3 Aplikasi Messenger selain WhatsApp yang Wajib Kamu Ketahui!

JAKartans, aplikasi chatting WhatsApp tidak dipungkiri menjadi aplikasi chatting yang populer di Indonesia. Dari data terakhir yang penulis kutip dari Business of Apps, pengguna WhatsApp di Indonesia mencapai 112 juta orang dengan menduduki peringkat ketiga sebagai negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak di dunia. 

WhatsApp dengan segala fiturnya, seperti chatting, call, community, dan bahkan WhatsApp Stories yang hadir setelah WhatsApp dibeli oleh Meta. Akhirnya membuat WhatsApp terintegrasi dengan Facebook semakin membuat WhatsApp populer di Indonesia. 

Advertisement

Akan tetapi, selain WhatsApp tentunya terdapat aplikasi chatting populer lain di Indonesia. Beberapa masyarakat Indonesia seringkali tidak merasa dengan aman, terlebih setelah dibeli oleh Meta. Pemilik Meta sendiri, yaitu Mark Zuckerberg sempat dipanggil terkait penjualan data pengguna Facebook. Sehingga, banyak pengguna WhatsApp tidak merasa aman dengan data mereka. 

BACA JUGA: Mulai Besok, Beberapa Ponsel tidak dapat Menggunakan Aplikasi WhatsApp 

Dengan demikian, selain WhatsApp tentunya hadir berbagai pilihan aplikasi chatting yang menawarkan berbagai fitur menarik lainnya. Apa sajakah aplikasi tersebut?

  1. Line Messenger

Line Messenger atau Line, pada dasarnya merupakan kompetitor dari WhatsApp di Indonesia. Selain menggunakan WhatsApp, nyatanya banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan Line sebagai aplikasi untuk berkomunikasi.

Biasanya, Line digunakan oleh mahasiswa atau pelajar karena beberapa fitur, seperti Line Ladder Shuffle, dan Notes. Kedua fitur tersebut seringkali digunakan oleh para pelajar untuk melakukan pembagian tugas, maupun pembagian kelompok dari suatu pelajaran atau mata kuliah tertentu. Selain itu, hadirnya fitur album, Line Zoom, dan lain sebagainya menjadi salah satu pembeda dari Line dengan WhatsApp. 

Dengan demikian, Line bisa dibilang menjadi aplikasi chatting yang memang lebih sering digunakan oleh pelajar. Karena, dari UI sendiri Line pun terlihat lebih colorful dan juga tiker yang ditawarkan oleh Line pun berisikan stiker yang lucu. Sehingga dirasa cukup sesuai jika digunakan oleh para pelajar. 

  1. Telegram

Nama aplikasi Telegram sempat mencuat setelah isu kebocoran data di aplikasi WhatsApp mencuat. Kala itu, banyak masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong mengunduh Telegram karena masih merasa takut dengan kasus yang menimpa WhatsApp. Telegram dianggap lebih aman karena menggunakan protokol MTProto. 

BACA JUGA: Nokia: Ponsel yang Dulu Dipuja, Kini Justru Mengalami Kebangkrutan 

Berbeda dengan Line, Telegram lebih sering digunakan oleh orang dewasa yang sudah bekerja. Karena, salah satu kelebihan dari Telegram terletak pada memori penyimpanannya yang tak terbatas. Selain itu, apabila kita mengirimkan data berupa foto, video, ataupun yang lainnya. Kualitas data tersebut tidak akan menurun. 

  1. WeChat

WeChat bisa dibilang menjadi salah satu pioner aplikasi chatting di Indonesia. Dulu, di awal tahun 2015an, WeChat sudah hadir di berbagai smartphone orang Indonesia. Sebenarnya, aplikasi chatting asal China ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan aplikasi chatting lain. WeChat pada dasarnya merupakan aplikasi chatting yang memungkinkan kita untuk berkirim pesan dengan teman di kontak kita. 

Salah satu kelebihan dari WeChat adalah fitur Nearby yang memungkinkan penggunanya untuk mencari teman baru yang dapat pengguna tambahkan ke kontak WeChat nya.

Nah JAKartans, 3 aplikasi di atas merupakan aplikasi chatting atau messenger selain WhatsApp yang dapat JAKartans unduh di Play Store ataupun App Store.(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM