Ketua PSSI Tetapkan Frank Wormuth Jadi Konsultan Pelatih Timnas U-17

Erick Thohir, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), mengungkapkan bahwa penunjukan Frank Wormuth, seorang pelatih asal Jerman, sebagai konsultan pelatih Timnas U-17 akan membawa peningkatan kualitas dan strategi permainan untuk tim Merah Putih dalam persiapan menuju FIFA World Cup U-17. Frank Wormuth, yang sebelumnya pernah menangani FC Groningen, Belanda, dan menjadi manajer Timnas Jerman U-20 dari tahun 2010 hingga 2016, diharapkan akan menjadi awal untuk membentuk serta merancang pola dan strategi karakter sepakbola Indonesia di masa depan.

“Kami telah menunjuk Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih yang akan mendampingi pelatih Bima Sakti. Kontrak pertamanya berlangsung selama 4 bulan, hingga ajang FIFA World Cup U-17. Kami akan melihat bagaimana kolaborasi mereka berdua dalam membangun timnas Garuda Muda ini,” kata Erick Thohir di Solo, pada Minggu (23/7).

Advertisement

Dalam kontrak selama empat bulan tersebut, Frank akan melakukan langkah-langkah bertahap untuk mempersiapkan Timnas U-17 agar siap bersaing dengan 24 negara lainnya di FIFA World Cup U-17 yang akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember. Proses tersebut meliputi analisis SWOT untuk membentuk tim kepelatihan dan staf yang kuat, menyusun modul-modul pelatihan, pemaparan hingga implementasi program, serta melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap modul-modul yang digunakan oleh tim pelatih U-17.

“Penunjukan Frank juga sejalan dengan rencana kamp pelatihan dan uji coba di Jerman yang akan dimulai pada September hingga Oktober mendatang. Saya yakin bahwa jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan sangat membantu dalam mematangkan timnas dan tim pelatih,” jelas Erick.

Penunjukan Frank sebagai Dirtek PSSI sendiri dirasa langkah yang cukup tepat. Frank sendiri merupakan sosok yang tidak asing dalam dunia sepak bola. Dirinya telah malang melintang menjadi pelatih di beberapa klub Eropa. Selama 4 musim, dirinya pernah melatih 2 klub di Liga Eredivisie (liga kasta 1 Belanda) yaitu, FC Groningen, dan juga Heracles Almelo. Selain itu, dirinya pun pernah melatih timnas German U-20. 

Dengan masuknya Dirtek asing yang berpengalaman ini, diharapkan mampu memperbaiki kualitas timnas Indonesia yang seringkali tampil inkonsisten di level internasional. 

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM