bandung 1 jam lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan pribadi.

Efisiensi Waktu

Banyak pendapat yang mengatakan, lebih baik menggunakan kereta api atau travel karena memiliki harga yang jauh lebih murah. Tetapi, pada kenyataannya kedua transportasi publik tersebut tidak menawarkan efisiensi waktu seperti yang ditawarkan oleh KCIC Jakarta-Bandung.

Memang, baik keduanya, baik kereta api maupun travel memiliki harga yang lebih murah. Tapi, apakah mereka menawarkan efisiensi waktu seperti yang ditawarkan KCIC Jakarta-Bandung?

Pada kenyataannya, waktu merupakan hal yang krusial bagi mereka yang sedang terburu-buru atau sedang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan mereka segara ada di Bandung. Hadirnya KCIC ini tentunya membantu mereka yang memang benar-benar menghargai waktu. 

Dengan jarak tempuh Jakarta-Bandung yang normalnya mencapai 2 jam, rasanya KCIC Jakarta-Bandung menawarkan efisiensi waktu yang seringkali tidak ditawarkan oleh transportasi publik antar kota yang ada di Indonesia.(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM