Kendaraan Mogok Jadi Alasan Terjadinya Kecelakaan Kereta di Semarang, Berikut Langkah-Langkah untuk Mencegah Kendaraan Mogok Ketika Melintasi Rel Kereta Api

Selasa (18/7/2023) Kereta Api (KA) 121 Brantas tujuan Pasar Senen-Blitar menabrak truk tronton di JPL 6 Km 1+523, petak jalan Jrakah-Semarang Poncol. Akibat dari tabrakan tersebut, Lokomotif KA Brantas mengalami kebakaran hebat. 

Berdasarkan kronologi yang disampaikan oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, awalnya truk tronton yang tertabrak ini mula-mulanya mengalami mogok di perlintasan rel kereta yang akan dilalui oleh Lokomotif Brantas. Sopir dan kernet pun nyatanya sudah mencoba meminta pertolongan para petugas di sekitar area. Namun, karena kereta sudah terlalu dekat, truk tronton tersebut pun harus menjadi korban tabrak dari Lokomotif KA Brantas.

Advertisement

Kecelakaan tersebut untungnya tidak menyebabkan korban jiwa, hanya terdapat satu penumpang yang terluka akibat melompat dari kereta. Untuk kondisi masinis dan asisten masinis pun dalam kondisi selamat.

Mengapa Kendaraan dapat Mogok di Rel Kereta Api?

Melihat dari kronologi kecelakaan, nyatanya truk tronton yang tertabrak Lokomotif KA Brantas nyatanya mengalami mogok di rel kereta api. Mogoknya truk tronton ini pun bukan tanpa sebab, karena beberapa kali beberapa kendaraan pun seringkali mengalami mogok ketika hendak menyebrang lintasan rel kereta api.

Menurut PT KAI (Kereta Api Indonesia) insiden mogoknya kendaraan di lintasan rel kereta api disebabkan oleh medan magnet yang dihantarkan oleh dinamo lokomotif ke rel kereta api, dalam radius 1 KM. 

Selain itu, nyatanya arus listrik yang mengalir pada rel kereta api yang kemudian bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak kompatibel pun menjadi salah satu alasan lain mengapa mesin kendaraan seringkali mogok ketika melintasi lintasan rel kereta api. Hal ini biasa disebut dengan emisi di atas ambang batas. 

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kendaraan Mogok di Lintasan Rel Kereta Api?

Apabila kendaraan mengalami mogok ketika sedang melintasi lintasan rel kereta api, hal yang dapat dilakukan oleh Most People adalah mencoba menyalakan mesin kembali sembari mengklakson kendaraan yang dikendarai oleh Most People. 

Cara ini bertujuan untuk memutus rangkaian magnet medan magnet yang terdapat di area sekitar rel kereta. 

Namun, cara terbaik apabila kendaraan Most People mogok di lintasan rel kereta api adalah dengan cara langsung mengevakuasi diri. Karena, kereta api nyatanya merupakan kendaraan yang tidak dapat berhenti secara mendadak, sehingga apabila kendaraan yang dikendarai Most People mogok di lintasan rel kereta api, cara terbaik apabila kereta dirasa sudah sangat dekat adalah dengan mengevakuasi diri dibandingkan mengevakuasi kendaraan yang dimiliki.

Apa yang Harus Dilakukan Agar Kendaraan Tidak Mogok di Rel Kereta Api?

“Mencegah lebih baik daripada mengobati”, terdapat beberapa cara agar kendaraan yang dikendarai Most People tidak mengalami kemogokan apabila sedang melintasi lintasan kereta api. 

  1. Jangan pernah menerobos rel kereta api apabila petugas belum memberikan tanda untuk melintasi rel kereta api, atau palang belum naik.
  2. Beri jarak antara sebelum atau sesudah kereta api melintas untuk mencegah medan magnet yang diberikan oleh kereta api.
  3. Jangan terburu-buru ketika melintasi lintasan kereta api, bawalah kendaraan Most People dengan tenang dan hati-hati.

Dengan adanya kecelakaan yang terjadi di Semarang ini, diharapkan para pengguna kendaraan dapat lebih berhati-hati apabila ingin melintasi lintasan kereta api. Selalu utamakan keselamatan dibandingkan kecepatan. 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM