DPRD DKI Akan Umumkan Pemberhentian Anies Baswedan Siang Ini

 DPRD DKI Akan Umumkan Pemberhentian Anies Baswedan Siang Ini

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akan menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan berakhirnya masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta wakilnya Ahmad Riza Patria pada Selasa (13/9/2022).

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra Rani Mauliany mengatakan pengumuman ini memang mekanisme yang harus dilaksanakan oleh DPRD menjelang berakhirnya masa jabatan gubernur. DPRD diberi waktu 30 hari untuk mengumumkan pemberhentian gubernur beserta wakilnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi di gedung DPRD DKI, Senin (12/9/2022) menyampaikan, setelah mengumumkan pemberhentian Anies, rapat dilanjutkan dengan mengumumkan tiga Pj Gubernur DKI usulan DPRD DKI.

“Rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wagub DKI Jakarta yang masa jabatannya berakhir di 16 Oktober 2022. Kami akan kembali menggelar rapim usulan tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta dari masing-masing fraksi,” katanya.

Dalam surat resmi DPRD DKI Jakarta bernomor 948/TG.03.00, rapimgab pemilihan tiga nama itu akan berlangsung pada pukul 13.00 WIB di Ruang Rapat Ketua DPRD DKI Jakarta, Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

Mekanisme pemilihan 3 nama Pj Gubernur

Prasetyo menyatakan, dalam rapimgab, hanya sembilan fraksi yang masing-masing menyetorkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI. Sehingga, total akan ada 27 nama calon Pj Gubernur DKI yang akan dibahas di rapimgab.

Kemudian jajarannya akan menentukan tiga nama calon Pj Gubernur DKI ketika rapimgab melalui sistem nama terbanyak. Menurut Pras, nama terbanyak yang diajukan dari 27 nama itu lah yang akan disetorkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Anies dan Riza Sudah Pamitan

Sementara itu, pada Minggu (11/9/2022) atau 35 hari sebelum masa jabatannya berakhir, Riza menyempatkan diri untuk berpamitan dengan warga Ibu Kota. “Saya sekalian pamit, tanggal 16 Oktober, Pak Gubernur Anies dengan saya selesai melaksanakan tugas,” kata Riza.

Politisi Gerindra itu pun memohon maaf atas kekurangannya selama menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. “Mohon maaf atas kekurangan selama ini,” ungkap Riza.

Beberapa hari sebelumnya, pada Jumat (9/9/2022), Anies juga menyempatkan diri untuk berpamitan kepada warga. “InsyaAllah nanti kita jumpa lagi takdirkan bisa kembali ke sini lagi, walaupun nanti waktunya belum tahu kapan, tapi yang pasti bulan depan saya istirahat. Saya selesai jadi gubernur,” ujarnya, saat meresmikan Masjid Jami Al Hidayah di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, 9 September 2022.

#GaF

ToC

Related post

×

Hello!

Silahkan klik Support untuk chat lewat WhatsApp atau kirim email ke program@jak101fm.com

× hey JAK!