Kakorlantas Polri dan Menhub Tinjau Persiapan Arus Mudik di Jawa Barat

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyambut Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan ke Provinsi Jawa Barat pada Sabtu (9/3/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan survei jalur menuju Gerbang Tol Cisumdawu Utama, KM 153, dan Gerbang Tol Palimanan, KM 188, sebagai bagian dari persiapan arus mudik Lebaran 2024.

Menyoroti persiapan arus mudik dan balik, Irjen Pol Aan Suhanan menegaskan pentingnya pengelolaan arus lalu lintas pada puncak arus mudik dan balik. Hal ini bertujuan untuk menghindari titik-titik krusial di Gerbang Tol Cisumdawu. “Kita harus memastikan pengelolaan arus lalu lintas pada saat puncak arus mudik dan balik, dapat menghindari titik-titik krusial yang ada di Gerbang Tol Cisumdawu,” ujarnya.

Advertisement

Dalam kunjungan tersebut, Irjen Pol Aan Suhanan juga menyoroti titik krusial di Gerbang Tol Palimanan, KM 188, yang sering menjadi lokasi kecelakaan. Hal ini menjadi perhatian khusus dalam persiapan arus mudik-balik Lebaran 2024. “Di KM 188 ini juga krusial, ini masih ada gerbang ekspalimanan sering terjadi kecelakaan di gerbang ini sehingga menjadi perhatian kita pada saat arus mudik dan balik ini akan kelola sehingga harus tetap lancar untuk kecelakaan juga bisa kita tekan,” jelas Kakorlantas Polri.

Menhub Budi Karya Sumadi menyambut harapan bahwa arus mudik-balik Idul Fitri 2024 berjalan lancar tanpa hambatan. “Mudik ini harus lancar nggak ada masalah, biasanya mudik itu akan lancar kalau kita berkolaborasi,” ujarnya.

Kolaborasi antara Kakorlantas Polri dan Menhub Budi Karya Sumadi diharapkan dapat memastikan kelancaran arus mudik di KM 188 Cipali serta di seluruh jalur mudik lainnya. “Kami bersama Kakorlantas di KM 188 Cipali untuk memastikan nanti mudik berjalan dengan baik, lancar, aman dan nyaman, saya melihat bahwa kolaborasi kami berjalan dengan baik dan semoga apa yang kita laksanakan berjalan dengan lancar,” tutup Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, Korlantas Polri telah melakukan survei kesiapan Operasi Ketupat 2024 di jalur Tol Trans Jawa, untuk memetakan arus lalu lintas yang akan terjadi pada libur Lebaran 2024. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Faisal, serta Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno, sebagai bentuk komitmen bersama dalam memastikan kelancaran arus lalu lintas selama musim mudik Lebaran. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM