PUPR Compliance Forum dan Pekan Kepatuhan 2024, Kementerian PUPR Terima Apresiasi Hasil SPIP dan APIP Level 4 dari BPKP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggalakkan sosialisasi nilai-nilai budaya anti korupsi dan budaya integritas melalui penyelenggaraan PUPR Compliance Forum dan Pekan Kepatuhan 2024. Acara ini diadakan di Auditorium Kementerian PUPR dan menjadi bagian dari program pembinaan, pengembangan, dan pengendalian yang dilakukan oleh Unit Kepatuhan Intern (UKI) Kementerian PUPR.

UKI merupakan second line of defense bagi setiap Unor di Kementerian PUPR, dengan fokus pada penguatan untuk mendukung Direktorat Jenderal (Ditjen) sebagai first line of defense dan Inspektorat Jenderal (Itjen) sebagai third line of defense. Pembentukan UKI sebagai unit baru di setiap Unor sejak tahun 2020 merupakan komitmen Kementerian PUPR dalam meningkatkan akuntabilitas belanja anggaran dengan prinsip pengelolaan keuangan negara yang taat peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, dan transparan.

Advertisement

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menegaskan pentingnya peran internal auditor dalam menjaga integritas dan profesionalisme. “Saya sering menyampaikan internal auditor lebih susah daripada eksternal auditor karena dituntut untuk membina pengawasan,” ujar Menteri Basuki.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Menjadi Inspirasi bagi Delegasi Bina Antarbudaya – AFS Intercultural Programs dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs)

Upaya-upaya perbaikan kualitas pengawasan yang dilakukan secara terus menerus merupakan komitmen Kementerian PUPR dalam memperkuat tata kelola yang baik (good governance). Ini bukan hanya tanggung jawab UKI dan Inspektorat Jenderal, tetapi harus dilaksanakan secara komprehensif oleh seluruh lini pertama, dari Unit Organisasi (Unor) hingga Balai/Satuan Kerja.

Menteri Basuki juga menekankan pentingnya integritas sebagai contoh dari pemimpin di setiap organisasi. “Tone of the top integritasnya harus menjadi contoh, tidak hanya harus bisa menjadi contoh, tetapi semua harus berani menjadi contoh,” katanya.

Pada acara tersebut, juga diberikan apresiasi atas capaian hasil Evaluasi Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Kementerian PUPR Tahun 2023 yang mencapai Level 4. Apresiasi tersebut diberikan oleh Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh, dan diterima oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Muhammad Yusuf Ateh mengatakan bahwa capaian SPIP dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) pada Level 4 mencerminkan manajemen risiko yang baik, serta memastikan efektivitas pencapaian tujuan organisasi.

BACA JUGA: Basuki Hadimuljono, Menteri Serba Bisa yang Berkomitmen Membangun Indonesia

PUPR Compliance Forum dan Pekan Kepatuhan 2024 mengangkat tema “Menuju Lustrum Kepatuhan Intern 2025” dengan subtema “Beraksi, Berdampak, dan Berubah”. Acara ini telah dilaksanakan sejak 26 Januari 2024 dan mencakup serangkaian kegiatan penguatan kepatuhan intern dan manajemen risiko. Acara puncak pada 1 Februari 2024 melibatkan pameran kepatuhan dan seminar penguatan integritas dengan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Acara turut dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian PUPR serta seluruh pejabat yang membidangi urusan Kepatuhan Intern dan Manajemen Risiko, serta Generasi Muda PUPR. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM